Bolehkah Menyusui Sambil Tiduran? Berikut Penjelasannya!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Selasa, 4 Februari 2020 09:41
Bolehkah Menyusui Sambil Tiduran? Berikut Penjelasannya!
Ternyata menyusui sambil berbaring dianggap dapat membahayakan bayi lho, bun. Berikut penjelasannya!

Menyusui sambil duduk berjam-jam atau menggendong bayi memang melelahkan, apalagi bagi kamu yang baru saja melahirkan anak pertamanya. Selain pemberian ASI yang maksimal, ada hal lain yang perlu diperhatikan sebagai Ibu yaitu, menyusui. Banyak tenaga waktu yang dikeluarkan seorang Ibu kepada anak saat menyusui, terlebih saat menyusui si kecil sambil ketiduran.

Posisi tersebut dianggap paling mudah sekaligus membantu kamu yang kurang tidur untuk lebih relaks. Selain itu juga bermanfaat bagi kamu yang mengalami robekan vagina saat melahirkan, melansir dari Today's Parent.

1 dari 3 halaman

Di sisi lain, para ahli laktasi menyarankan pendapat yang berbeda. Posisi ini mungkin bisa berakibat fatal bagi bayi, karena kemungkinan susu dapat terserap ke paru-paru serta meningkatkan resiko infeksi telinga pada si bayi, kalau ASI tumpah dari mulut dan mencapai telinga.

Lalu bagaimana solusinya?

Cara terbaik yang dilakukan adalah konsultasikan dengan ahli laktasi untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang posisi menyusui yang tepat, karena penting untuk mengetahui posisi yang nyaman dan aman bagi kamu dan si kecil.

2 dari 3 halaman

Namun ada beberapa cara menyusui sambil tiduran dengan benar, yaitu :

- Posisi Berbaring (lied-back)

Dengan melakukan posisi ini, menyusui akan terasa lebih santai karena bisa membuat nyaman. Cobalah dengan berbaring di tempat tidur, sofa, atau kursi, lalu tambahkan bantal untuk mendukung area punggung, leher, dan lengan. Posisikan perut bayi menyentuh pada perut kamu dan biarkan kepalanya mengadah ke atas.

- Posisi Tidur Miring (Side-lying)

Biasanya, buat kamu yang menjalani operasi persalinan caesar masih merasa susah duduk, untuk itu cobalah menyusui dengan cara berbaring di atas kasur atau sofa, lalu miringkan tubuh ke salah satu bagian dan gunakan bantal biar kamu lebih nyaman. Pastikan punggung dan pinggul lurus untuk mencegah sakit punggung yang kamu rasakan, letakkan bayi dengan posisi tubuh dan kepalanya mengarah ke payudaramu, Setelah itu sejajarkan mulut bayi dengan putingmu.

Kalau si bayi kesulitan saat melekatkan mulutnya ke puting, gunakan jari mu untuk memancing isapan antara mulut bayi dan payudara.

3 dari 3 halaman

Sekarang kamu udah tau kan bahayanya menyusui bayi dengan berbaring? Untuk itu, hindari hal tersebut agar kesehatan serta keamanan si bayi tetap terjaga. Kamu juga harus membiasakan dan mencoba dengan berbagai posisi lain ya, bun. Selamat mencoba!

Beri Komentar