Apakah Aman Menggunakan Bra Selama Menyusui?

Reporter : Riza Umami
Kamis, 26 Desember 2019 16:40
Apakah Aman Menggunakan Bra Selama Menyusui?
Salah satu hal yang mungkin kamu khawatirkan selama masa menyusui adalah penggunaan bra. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Salah satu pertanyaan yang mungkin sering dipikirkan sejumlah wanita menyusui yaitu 'haruskah memakai bra saat menyusui?'. Sebenarnya hal ini kembali lagi pada masing-masing wanita, apakah dia nyaman menggunakan bra tersebut atau tidak.

Dilansir dari laman Boldsky (01/08) sebenarnya aman-aman saja menggunakan bra di masa menyusui, tetapi bukan yang biasanya dipakai. Kamu perlu menggunakan bra yang lebih besar karena setelah persalinan ukuran payudara cenderung meningkat.

Kenapa kamu perlu lebih memperhatikan ukuran bra ini karena kamu akan memakainya sepanjang hari. Jika salah memilih ukuran, tentu hal ini bisa memengaruhi produksi ASI yang merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk bayimu.

Pakar kesehatan menyarankan wanita yang sedang dalam masa menyusui tidak menggunakan bra yang berkawat di bagian bawahnya. Hal ini disebabkan pada masa ini payudara cenderung menjadi lunak. Jenis bra tertentu bisa menyebabkan beberapa masalah. Jadi untuk menghindari hal itu, kamu perlu menggunakan bra yang biasa sesuai ukuran dan tanpa kawat.

Mengapa dilarang menggunakan bra yang berkawat sementara waktu? Hal ini disebabkan karena bra jenis ini akan memberikan banyak tekanan pada payudara yang sedang lunak sehingga akan menimbulkan rasa sakit. Jika terus dibiarkan rasa sakit ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan bahkan sampai susah tidur.

Pada beberapa wanita lainnya, penggunaan bra dengan kawat selama masa menyusui ini bisa menyebabkan mastitis di mana jaringan payudara meradang. Mastitis ini tentu akan mengganggu proses pemberian ASI pada anak. Biasanya mastitis ini menyerang wanita menyusui pada trimester pertama.

Yang paling disarankan adalah menggunakan bra bersalin karena ukurannya yang besar dan melegakan. Rasa tidak nyaman pun tak akan dirasakan karena terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman. Bra ini juga terbuat dari bahan yang lebih ramah pada kulit sehingga tidak akan menyebabkan iritasi dan lain sebagainya, meskipun pada kulit yang sensitif.

Itulah ulasan tentang penggunaan bra selama masa menyusui. Jika kamu punya cerita tentang hal itu silahkan ceritakan di bawah ini.

Beri Komentar