Anak Mimisan? Jangan Panik, Ini Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 24 Januari 2020 13:40
Anak Mimisan? Jangan Panik, Ini Beberapa Hal yang Harus Kamu Ketahui
Penyebab, penanganan, dan gejala yang harus kamu waspadai.

Banyak orang tua yang terkejut dan panik saat melihat anak mereka mengalami mimisan. Kelihatannya memang menakutkan namun kamu tidak perlu terlalu panik akan hal itu.

Mimisan pada anak adalah hal yang umum terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Siapa pun bisa mengalami mimisan, termasuk remaja dan orang dewasa. Dilansir dari Today's Parent, biasanya mimisan terjadi pada anak usia 3 sampai 10 tahun. Berikut beberapa hal yang harus diketahui orang tua saat anak mengalami mimisan.

1 dari 3 halaman

Penyebab mimisan

ilustrasi anak sakit © Diadona

Salah satu penyebab anak mengalami mimisan adalah karena dia memasukkan jari ke dalam hidungnya. Sebagian besar mimisan disebabkan oleh trauma hidung saat anak memasukkan jari ke dalam hidung, sering meniup hidung, atau pukulan langsung ke hidung.

Hidung penuh dengan pembuluh darah yang sangat rapuh sehingga terkadang hanya menggosok hidup dengan pelan saja bisa menyebabkan hidung berdarah.

Selain itu, udara kering juga bisa membuat lapisan hidung iritasi dan menyebabkan mimisan. Sama halnya seperti kulit yang lebih pecah-pecah dan mudah berdarah saat udara kering, hal itu juga terjadi pada hidung. 

2 dari 3 halaman

Cara membuat mimisan berhenti

ilustrasi anak mimisan © Diadona

Mimisan adalah salah satu pengalaman masa kecil yang tidak menyenangkan. Yang harus dilakukan orang tua saat anaknya mimisan adalah meremas bagian depan atau bagian lunak hidung menggunakan ibu jari dan telunjuk selama 10 menit.

Berlawanan dengan cara yang diketahui banyak orang, sebaiknya kamu tidak menyandarkan kepala anak. Posisi yang tepat adalah membuat anak duduk dan mencondongkan kepala sedikit ke depan. Hal ini bisa mencegah darah tertelan yang dapat membuat anak muntah.

Jika hidung anak terjepit, kamu bisa menggunakan es untuk meredakannya. Es dapat membantu menurunkan perasangan dan mengencangkan pembuluh darah.

3 dari 3 halaman

Mimisan yang harus dikhawatirkan

ilustrasi anak mimisan © Diadona

Mimisan biasanya merupakan hal biasa yang bisa kamu atasi sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke dokter. Tetapi ada beberapa keadaan yang memerlukan bantuan dokter secepatnya.

Jika anak terlalu sering mimisan selama berminggu-minggu, maka kamu harus membawanya ke dokter. Selain itu kamu juga harus memeriksa apakah anak memiliki riwayat cedera atau gangguan pendarahan dalam keluarga.

Kamu juga harus segera mencari pertolongan dokter jika mimisan berasal dari kecelakaan serius atau cedera. Jika penanganan yang telah disarankan sebelumnya tidak membuat mimisan anak berhenti maka kamu harus segera pergi ke rumah sakit.

Beri Komentar