Cara Bertaubat Nasuha yang Benar dari Dosa Besar

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 15 Januari 2020 14:08
Cara Bertaubat Nasuha yang Benar dari Dosa Besar
Menyesal artinya kamu menyadari telah melakukan perbuatan yang salah. Maka dari itu, perlu untuk mengetahui bagaimana cara bertaubat nasuha yang benar

Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa dalam hidup. Entah itu dosa kecil maupun dosa besar. Maka, Islam dan bahkan agama-agama lainnya pasti mengajarkan cara bertaubat sesuai keyakinan masing-masing.

Dalam Islam, cara bertaubat disebut dengan taubat nasuha. Maksudnya adalah mengakui segala dosa dan memohon ampun kepada Allah SWT. dengan berjanji nggak akan mengulanginya lagi.

Nah, gimana cara bertaubat nasuha bahkan menurut agama lain? Dirangkum berbagai sumber, begini cara bertaubat.

 

1 dari 4 halaman

Cara Bertaubat Menurut Berbagai Agama

Di dunia ini, terdapat berbagai macam keyakinan (baca: agama). Maka, setiap keyakinan pasti memiliki cara bertaubatnya sendiri sesuai dengan keyakinan mereka. Bagaimana cara bertaubat menurut berbagai agama? Intip tulisan berikut, ya!

1. Cara Bertaubat Agama Kristen Protestan

Seperti agama Islam, Kristen Protestan pun mengharuskan para penganut ajarannya untuk segera bertaubat saat terlanjut melakukan dosa. Hal ini seperti yang katakan 2 Petrus 3:9:

" Allah menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat dari dosa-dosanya."

Setiap agama mempunyai caranya sendiri dalam melakukan cara bertaubat. Dalam agama Kristen Protestan, cara bertaubatnya adalah dengan mengakui kesalahan atau dosa yang telah mereka perbuat dengan penuh rasa sesal serta berjanji melalui perantara Pastur untuk nggak akan mengulanginya kembali.

2. Cara Bertaubat Agama Hindu

Dalam agama Hinda, istilah cara bertaubat disebut dengan prayascita. Cara bertaubat bisa dilakukan dengan penyucian dari luar seperti diadakannya upacara samskara.

Namun, yang lebih penting dalam cara bertaubat dalam agama Hindu adalah penyucian dari dalam. Cara bertaubat dari dalam yang bisa dilakukan adalah tapa, brata, hingga samadhi.

3. Cara Bertaubat Agama Islam

Seperti halnya agama-agama lain, cara bertaubat agama Islam adalah dengan mengakui dan menyesali segala dosa yang pernah diperbuat dengan kesadaran penuh kepada Allah SWT. dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Cara bertaubat menurut agama Islam disebut dengan taubat Nasuha. Cara bertaubatnya adalah dengan melaksanakan sholat sunnah dua rakaat, dengan dilaksanakan dengan tata cara bertaubat sholat tertentu begitu juga dengan doanya.

2 dari 4 halaman

Cara Bertaubat Nasuha

Tata cara bertaubat nasuha adalah dengan melakukan sholat sunnah dua rakaat. Makanya, cara bertaubat nasuha juga sering disebut dengan sholat taubat nasuha. Gimana cara bertaubat nasuha tersebut? Gulir ke bawah, ya!

1. Niat.

" Usholli sunnatat taubati rokaataini lillahi ta'aala."

Artinya:
" Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah."

2. Takbiratul ihram.
3. Membaca doa iftitah.
4. Membaca surat Al-Fatihah.
5. Membaca surat dari Alquran.
6. Rukuk dan membaca doa rukuk 3 kali
7. I’tidal danmembaca doa I’tidal
8. Sujud dan membaca doa sujud tiga kal).
9. Duduk di antara dua sujud dan membaca doa Duduk di antara dua sujud
10. Sujud kedua dan membaca doa sujud
11. Berdiri dan melakukan langkah 4 sampai 10 kembali.
12. Tasyahud akhir dan membaca tasyahud akhir.
13. Salam.
14. Berdoa mohon ampunan.

3 dari 4 halaman

Cara Bertaubat yang Benar Menurut Islam

Nggak sedikit umat muslim yang melakukan cara bertaubat dengan nggak benar alias asal-asalan. Meskipun jika bertaubat dosa pasti diampuni, cara bertaubat haruslah dilakukan dengan benar. Jadi, gimana cara bertaubat yang benar menurut islam? Simak lebih lanjut. yuk!

1. Sadar

Sebelum bertaubat haruslah seorang muslim sadar dengan penuh akan dosa atau kesalahan yang telah diperbuat.

2. Menyesal

Setelah sadar, tentu harus tumbuh rasa menyesal dari lubuk hati yang paling dalam. Cara bertaubat ini menjadi poin penting dalam melaksanakan tata cara bertaubat yang benar.

3. Tulus

Setelahnya, kamu harus melakukan sholat taubat nasuha. Lakukan cara taubat ini semata-mata hanya karena Allah SWT. dan mengharap segala pengampunannya. Bukan karena makhluk lain atau kepentingan duniawi.

4. Nggak Mengulanginya lagi

Buat apa bertaubat jika diulangi lagi dan lagi? Maka dari itu, sebagai wujud penyesalanmu yang paling dalam, kamu harus bertekad untuk nggak mengulanginya lagi.

4 dari 4 halaman

Cara Bertaubat dari Zina

Zina merupakan dosa yang besar dalam agama islam. Namun, Allah SWT. Maha Baik dan Maha Pengampun, maka manusia diberikan kesempatan untuk melakukan cara bertaubat meski telah melakukan dosa besar seperti zina. Lalu, bagaimana cara bertaubat dari dosa besar Zina?

1. Menyesal dengan sungguh-sungguh

Kamu harus sadar bahwa apa yang kamu lakukan merupakan perbuatan yang sangat tercela. Bagaimana kamu bisa bertaubat jika nggak menyesal? Nyatanya, menyesal merupakan inti dari sebenar-benarnya cara bertaubat. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist yang berbunyi:

" Penyesalan adalah hakekat taubat." (HR. Ahmad 3568, Ibn Majah 4252 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

2. Nggak mengulangi perbuatan zina

Kamu harus menanamkan pikiran untuk nggak akan mengulangi perbuatan zina sebagai bentuk kesungguhan penyesalanmu.

3. Meninggalkan pemicu zina

Agar perbuatan zina nggak terulang lagi, kamu juga sebaiknya menjauhkan diri dari berbagai hal yang akan mendekatkanmu dengan zina.

4. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Melakukan cara bertaubat berarti siap kembali ke jalan benar yaitu jalan Allah SWT.. Perbanyak sholat dan dzikir serta ibadah-ibadah lainnya agar kamu semakin memiliki pribadi yang lebih baik.

5. Lingkungan yang Baik

Percaya atau nggak, lingkungan akan mempengaruhi bagaimana kamu akan berperilaku, kecuali kamu mempunyai kerpribadian yang kuat alias nggak mudah goyah.

Namun, dengan memiliki lingkungan yang baik akan membuat kepribadianmu lebih baik, lebih positif.

6. Rahasiakan

Kalau kamu pernah berbuat zina, rahasiakan hal ini dari siapapun, bahkan orang-orang terdekatmu. Biarkan hanya dirimu dan Allah SWT. yang mengetahuinya.


Nah, begitulah cara bertaubat nasuha yang benar. Kamu punya pengalaman cara bertaubat nasuha yang ingin diceritakan? Sharing di kolom komentar, yuk!

 

Beri Komentar