Bagaimana Guru Dapat Menemukan Pelaku Bully di Sekolah?

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 20 Januari 2020 15:00
Bagaimana Guru Dapat Menemukan Pelaku Bully di Sekolah?
Guru memiliki peran penting dalam mencegah masalah bullying yang ada di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, guru juga perlu mengawasi perilaku murid yang berpotensi melakukan bullying di dalam kelas.

Perilaku bully memang sering terjadi di kalangan sekolah. Oleh karena itu guru memiliki peran penting dalam mencegah masalah ini. Menemukan bully di kelas tidak semudah kedengarannya. Faktanya, ada lebih dari satu jenis pelaku intimidasi di sekolah.

Pelaku bullying datang dalam segala bentuk, ukuran dan tipe kepribadian. Beberapa pelaku bully adalah anak populer dan disukai, sementara yang lain penyendiri dengan hanya beberapa teman. Di waktu lain, anak-anak menggunakan bullying sebagai cara untuk menghindari menjadi target diri mereka sendiri.

Pengganggu ini biasanya disebut sebagai pelaku yang dulu korban bullying karena mereka telah menjadi korban di masa lalu. Akibatnya, mereka mencari balas dendam.

Namun, apa pun tipe orang yang melakukan bullying, ada beberapa tanda yang dapat membantu kamu menentukan apakah seorang anak adalah pelaku intimidasi atau tidak. Mengetahui informasi ini bermanfaat bagi guru yang ingin mengidentifikasi pelaku intimidasi di ruang kelas mereka. Berikut adalah beberapa cara teratas untuk melihat anak-anak yang menjadi pelaku bullying.

1 dari 9 halaman

Kenali Jenis-jenis Umum dari Pelaku Bullying

Bullying bukanlah fenomena satu ukuran untuk semua. Faktanya, ada enam jenis pelaku bullying termasuk pelaku intimidasi relasional, pelaku intimidasi berantai, pelaku intimidasi yang acuh tak acuh, korban bully, pengganggu kelompok, dan pengganggu agresif. Jika kamu merangkul paham tentang perilaku bullying, termasuk bahwa semua pengganggu adalah penyendiri tanpa teman dan yang memiliki harga diri rendah, Kamu akan kehilangan banyak jenis pengganggu lainnya. Kamu khususnya akan kehilangan intimidasi berantai, yang seringkali merupakan jenis-jenis intimidasi yang paling sulit dikenali karena perilaku mereka seringkali sangat tertutup dan tersembunyi dari pandangan orang dewasa. Kenali karakteristik masing-masing jenis pelaku intimidasi dan kemudian lihat apakah kamu memiliki anak tersebut di kelas.

2 dari 9 halaman

Pahami bahwa Bentuk Bully Anak Laki-Laki dan Perempuan Berbeda

Tidak ada yang akan berpendapat bahwa intimidasi fisik jauh lebih mudah dikenali daripada jenis-jenis intimidasi lainnya. Karena alasan ini, orang tua dan pendidik sering kali melewatkan fakta bahwa anak perempuan juga melakukan bullying. Mereka mungkin tidak menggunakan agresi fisik untuk melakukannya. Sebaliknya, mereka melakukan agresi relasional, intimidasi verbal, dan mengejek nama dengan sebutan yang kasar. Karena itu, penting untuk memperluas perspektif.

3 dari 9 halaman

Perhatikan Anak yang Terlihat Memiliki Kuasa

Sering kali, pelaku bullying percaya bahwa aturan itu tidak berlaku untuk mereka. Atau, mereka mungkin merasa bahwa karena mereka baik di sekolah, pandai olahraga, atau berasal dari keluarga terkemuka sehingga mereka dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan. Mereka juga percaya bahwa orang lain ada di bawah mereka. Kamu akan mengenali perilaku mereka, terutama ketika mereka berinteraksi dengan orang lain yang mereka rasa berada di bawah mereka. Lihat bagaimana anak-anak ini memperlakukan karyawan ruang makan siang, petugas kebersihan, staf, pegawai toko, dan orang lain dalam posisi yang berorientasi layanan. Sebagian besar anak-anak dengan masalah hak akan menggertak orang lain di kelas dan merasa seperti mereka tidak melakukan kesalahan.

4 dari 9 halaman

Perhatikan Anak yang Nggak Bisa Mengendalikan Emosi

Terkadang pelaku bullying kesulitan mengelola emosi, terutama kemarahan. Jadi mereka mengendalikan dan berlaku kasar untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka juga menekan anak-anak lain untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Sangat sedikit kerja sama dan sering kali banyak manipulasi. Ketika kamu melihat perilaku seperti ini secara konsisten, intimidasi mungkin menjadi alat yang digunakan anak-anak ini untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan ketika kamu tidak mengawasi.

5 dari 9 halaman

Awasi Anak-Anak yang Baik, Tampan, Cantik, atau Berkarakter Kuat

Biasanya, orang tua dan guru terkejut mengetahui bahwa anak jenis ini adalah pengganggu karena dia selalu bersikap baik dan sopan. Tetapi jika seorang siswa di kelas tampaknya terlalu bagus,kamu perlu perhatikan. Bisa jadi mereka akan melakukan intimidasi ketika tidak ada orang tua atau guru.

6 dari 9 halaman

Selidiki apakah ada masalah dengan sopan santun

Sementara beberapa pelaku intimidasi lebih halus dengan agresi mereka, pelaku bullying lainnya jelas memiliki masalah dengan mengikuti aturan dan mendengarkan guru. Misalnya, beberapa pelaku bullying akan berdebat dengan guru, pelatih, pembimbing, dan orang tua. Mereka juga dapat berbicara kembali, membuat pernyataan sarkastik dan memiliki sikap yang kurang sopan secara keseluruhan terhadap siapa pun yang memiliki wewenang.

7 dari 9 halaman

Jangan Abaikan Pengikutnya

Sering kali, bullying adalah tentang mencapai atau bahkan mempertahankan posisi di tangga sosial di sekolah. Akibatnya, banyak anak yang baik akan menggertak orang lain karena tekanan teman sebaya. Mereka juga mungkin menggertak untuk mendapatkan perhatian atau merasa seperti mereka adalah bagian dari kelompok tertentu. Dalam kasus lain, pelaku intimidasi akan membuat pengikut ini melakukan pekerjaan kotor mereka. Dan anak-anak ini menurut karena mereka takut menjadi sasaran sendiri. Atau, mereka menurut karena mereka merasa itu satu-satunya cara untuk tetap berada di grup. Mengawasi anak-anak yang mengikuti petunjuk orang lain dan lihat apakah kamu dapat mengarahkan mereka untuk menjadi pemimpin. Kamu dapat mencegah mereka dari jalan yang salah.

8 dari 9 halaman

Hati-hati dengan Anak-Anak yang Pilih-Pilih Teman

Salah satu bentuk agresi relasional terbesar adalah mengucilkan, mengecualikan atau menghapuskan anak-anak lain. Jika seorang anak secara teratur menolak berteman dengan orang lain, tidak ingin menyertakan semua orang atau memilih-milih orang untuk diasosiasikan, ini merupakan indikasi yang baik bahwa penindasan mungkin menjadi masalah. Indikasi lain dari intimidasi adalah seorang anak yang tidak menerima perbedaan orang lain.

9 dari 9 halaman

Perhatikan Anak-anak yang Dikelilingi oleh Drama

Gadis-gadis, maupun lelaku sering membuat banyak drama. Selain mengintimidasi orang lain, mereka juga menciptakan ketegangan dan kecemasan di antara kelompok teman. Mereka juga lebih rentan menyebarkan rumor, cyberbullying, dan mempermalukan orang lain. Sementara banyak dari jenis perilaku ini dilakukan di luar pengawasan orang dewasa, drama yang ditimbulkannya akan terlihat. Konsekuensinya, jika kamu melihat banyak drama di antara kelompok di sekolah, lakukan sedikit riset untuk menemukan akar masalahnya. Lama kelamaan, kamu akan menemukan pengganggu pada akhirnya.

Sebagai seorang guru, kadang-kadang sulit menghadapi bullying yang ada di lingkungannya. Tetapi jika kamu membangun iklim rasa hormat di kelas sejak dini, kamu akan menemukan bahwa masalah bullying jauh lebih jarang terjadi. Selain itu, siswa akan belajar lebih banyak dan melakukan lebih baik secara keseluruhan di kelas jika mereka memiliki keyakinan bahwa kamu tidak akan mentolerir intimidasi. Mereka bisa fokus belajar daripada khawatir menjadi sasaran karena mereka tahu guru sudah bisa mengendalikannya. Silahkan komentar di bawah dan share link ini ke guru sekolah anakmu ya.

Beri Komentar