Benarkah Nggak Boleh Makan Makanan Pedas Saat Menyusui?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 23 Januari 2020 15:38
Benarkah Nggak Boleh Makan Makanan Pedas Saat Menyusui?
Banyak yang mengatakan kalau ibu menyusui tidak boleh makan makanan yang pedas. Apakah ini benar?

Bagi sejumlah orang yang menyukai makanan pedas, mereka akan sangat rindu jika sudah lama tak bisa menikmati kuliner pedas yang enak. Rasa pedas yang membakar lidah itu kadang terasa sangat nikmat dengan bumbu yang sedap dan masakan yang tepat. Namun, jika kamu pencinta makanan pedas dan sedang menyusui, apakah tak boleh makan yang pedas-pedas?

Dilansir dari laman Boldsky (05/08), sebenarnya belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa bayi ini jadi rewel saat ibunya makan makanan yang pedas. Namun, sejumlah bayi bisa sensitif terhadap makanan pedas yang biasanya akan muncul gejala-gejala tertentu setelah ia mengonsumsi ASI setelah ibunya makan yang pedas-pedas.

 

1 dari 1 halaman

Ilustrasi Menyusui © Diadona

Gejala-gejala itu yaitu bayi akan menangis untuk waktu yang lama, merasa tak nyaman, jadi rewel, mungkin juga bisa terjadi alergi pada kulit bagi, bisa bangun tiba-tiba, keluar lendir, dan bahkan diare. Yang jelas jika kamu mengonsumsi makanan yang pedas maka si buah hati juga akan ikut merasakannya karena ia masih minum ASI darimu.

Anggapan bahwa wanita menyusui tak boleh makan makanan pedas ini tidaklah benar dan hanya mitos belaka, jika anakmu tidak mengalami gejala-gejala di atas. Dr. Paula Meier, Ph.D, seorang direktur penelitian laktasi di University Medical Center, mengatakan bahwa tak ada makanan yang perlu dihindari saat menyusui karena payudara mempunyai kemampuan untuk menyaring nutrisi dari tubuh ibu untuk membuat ASI.

Jadi kamu tak perlu khawatir tak bisa makan makanan pedas saat sedang menyusui. Namun, jika bayimu mengalami beberapa gejala seperti di atas, coba untuk tidak langsung makan yang pedas-pedas dalam jumlah yang banyak, tetapi sedikit demi sedikit dari waktu ke waktu untuk mengenalkan rasa pedas ini pada bayi dan tubuhnya.

Beri Komentar