8 Tips Jitu Membersihkan Dapur Dalam Waktu Kurang Dari 10 Menit

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 27 Januari 2020 17:40
8 Tips Jitu Membersihkan Dapur Dalam Waktu Kurang Dari 10 Menit
Ini loh cara cepat bersihkan dapurmu!

Memasak menjadi hal yang menyenangkan apalagi jika eksperimen makanan yang diciptakan sesuai dengan ekspektasi. Tapi, kadang keadaan dapur yang berantakan karena percobaan menu baru membuat frustasi, kan?

Dapur kotor di mana tempat perempuan sering bereksperimen dengan makanan bisa membuat kesal. Belum lagi kalau kamu termasuk perempuan sibuk yang tinggal sendiri atau sudah memiliki anak yang makin merepotkan saat keadaan kotor. Kami punya tips untuk membersihkan dapur secara singkat seperti yang dilansir dari Brighside (27/1). Dengan ini kamu bisa memasak tanpa memikirkan beban pembersihannya.

1 dari 8 halaman

Ilustrasi Jeruk Lemon © Diadona

1. Bersihkan Microwave dengan Lemon
Microwave yang habis digunakan bisa kamu bersihkan dengan uap rebusan lemon. Caranya, tambahkan satu jus lemon dan kulitnya ke dalam segelas air. Masukkan ke dalam mangkuk dan letakkan dalam microwave selama 5 menit dengan daya tinggi. Kemudian biarkan selama 15 tetap di dalam microwave dan biarkan uapnya menghilangkan kotoran. Setelah itu kamu bisa menyekanya dengan kain bersih.

2 dari 8 halaman

Ilustrasi Jeruk Lemon © Diadona

2. Rebus Irisan Jeruk dan Rempah-rempah
Pertama, kamu bisa memotong jeruk menjadi irisan lalu masukkan ke dalam panci yang sudah diisi air sampai menenggelamkan jeruk. Tempelkan panci di atas kompor dan tambahan rempah-rempah kesukaanmu, seperti kayu manis, pala atau cengkeh. Nyalakan kompor dan biarkan mendidih. Kemudian, dalam lima menit kamu akan mencium aroma menyegarkan sehingga bau tidak sedap di dapurmu akan hilang.

3 dari 8 halaman

Ilustrasi Membersihkan Meja © Diadona

3. Campur Minyak Lemon dan Cuka Untuk Memoles Lemari Kayu
Tidak hanya peralatan masak, tapi juga meja atau lemari kayu yang dipakai perlu diperhatikan. Kamu isi setengah botol semprot minyak lemon dan setengah lainnya cuka putih. Campuran ini bisa membersihkan permukaan kayu dan lemarimuu akan mengkilat seperti baru.

4 dari 8 halaman

Ilustrasi Membersihkan Piring © Diadona

4. Taburkan Bubuk Kopi Turki Di Piring Kotor
Kamu juga bisa menghilangkan bau di piring kotor dengan cara menaburkan beberapa sendok bubuk kopi di atasnya. Tunggu beberapa detik kemudian cuci seperti biasanya. Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

5 dari 8 halaman

Ilustrasi Memarut © Diadona

5. Bersihkan Parut Keju dengan Lemon
Kamu hanya perlu setengah lemon untuk membersihkannya. Kemudian bilas dengan air hangat dan rasakan alat parut seperti baru dibeli.

6 dari 8 halaman

llustrasi Membersihkan © Diadona

6. Gunakan Garam
Buat kamu yang suka menggunakan oven untuk memanggang dan ada tumpahan-tumpahan tidak terhindarkan, bisa menggunakan garam saat oven masih panas. Tunggu beberapa menit dan garam akan berubah menjadi abu. Saat itulah kamu bisa menghapus tumpahan di oven.

7 dari 8 halaman

Ilustrasi Jeruk Lemon © Diadona

7. Lemon Untuk Bersihkan Blender
Ambil satu sampai dua potong blender, lalu bekukan sebelum diiris. MAsukkan wedges dan nyalakan blender selama 1 sampai 3 menit. Cuci dengan air dan pisah blender akan mengkilap tajam selain bersih.

8 dari 8 halaman

Ilustrasi Alumunium © Diadona

8. Aluminium Foil dan Cuka Apel Untuk Hilangkan Noda
Dalam wajan yang kering, tuangkan cuka sari apel dan gosokkan baguan dalam dengan sepotong kertas aluminium. Setelah kamu gosok beberapa kali akan tampak warna hitam lantaran reaksi kimianya. Cuci dengan air dan sabun pencuci piring lalu akan kamu dapatkan panci seperti baru dibeli.

Sekarang kamu nggak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan dan merapikan dapurmu. Selamat mencoba!

Beri Komentar