Bukan Nggak Sayang Lagi, Tapi Terkadang Membiarkan Anak Waktu Beranjak Remaja Itu Penting

Reporter : Mila
Senin, 24 Februari 2020 11:20
Bukan Nggak Sayang Lagi, Tapi Terkadang Membiarkan Anak Waktu Beranjak Remaja Itu Penting
Terkadang rasa sayang harus diungkapkan dengan cara yang mendidik.

Banyak orangtua yang memanjakan anak karena menganggap itu adalah bentuk kasih sayang. Padahal, kebiasaan memanjakan anak nggak baik lho. Sebab, anak akan merasa ada yang bisa terus diandalakan.

Melansir Redtri, saat memasuki usia 13 tahun, biarkan anak bertanggung jawab atas dirinya dan menerima konsekuensi atas apa yang dilakukan dan tidak dilakukannya. Eits, jangan salah membiarkan anak bukan berarti menelantarkannya karena nggak sayang lagi, justru membiarkannya bisa membuatnya lebih dewasa.

Apa saja kebiasaan yang nggak perlu orang tua lakukan lagi waktu anak beranjak dewasa? Simak, yuk!

1 dari 3 halaman

Membangunkan ke Sekolah

Ilustrasi Membangunkan Anak © Diadona

Bangun pagi untuk berangkat sekolah memang hal yang sulit untuk anak. Membangunkannya kadang butuh waktu lama, bahkan sampai drama seperti nangis atau berteriak dulu.

Beranjak dewasa, anak harus bisa bangun sendiri tanpa dibangunkan orang tua. Ini adalah tanggung jawab paling awal agar anak bisa mandiri.

2 dari 3 halaman

Menyuruh Kerjakan PR

Ilustrasi Anak Mengerjakan PR © Diadona

Udah nggak perlu lagi menyuruh anak untuk mengerjakan PRnya, karena itu adalah tanggung jawab mereka. Beranjak dewasa mereka pasti sudah dianggap mengerti konsekuensi apa yang mereka dapat kalau nggak ngerjain PR.

3 dari 3 halaman

Mencuci Bajunya

Ilustrasi Mencuci Baju © Diadona

Pakaian adalah kebutuhan dasar. Masih banyak ibu yang mencucikan pakaian anak mereka. Termasuk pakaian dalam, bahkan ketika mereka sudah beranjak remaja. Mulai saat ini biarkan ia mencuci pakaiannya sendiri, ya.

Mendidik anak yang beranjak remaja memang sulit awalnya. Nggak cuma di anak, namun juga di orang tua karena alasan nggak tega. Tapi semua itu harus dilakukan agar kelak anak menjadi sosok yang mandiri. Good luck, mom!

Beri Komentar