Biar Nggak Kayak Film 'Home Alone', di Umur Berapa Anak Bisa Mulai Ditinggal Sendiri?

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 8 Februari 2020 00:01
Biar Nggak Kayak Film 'Home Alone', di Umur Berapa Anak Bisa Mulai Ditinggal Sendiri?
Kevin McAllister ternyata tergolong masih di bawah umur waktu dia ditinggal keluarganya berlibur. Lalu berapa umur ideal untuk meninggalkan anak sendiri di rumah?

Masih ingat cerita film 'Home Alone'? Dirilis tahun 1990, film itu masih abadi hingga kini karena langganan diputar di televisi saat liburan datang.

Dalam film tersebut, tokoh Kevin McAllister yang diperankan oleh Macaulay Culkin diceritakan tertinggal sendiri di rumah saat rombongan keluarganya pergi liburan ke luar kota. Sialnya, saat itu sedang berkeliaran duo perampok yang berniat membobol rumah-rumah kosong yang ditinggal penghuninya berlibur selama natal. Rumah Kevin termasuk dalam incaran duo perampok, tanpa mereka tahu kalau rumah tersebut sebenarnya nggak kosong. Film tersebut selanjutnya dipenuhi adegan Kevin yang mengerjai perampok.

Saya iseng mencari tahu, berapa sih umur tokoh Kevin dalam film tersebut. Hasil pencarian Google menunjukkan, Kevin masih berumur delapan tahun saat itu. Nggak heran kalau ibunya sangat panik waktu sadar kalau Kevin nggak ada di rombongan.

Kembali ke dunia nyata, meninggalkan anak sendiri di rumah adalah situasi yang nggak terhindarkan, terlebih kalau kedua orang tua sama-sama bekerja kantoran.

Lalu, di umur berapakah kira-kira anak siap untuk ditinggal di rumah sendiri?

1 dari 2 halaman

Hasil survei

American Academy of Pediatrics (AAP), membuat suatu survei dengan para orang tua yang merupakan pekerja sebagai respondennya.

Dari survei tersebut, ditemukan bahwa para orang tua merasa aman meninggalkan anak mereka di rumah saat mereka berusia 12 tahun, itu pun dengan durasi yang nggak lebih dari empat jam.

Charles Jennissen, profesor klinis, menegaskan bahwa di usia tersebut anak memang sudah cukup dewasa untuk mendapat tanggung jawab menjaga rumah.

" Anak dengan usia 12 tahun sudah berada di ambang menuju usia remaja. Setidaknya di usia tersebut dia sudah paham arti dari tanggung jawab," ujar Charles kepada Times of India.

2 dari 2 halaman

Di usia tertentu tergolong sebagai pengabaian

Ilustrasi anak sendiri di rumah © Diadona

Dalam survei yang sama, ditemukan juga bahwa sebanyak 80 persen orang tua merasa meninggalkan anak di bawah umur delapan tahun sama dengan pengabaian.

" Hasil temuan kami mengatakan kalau sebenarnya nggak ada usia pasti untuk menentukan seorang anak siap (ditinggal di rumah), bahkan waktu dia masih berusia di bawah delapan. Meski begitu, seorang anak bisa tergolong diabaikan saat dia sedang dalam kondisi yang nggak sehat atau terluka," lanjut Charles.

Sebelum kamu memutuskan untuk meninggalkan anak sendiri di rumah, sepertinya kamu juga perlu memastikan kesiapannya. Kamu bisa melatihnya dengan mulai memberikan tanggung jawab kecil sebelum akhirnya memberi tanggung jawab sebesar menjaga rumah sendiri.

Pokoknya, jangan sampai ada Kevin Kevin lainnya deh!

Beri Komentar