Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Garam, Jeruk Nipis dan Strawberry

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 29 Januari 2020 13:47
Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Garam, Jeruk Nipis dan Strawberry
Baking soda dianggap dapat memutihkan gigi. Seampuh apa?

Di antara keselutuhan varian manfaat dari pasta gigi komersial, manakah yang paling menarik perhatianmu? Mungkin salahs atunya adalah kalim untuk memutihkan gigi, ya kan? Memang sih, gigi putih itu penting. Masak senyum manis kamu harus ternodai karena gigi yang kekuningan?

Gigi yang kuning bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya merokok, konsumsi makanan tertentu, atau kebersihan gigi yang kurang terjaga. Beberapa cara memutihkan gigi dilakukan, yang paling terkenal dan sering disebut ampuh yakni dengan menggunakan baking soda.

Nggak cuman baking soda sendirian, bahan yang umum digunakan pada kue tersebut sering dikombinasikan dengan bahan lain seperti jeruk nipis, garam, hingga strawberry. Berikut ulasannya!

1 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Beberapa orang menyarankan untuk cara memutihkan gigi dengan baking soda yang ditambahkan jeruk nipis. Apakah ini berhasil? Faktnya, dari laman bhandaldentistry mengungkapkan kalau jeruk nipis ini bersifat sangat asam dan benar-benar akan menghilangkan kalsium pada gigi, merusak dan menghancurkannya. Nggak cuman itu, jeruk nipis juga bisa menyebabkan beberapa peradangan pada gusi kamu.

Seperti pada cara memutihkan gigi dengan baking soda yang telah diulas di artikel ini, baking soda akan efektif bila hanya baking soda saja. Sayangnya, penelitian di tahun 2015 menyatakan kalau jeruk nipis menggerogoti email gigi yang melindungi gigi kamu dari kerusakan. Padahal nggak seperti perisai pelindung lainnya, seperti kuku, misalnya, enamel gigi tidak bisa tumbuh kembali.

Artinya sekali saja enamel tersebut hilang, maka dia benar-benar akan hilang.

Nan, banyak pula yang mengatakan kalau cara memutihkan gigi dengan baking soda dan jeruk nipis ini bisa berhasil karena asam berbahaya dalam jus jeruk nipis diimbangi oleh tingginya pH soda kue. Sayangnya, nggak ada bukti bahwa baking soda sepenuhnya menetralkan keasaman jus jeruk nipis. Juga sangat sulit untuk mengetahui apakah kamu bisa punya takaran yang pas antara asam dan basa pada keduanya untuk membuat campuran yang aman untuk gigi kamu.

2 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Garam

Ilustrasi Garam © Diadona

Meski kerap digunakan sebagai cara memutihkan gigi dengan baking soda, nyatanya kombinasi antara kedua bahan ini belum terbukti secara ilmiah. Disampaikan oleh Dr. Matt Messina, seorang dokter gigi dan asisten profesor di Ohio State University College of Dentistry yang dilasir di cnn.com, tidak ada alasan klinik yang memungkinkan cara memutihkan gigi dengan baking soda dan garam. Katanya, belum ada bukti ilmiah kalau garam bisa menjadi cara memutihkan gigi dengan baking soda.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan garam justru dikhawatirkan dapat mengikis enamel permukaan gigi seiring waktu. Apasih enamel itu? Enamel adalah lapisan paling luar yang melindungi gigi.

Saat enamel mengalami abrasif karena cara memutihkan gigi dengan baking soda dan garam, maka bisa sangta mungkin terjadi iritasi. Sehingga, gigi akan rawan terkena pembusukan karena bakteri dalam plak akan menembus gigi lebih cepat. Nah, bakteri tersebut lah yang menhasilkan asam dan membuat gigi jadi berlubang.

Bukan nggak mungkin efek dari cara memutihkan gigi dengan baking soda dan garam ini yakni terjadinya kerusakan syaraf, serta gusi yang jadi lebih sensitif.

3 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi secara Alami dengan Baking Soda

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Cara memutihkan gigi dengan baking soda telah dikenal luas, karena bahan tersebut juga terkandung dalam pasta gigi komersial. Ini karena baking soda akan mengabrasi secara ringan lapisan gigi kamu yang berwarna kekuningan, sehingga membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Nggak cuman itu, cara memutihkan gigi dengan baking soda menciptakan lingkungan alkali di mulut kamu yang akan mencegah bakteri tumbuh dan memunculkan plak serta kerusakan gigi lainnya. Meski begitu, baking soda nggak bisa memberikan keajaiban gigi putih bersinar dalam satu malam.

Untuk hasil yang maksimal, cara memutihkan gigi dengan baking soda harus dilakukan dengan telaten dan berjangka selama beberapa waktu.

Penelitian Ilmiah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue memiliki efek memutihkan yang signifikan.

Misalnya, sebuah studi yang dilakukan oleh Nelson di tahun 1998 lalu menyimpulkan kalau ada efek pemutihan gigi dengan penggunaan pasta gigi berbasis baking soda, dibandingkan dengan pasta gigi biasa. Semakin tinggi konsentrasi baking soda, maka semakin besar efeknya.

Selain itu, sebuah tinjauan dari lima studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue menghilangkan plak dari gigi lebih efektif daripada pasta gigi yang tidak mengandung baking soda.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda juga didukung oleh lima tinjauan ilmiah yang menemukan kalau pasta gigi yang mengandung soda kue menghilangkan plak dari gigi lebih efektif daripada pasta gigi yang tidak memanggang soda.

Secara ilmiah, cara memutihkan gigi dengan baking soda didapat dari sifat abrasif ringan. Secara kimia, baking soda juga merupakan pemutih ringan, yang dapat menetralkan asam penyebab rongga pada gigi. Jadi kalau kepepet banget nih dan pasta gigi komersial sedang tidak tersedia, cara memutihkan gigi dengan baking soda bisa sangat mungkin.

Cara Menyikat Gigi dengan Baking Soda

Untuk cara memutihkan gigi dengan baking soda, cukup campur 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air dan sikat gigi kamu dengan pasta gigi. Sikatkan ke gigi sama seperti kamuj menyikat gigi seperti biasa.

Nggak Boleh Dilakukan dengan Sering

Meski begitu, cara memutihkan gigi dengan baking soda seharusnya nggak dilakukan dengan sering karena dapat merusak enamel gigi. Dari laman bhandaldentistry.co.uk, baking soda ini seharusnya hanay digunakanm sekali selama seminggu dan hanya boleh selama dua menit di setiap penggunaannya. Kamu juga harus menggosoknya dengan keras pada gigi untuk melindungi enamel dan gusi.

Ditambah, cara memutihkan gigi dengan baking soda nggak bisa lho kamu gunakan untuk menggantikan penggunaan pasta gigi. Ini karena baking soda nggak mengandung fluoride di dalamnya.

Keberadaan flouride sendiri membantu melindungi gigi dari gigi berlubang dan juga akan memperkuat enamel gigi. Nah, kalau kamu mengkombinasikan menggunaan pasta gigi berfluoride dengan baking soda, maka ini sih dapat menjaga kesehatan gigi. Namun untuk lebih jelasnya, nggak ada salahnya kamu berkonsulatasi dulu dengan dokter gigi bila ingin mempraltekkan cara memutihkan gigi dengan baking soda, terlebih bila kamu memang sudah ada masalah dengan gigi sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Strawberry

Ilustrasi Strawberry © Diadona

Buah strawberry sudah dikenal lama sebagai kombinasi dalam cara memutihkan gigi dengan baking soda. Peran memutihkan dari straberry didapat dari kandungan asam malat dan asam elegat di dalamnya. Asam malat merupakan golongan asam karbosilat yang mempunyaikemampuan memutihkan gigi dengan mengoksidadi permukaan email gigi sehingga menjadi netral dan menimbulkan efek pemutihan.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda dianggap sangat efektif untuk menghilangkan noda dari kopi, dan soda. Kalau nggak ada perawatan lain, kamu tentu bisa menggunakan alternatif ini.

Dikatakan oleh Adina Carrel, DMD, dokter gigi di di Manhattan Dental Arts di New York, cara memutihkan gigi dengan baking soda dan starwberry ini merupakan cara cepat dan mudah untuk mendapatkan senyum cantik. " Namun, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan ini terlalu sering, karena asam ini dapat merusak enamel pada gigi kamu." imbuhnya.

Beri Komentar