Cara Sholat Taubat Nasuha yang Benar Lengkap dengan Doanya

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 17 Januari 2020 15:40
Cara Sholat Taubat Nasuha yang Benar Lengkap dengan Doanya
Menyesal dan memohon ampunlah kepada Allah SWT. dengan melakukan tata cara sholat taubat yang benar.

Disadari atau nggak, manusia nggak akan pernah lepas dari salah. Dalam islam, kesalahan yang diperbuat yang melanggar nilai-nilai islam disebut dengan dosa. Namun, Allah Maha Baik. Dia dengan Maha Pemurah dan Maha Pengampun akan menghapus segala dosa-dosa kita jika kita benar-benar menyesal dan memohon ampun. Salah satunya adalah dengan melaksanakan tata cara sholat taubat.

Cara sholat taubat dalam islam juga disebut dengan cara sholat taubat nasuha. Artinya adalah taubat yang sebenar-benarnya taubat. Untuk itu, jika benar-benar ingin bertaubat, maka kamu perlu banget untuk mengetahui cara sholat taubat.

Nah, gimana sih, melakukan cara sholat taubat yang benar? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut melaksanakan tata cara sholat taubat yang benar.

1 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Taubat

Melaksanakan tata cara sholat taubat bukanlah hal yang sulit. Islam itu mudah, yang menjadi pertanyaan apakah kamu mau mempelajarinya atau nggak.

Sebelum melaksanakan tata cara sholat taubat, ada baiknya kamu mengetahui apa tujuanmu melaksanakan cara sholat taubat.

Melaksanakan tata cara sholat taubat bertujuan agar kamu kembali ke jalan yang benar, ke jalan Allah SWT., dari jalan sebelumnya yang menyesatkan. Artinya, kamu harus benar-benar harus meneguhkan hati untuk nggak mengulangi perbuatan dosamu yang menurutmu terkutuk itu.

Kenapa terkutuk? Karena syarat utama melaksanakan tata cara sholat taubat adalah dengan sungguh-sungguh menyesali perbuatan yang kamu perbuat. Hal ini berarti kamu mengutuk perbuatan dosamu yang telah kamu lakukan di masa lampau.

Dengan demikian, kamu akan berniat dengan sebenar-benarnya niat bahwa kamu nggak akan mengulangi dosa-dosa tersebut. Dan karena kamu ingin kembali menjadi pribadi yang suci, maka kamu akan memohon ampun kepada Allah SWT. dengan sebenar-benarnya agar menghapus dosa-dosa tersebut.

Kalau sudah begitu, kamu akan melaksanakan tata cara sholat taubat dengan sungguh-sungguh. Sehingga, in sya allah dengan begitu sholat taubatmu diterima Allah SWT. aamiin.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Secara umum tata cara sholat taubat nasuha hampir sama pelaksanaannya dengan sholat sunnah lainnya. Yang membedakan adalah niat dan tujuan dilaksanakan sholat tersebut. Jika sholat dhuha bertujuan untuk membuka pintu rezeki, dan jika sholat hajat bertujuan untuk memohon keinginan, maka sholat taubat bertujuan untuk menghapus dosa-dosa lalu.

Melaksanakan tata cara sholat taubat nasuha dilakukan dengan jumlah 2 rakat. Pelaksanaannya pun bisa kapan saja, melainkan di dua waktu yaitu saat subuh hingga matahari terbit, dan saat ashar hingga matahari tenggelam.

Tata cara sholat taubat nasuha sendiri pun nggak berbeda dengan sholat sunnah lain. Dimulai dari niat, takbiratul ihram, hingga tahiyyat akhir dan salam.

3 dari 4 halaman

Cara Sholat Taubat Nasuha

Setelah mengetahui pelaksanaan cara sholat taubat nasuha secara umum, ada baiknya kini mempelajar lebih jelas gimana cara sholat taubat itu. Penasaran? Gulir ke bawah, yuk!

1. Niat.

" Usholli sunnatat taubati rokaataini lillahi ta'aala."

Artinya:
" Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah."

2. Takbiratul ihram.
3. Membaca doa iftitah.
4. Membaca surat Al-Fatihah.
5. Membaca surat dari Alquran.
6. Rukuk dan membaca doa rukuk
7. I’tidal danmembaca doa I’tidal
8. Sujud dan membaca doa sujud.
9. Duduk di antara dua sujud dan membaca doa Duduk di antara dua sujud
10. Sujud kedua dan membaca doa sujud
11. Berdiri dan melakukan langkah 4 sampai 10 kembali.
12. Tasyahud akhir dan membaca tasyahud akhir.
13. Salam.
14. Berdoa mohon ampunan:

" Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta."

Artinya:
“ Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.”

4 dari 4 halaman

Cara Melaksanakan Sholat Taubat

Melaksanakan cara sholat taubat harus dilandasi dengan beberapa hal. Apa aja hal-hal tersebut? Simak tulisa selanjutnya, ya!

1. Kesadaran

Tanpa ada kesadaran, kamu nggak akan pernah mengetahui bahwa apa yang kamu lakukan adalah perbuatan dosa.

2. Penyesalan

Setelah sadar, perlu ditumbuhkannya rasa penyesalan yang sungguh-sungguh. Tanpa adanya rasa menyesal, maka hadirnya kesadaran pun akan sia-sia.

3. Ketulusan

Jika kamu melakukan tata cara sholat taubat dengan paksanaan atau hal lainnya bukan karena Allah SWT., maka itu sama saja bohong. Namun jika kamu benar-benar menyesal, in sya Allah kamu melakukan tata cara sholat taubat dengan sebenar-benarnya tulus.

4. Kemantapan Hati

Setelah melaksanakan tata cara sholat taubat, maka yang perlu kamu teguhkan selanjutnya dalah hati. Mantapkan hati agar nggak mengulangi dosa-dosa yang kamu lakukan di masa lalu.


Nah, begitulah bagaimana melaksanakan tata cara sholat taubat. Kamu pernah menyesali seusatu sehingga melakukan tata cara sholat taubat? Sharing di kolom komentar, yuk!

Beri Komentar