5 Cara Mengatasi Adik yang Suka Membangkang tanpa Harus Emosian

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 14 Maret 2024 16:17
5 Cara Mengatasi Adik yang Suka Membangkang tanpa Harus Emosian
Menghadapi adik yang suka membangkang merupakan tantangan yang besar, lantaran untuk menghadapinya membutuhkan energi yang besar

Adik yang suka membangkang merupakan salah satu tantangan yang lumayan sulit untuk dihadapi anggota keluarga. Perilaku membangkang yang biasa ditunjukkan dapat seperti, menolak perintah, melanggar peraturan rumah, hingga yang paling sering adalah berkelahi dengan saudaranya sendiri. 

Namun sebagai kakak atau anggota keluarga lainnya harus tetap bersikap netral dan bertanggung jawab. Penting untuk mengetahui dan mengatasi dengan cara yang tepat guna memperbaiki dan menyelesaikan perilaku adik yang suka membangkang tanpa memperburuk situasi. 

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengatasi adik yang suka membangkang.

 

1 dari 6 halaman

1. Memahami Penyebabnya

Cara Mengatasi Adik yang Suka Membangkang © Diadona© Freepik

Langkah pertama untuk mengatasi adik yang suka membangkang adalah dengan memahami penyebab kenapa ia melakukan hal tersebut. Mungkin beberapa dari adik sudah merasa tidak dihargai, tidak dipahami, atau tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari keluarga. Sehingga ia berusaha untuk mengeluarkan emosi dan menarik perhatian dengan cara membangkang. 

Biasanya adik yang membangkang memiliki kesulitan dalam mengungkapkan perasaan mereka. Dengan memahami penyebab yang mendasari perilaku mebangkang yang dilakukan adik, kamu dapat mencari solusi yang lebih efektif.

 

2 dari 6 halaman

2. Tidak Menyikapi Hinaan atau Gangguan Secara Serius

Cara Mengatasi Adik yang Suka Membangkang © Diadona© Freepik

Memang sulit untuk tidak peduli atau mengabaikan hinaan yang ditujukan kepada kita. Namun, bagaimanapun juga adikmu tetaplah saudaramu, sebenarnya ia peduli dan ingin berinteraksi denganmu. Dengan begitu, komunikasikanlah dengannya bahwa kesal dan tidak suka dengan perbuatannya dan cobalah untuk mencari resolusi atau suatu keputusan yang bulat dan tegas.

Selalu bersikap mengayomi dan memberitahukan yang baik. Karena jika adik membuatmu jengkel dan hal tersebut berhasil membuatmu terpancing, maka dia akan terus melakukannya. Jadi bersikaplah bijak. Selain itu, sebagian adik, terutama yang masih kecil, terkadang tidak mengetahui bahwa perbuatannya itu salah dan juga mereka cepat melupakan perbuatan mereka yang menjengkelkan dalam waktu cepat. Maka dari itu, jangan terlalu membuang waktu untuk mengatasi hal ini. 

 

3 dari 6 halaman

3. Lakukanlah Kegiatan Positif Bersama

Cara Mengatasi Adik yang Suka Membangkang © Diadona© Freepik

Bisa jadi perilaku menjengkelkan yang dilakukan adik berasal dari kebosanan. Ia meminta berbagai macam perhatian dari keluarganya. Maka dari itu, ajaklah ia untuk berkegiatan positif agar ia tidak bosan, bisa seperti bersepedah bersama, jalan-jalan mengelilingi kompleks, bermain game, hingga menonton film. 

Dengan begitu, atmosfer yang diberikan dalam suasana keluarga akan menjadi lebih menyenangkan. Hal ini juga dapat mengalihkan kegiatan menjengkelkan adikmu dengan cepat dan bisa mempererat hubungan kamu dengan adik.

 

4 dari 6 halaman

4. Membuat Kesepakatan dan Batasan yang Jelas dengan Adik

Cara Mengatasi Adik yang Suka Membangkang © Diadona© Freepik

Cobalah untuk selalu berdamai dengan adikmu jika terdapat permasalahan. Untuk beberapa waktu, membuat kesepakatan dengan adik merupakan hal yang efektif untuk dilakukan dalam mengatasi adik yang suka membangkang. Bahkan solusi dengan mengedepankan adikmu sebelum dirimu sendiri untuk beberapa saat merupakan cara yang manjur. 

Kamu dapat melakukannya dengan cara tanyakan apa yang sebenarnya adikmu ingin sampaikan, dengan begitu ia akan merasa diberi kesempatan, didengar, dan dianggap dalam keluarga. Selanjutnya kamu bisa untuk memberikan tanggapan berupa solusi yang menguntungkan kedua belah pihak. Ditambah lagi agar adik senang, mintalah pendapatnya, dengan begitu jalan keluar akan cepat ditemukan. Jangan lupa berikan pujian dan apresiasi agar ia merasa dihargai.

Selain membicarakan kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, penting juga untuk membuat batasan yang jelas agar adik tidak seenaknya sendiri. Menetapkan batasan dan konsekuensi merupakan bagian penting dan tegas untuk mengatasi perilaku membangkang. Selalu bicarakan syarat, peraturan rumah, dan alasan secara jelas agar ia memahami konsekuensi dan tetap disiplin untuk dirinya sendiri

 

5 dari 6 halaman

5. Tetaplah Tenang dan Sabar

Cara Mengatasi Adik yang Suka Membangkang © Diadona© Freepik

Menghadapi adik yang suka membangkang merupakan tantangan yang besar, lantaran untuk menghadapinya membutuhkan energi yang besar. Namun, dalam situasi tersebut, kamu harus tetap tenang dan sabar dalam menghadapinya. Hindari untuk menunjukkan sikap marah dan frustasi, hal tersebut akan memperburuk situasi dan membuat adik lebih defensif. 

Responlah sikap adik yang menjengkelkan dengan cara yang baik, dapat seperti menarik napas dalam-dalam terlebih dahulu, berfokuslah untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Setelah itu pikirkan apa yang ingin kamu katakan kepada adikmu dengan cara yang baik. Atau pergilah berjalan-jalan terlebih dahulu dan sampaikan kepada adikmu jika kamu akan segera kembali. Dengan begitu kamu dapat memiliki emosi yang stabil untuk menghadapi adik yang suka membangkang.

 

6 dari 6 halaman
Beri Komentar