9 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dan Parah secara Alami dengan Garam Dapur

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 30 Desember 2019 14:03
9 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dan Parah secara Alami dengan Garam Dapur
Nggak cuman merusak penampilan, karang gigi juga bisa membawa berbagai penyakit diabetes, hingga stroke.

Plak gigi merupakan lapisan yang lengket, lembut dan berada di luar gigi di sepanjang gusi. Kamu bisa kok mencegah kemunculan plak ini dengan menerapkan kebersihan gigi. Tapi kalau tidak, plak ini akan berubah menjadi zat berwarna kuning kecoklatan dan keras, yang disebut dengan karang gigi.

Karang gigi jadi salah satu tanda kebersihan mulut yang kurang terjaga. Akibatnya bisa berupa bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gusi. Biar karang gigimu nggak makin parah dan merembet ke masalah kesehatan yang lain, yuk segera cari tahu cara menghilangkannya. Untuk kamu, Diadona sudah merangkum 9 cara menghilangkan karang gigi dari berbagai sumber. Cari tahu dan segera praktekkan, ya!

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Ilustrasi Flossing Gigi © Diadona

Di dalam mulut kita sebenarnya terdapat banyak sekali bakteri. Mereka mendapatkan makanan dari sisa makanan yang ada di sela gigi. Dalam proses itu, mereka mengubah makanan menjadi produk asam yang punya efek demineralisasi pada enamel gigi.

Nah, saat kamu nggak rajin membersihkan mulut, maka bakteri akan berkembang menyelimuti gigi dan gusi kamu. Lapisan ini biasanya ada pada garis gusi dan disebut dengan plak. Saat sudah mengeras dan berwarna kuning kecoklatan, plak disebut dengan karang gigi.

Flossing

Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan metode benang, atau flossing. Etis, benang yang digunakan bukan sembarang benang ya, tapi benang khusus gigi. Dengan teknik yang tepat, flossing dapat menghilangkan partikel plak dan makanan yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Agar penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi tidak terjadi, penggunaan flossing sangat dianjurkan dilakukan setiap hari.

Sikat Gigi Elektrik

Cara menghilangkan karang gigi ternyata bisa dilakukan dengan menggosok gigi menggunakan sikat gigi elektrik. Bulu sikatn ya dapat berputar sekaligus secara bolak-balik sehingga dapat mebersihkan gigi secara maksimal. Meski demikian, perhatian tekanan yang diberikan sikat peda agigi kamu. Tekanan yang terallu keras justrui bisa mengikis lapisan luar gigi.

Pasta Gigi Berfluoride

Silahkan cek pasti gigimu, sudahkah mengandung flouride? Pasta gigi berfluoride dapat mengontrol pertumbuhan karang gigi dan membantu kerusakan email pada gigi. Beberapa produk pasta gigi dengan fluoride juga mengandung triclosan yang melawan bakteri di dalam plak.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Ilustrasi Baking Soda © Diadona

Datang ke dokter untuk pembersihan karang mungkin belum jadi pilihan kamu saat ini. Selain karena waktu, membersihakn karang gigi mungkinakan membuat kamu merohgok kocek lumayan dalam. Tapi tenang aja, ada banyak cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Baking Soda

Karbohidrat di dalam makanan dapat menurunkan tingkat keasaman di mulut secara drastis. Lingkungan mulut yang asam dapat menyebabkan demineralisasi. Nah, baking soda dapat mengurangi demineralisasi karena bisa menyeimbangkan tingkat pH di mulut dan mencegah kehilangan enamel.

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda bisa kamu lakukan dengan cukup sederhana. Kamu hanya perlu meletakkan satu sendok baking soda ke bulu sikat gigi, lalu sikat gigilah. Bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa menambahkan soda kue ke dalam pasta gigi kamu. Kamu harus takaran baking soda tersebut, karena penggunaan yang berlebihan justru bisa merusak neamel gigi. Gunakan cara menghilangkan karang gigi ini sebanyak dua kali seminggu, dan lihat hasilnya.

Jambu Biji

Daun jan jambu biji bisa menghilangkan karang gigi secara efektif. Nggak cuman itu, kedua bahan ini juga dapat mengurangi pembengkakan pada gigi. Kamu cuman perlu mengunyah daun jambu biji setiap pagi, trus meludahkannya.

Cuka Putih

Cara menghilangkan karang gigi dengan cara alami bisa dilakukan dengan cuka putih. Sifat asamnya yang kuat akan meningkatkan demineralisasi email gigi. Penggunaannya juga cukup mudah. Ambil setengah cangkir air, lalu tambahkan dua sendok teh cuka putih dan setengah sendok teh garam, gunakan untuk kumur dua kali sehari.

Minyak Kelapa

Mengoleskan minyak ke dalam mulut sudah menjadi cara yang sering dilakukan untuk menghilangkan bakteri dan meningkatkan kebersihan mulut. Dalam prakteknya, minyak kelapa sering digunakan karena sifat anti-inflamantory dan antioksidannya. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat, sebuah asam lemak yang punya sifat anti mikroba.

Cara menghilangkan karang gigi dengan minyak kelapa dilakukan dengan langkah-langkah bseriku.

- tempatkan satu sendok makan minyak kelapa hangat di mulut
- oleskan minyak tersebut di selamaa 5 - 10 menit
- keluarkan minyak dari mulut dengan tissue

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Garam Dapur

Ilustrasi Garam © Diadona

Cara menghilangkan karang gigi dengan garam dapur dapat dijelaskan dari sifat antiseptik maupun antibakterinya yang cukup tinggi. Saat berada di lingkungan penuh garam, bakteri akan kehilangan cairan selnya dan mengalami kematian. Dengan kata lain, bakteri yang ada di karang gigi akan mati karena keberadaan garam dalam proses kamu berkumur.

Metode yang dilakukan cukuplah mudah, yakni dengan menambahkan garam setengah sendok teh garam ke dalam air hangat.Setelah diaduk dan tercampur rata, gunakan untuk berkumur dan ratakan di seluruh area mulut kamu. Lakukan cara ini 1 sampai 3 kali sehari.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Parah

Ilustrasi Dokter Gigi © Diadona

Berdasarkan penelitian terbaru, ada kemungkinan hubungan antara pertumbuhan plak dengan munculnya penyakit gusi dan kondisi kesehatan lainnya, termasuk pneumonia, demensia, hingga penyakit jantung. Wah, karena kurang menjaga kebersihan mulut doang ternyata bisa memunculkan penyakit yang serius. Serem banget kan?

Pencegahan Karang Gigi

Munculnya karang gigi bisa dicegah dengan menerapkan kebersihan pada mulut dan gigi. Selain menyikat gigi dua kali sehari, kamu juga harus melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Dokter akan mengecek kebersihan gigi dan adanya tanda kerusakan gigi.

Saat tanda masalah gigi mulai muncul, dokter gigi akan memberikan perawatan tertentu untuk meringankan gejala dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Mereka juga mungkin akan meresepkan obat kumur atau saran kebersihan gigi yang harus kamu lakukan. Mencegah kemunculan karang gigi bisa kamu lakukan dnegan menghindari makanan asam, gula, dan tinggi karbohidrat.

Perawatan ke Dokter

Ingat kan kalau kita wajib melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali? Dalam pemeriksaan tersebut, dokter dapat mengetahui masalah yang ada di dalam gigi kita, termasuk pembersihan karang gigi. Prosedurnya cepat dan tidak terlalu sakit kok.

Cara menghilangkan karang gigi dengan scalling gigi harus segera kamu lakukan saat karang gigi mulai menumpuk. Untuk scalling gigi, biayanya berkisar antara Rp. 100 - 500 ribu, tergantung rumah sakit. Setelah pembersihan, kamu akan merasakan perbedaan dengan hilangnya karang gigi di mulut kamu.

 

Beri Komentar