9 Cara Mendekatkan Diri kepada Allah SWT saat Haid Termasuk Melalui Shalat Sunnah

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 15 Januari 2020 16:13
9 Cara Mendekatkan Diri kepada Allah SWT saat Haid Termasuk Melalui Shalat Sunnah
Jangan jadikan haid sebagai alasan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Allah SWT. memudahkan hamba-hambanya untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Bahkan, wanita dalam keadaan haid pun bisa asalkan tahu bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah.

Haid merupakan kondisi seorang wanita dalam keadaan kotor atau nggak suci. Tapi meski demikian, ada berbagai cara mendekatkan diri kepada Allah bahkan walau kamu sedang haid.

Jadi, gimana cara mendekatkan diri kepada Allah? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut caranya.

1 dari 4 halaman

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah saat Haid

Walau dalam keadaan nggak suci alias haid, kamu sebagai wanita muslim bisa melalukan beberapa cara mendekatkan diri kepada Allah. Apa saja cara tersebut? Gulir ke bawah, yuk!

1. Menuntut Ilmu

Menimba ilmu bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan bahkan oleh siapa saja, begitu juga dengan wanita yang sedang dalam kondisi haid. Jadi, cara mendekatkan diri kepada Allah ini bisa kamu lakukan walau sedang dalam keadaan Haid.

2. Mendengarkan Alquran

Walaupun ada yang mengatakan bahwa wanita yang sedang haid nggak diperbolehkan membaca alquran, mereka tetap bisa mendengarkannya. Dengan melakukan cara mendekatkan diri kepada Allah ini, kamu tetap terhitung beribadah dan mendapatkan pahala walau hanya mendengarkan.

3. Bersedekah

Selain memberi manfaat kepada orang yang membutuhkan, bersedekah juga merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah yang paling mudah. Jika kamu nggak bisa memberikan sesuatu berupa materi kepada orang lain, kamu bisa memberikan senyuman terbaikmu. Sebab, senyum pun adalah ibadah (baca:sedekah).

2 dari 4 halaman

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Sebagai hamba yang taat, sudah sepatutnya kita mempelajari dan mepraktikan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT., agar kita selalu mendapatkan rahmat dan kasih sayang-Nya. Bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah? Intip tulisan berikut, ya!

1. Membaca Alquran

Allah menurunkan alquran sebagai pedoman hidup untuk umat muslim yang beriman. Membaca alquran banyak sekali manfaatnya. Salah satunya kamu bisa lebih dekat dengan Allah SWT. karena cara mendekatkan diri kepada Allah ini adalah dengan membaca dan (kalau bisa) memahami ayat-ayatnya.

2. Berdoa

Berdoa berarti kita sebagai umat muslim memohon kepada Allah SWT. Cara mendekatkan diri kepada Allah ini pun seperti curhat kepada kerabat dekat. Kita mengadu dan memohon kepada Allah SWT. sehingga kita dengan-Nya pun semakin dekat.

3. Silahturahmi

Cara mendekatkan diri kepada Allah ini adalah dengan mempererat hubungan satu sama lain sebagai manusia. Selain itu, bersilahturahmi kepada sesama dipercaya dapat memperlancar rezeki dan juga mendapatkan pahala. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi kerabat atau sodara terdekat.

3 dari 4 halaman

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah melalui Shalat Sunnah

Selain shalat wajib 5 waktu (Subuh, Dhuhur, Ashar, Magrib, dan Isya), terdapat shalat sunna lainnya yang bisa kamu lakukan.

Walaupun sunnah, kamu sebaiknya memanfaatkan cara mendekatkan diri kepada Allah ini dengan sebaik-baiknya. Sebab, selain mendapatkan banyak pahala, terdapat manfaat-manfaat tertentu yang bisa kamu dapat di setiap shalat sunnah.

Seperti misalnya melaksanakan shalat sunnah tahajjud, cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. ini bisa memudahkan doamu terkabul. Atau, dengan melaksanakan shalat sunnah Dhuha, cara mendekatkan diri kepada Allah ini bisa bisa mendatangkanmu banyak rezeki.

4 dari 4 halaman

Cara Mendekatkan Diri kepada Allah agar Terhindar dari Sifat Tercela

Nggak ada salahnya bahkan sudah sewajibnya kita sebagai umat muslim mengetahui berbagai cara mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu tujuannya adalah agar terhindar dari sifat tercela. Bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah agar terhindar dari sifat tercela?

1.  Shalat

Agar terhindar dari sifat tercela, lakukan cara mendekatkan diri kepada Allah dengan mendirikan shalat. Hal ini tertulis di dalam alquran surat Al-'Ankabut ayat 45 yang artinya:

" Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar."

Namun, lakukan cara mendekatkan diri kepada Allah tersebut dengan sebenar-benarnya. Karena, jika shalat nggak dilakukan dengan benar, apalagi main-main, maka sama saja bohong. Bahkan kamu bisa semakin jauh dari Allah. Sebagaimana disebutkan dalam hadist, Al Hasan berkata:

“ Barangsiapa yang melaksanakan shalat, lantas shalat tersebut tidak mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, maka ia hanya akan semakin menjauh dari Allah.” (Dikeluarkan oleh Ath Thobari dengan sanad yang shahih dari jalur Sa’id bin Abi ‘Urubah dari Qotadah dari Al Hasan)

2. Berzikir

Berzikir adalah cara mendekatkan diri kepada Allah di mana pun dan kapan pun, kecuali di tempat-tempat tertentu yang dilarang seperti halnya kamar mandi. Berzikir berarti kamu mengingkat Allah SWT. dengan membaca kalimat thayiibah seperti tahmid, tahlil, hingga istigfar. Dengan banyak mengingat Allah, kamu akan semakin dekat kepada-Nya.

3. Bersalawat

Cara mendekatkan diri kepada Allah ini juga bisa mendekatkan dirimu kepada Rasul-Nya. Sama seperti halnya berzikir, cara mendekatkan diri kepada Allah tersebut bisa kamu lakukan kapan pun dan di mana pun. Dengan melakukannya, kamu nggak hanya dekat dengan-Nya, tapi juga in sya allah mendapatkan safaat dari Nabi SAW.

 

Nah, begitulah cara mendekatkan diri kepada Allah bahkan saat haid. Kamu punya saran lain? Sharing di kolom komentar, ya!

Beri Komentar