7 Cara Menabung Paling Pas Untuk Wujudkan Resolusi Keuanganmu

Reporter : Nasa
Rabu, 29 Januari 2020 12:16
7 Cara Menabung Paling Pas Untuk Wujudkan Resolusi Keuanganmu
Sampai sekarang kamu masih belum bisa merancang rencana keuangan? Masih belum bisa nabung dan selalu bingung di tanggal tua? Coba deh lakuin 7 cara menabung paling pas ini.

Persoalan keuangan adalah hal lazim yang dialami oleh semua orang. Nggak bisa dipungkiri ya, mengatur keuangan bukanlah suatu hal yang mudah. Mengingat kebutuhan kita semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman.

Umumnya, seseorang mengalami kesulitan untuk membangun perncanaan keuangan jangka panjang. Mereka lebih terlena untuk mengalokasikan uang mereka secara real time. Baik untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui tagihan dan cicilan, atau malah untuk kebiasaan bersenang-senang.

Dikutip dari laman Woman'sday (29/1) ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menabung dengan tepat, agar resolusi keuanganmu bisa terwujud. Sehingga kamu bisa merasa aman dan nyaman karena memiliki sirkulasi keuangan yang sehat.

1 dari 7 halaman

1. Buatlah Tujuan Spesifik, Kecil, dan Terukur

Ilustrasi administrasi © Diadona

Kamu mungkin berpikir untuk membuat rencana keuangan yang besar dan akan memberikan dampak signifikan. Well itu boleh saja kamu lakukan, tapi jika kamu masih dalam tahapan pemula dalam perencanaan keuangan, sebaiknya kau tunda dulu rencana tersebut.

Sebaiknya kamu justru membuat perencanaan keuangan kecil terlebih dahulu, namun spesifik dan terukur. Nah, baru kemudian perencanaan keuangan yang kecil akan semakin memotivasi kamu untuk melenggang ke tahap perencanaan keuangan yang lebih besar.

2 dari 7 halaman

2. Fokus Untuk Menyisihkan Tabungan

Ilustrasi menabung © Diadona

Sejauh ini kalian pernah nggak sih menantang diri kalian untuk menyisihkan uang lebih banyak untuk masa depan? Ternyata penting banget loh untuk menantang diri sendiri dalam melakukan hal tersebut. Karena jika kalian sudah terbiasa dalam menghadapi tantangan tersebut maka kalian akan terbiasa dengan tantangan keuangan selanjutnya.

Misalnya nih, kamu menabung sekian dalam satu bulan. Kemudian bulan berikutnya kamu masih menabung pada nominal yang sama. Nah, pada bulan ketika kamu harus berani untuk menabung dengan nominal yang lebih besar, dan mengatur keuanganmu agar bisa disesuaikan.

3 dari 7 halaman

3. Lacak Pengeluaran Keuanganmu

Ilustrasi perempuan menulis © Diadona

Poin ini adalah hal sederhana namun paling sulit untuk diwujudkan. Karena membutuhkan waktu setiap harinya untuk mengingat penggunaan uang yang setiap saat kita gunakan. Apalagi jika kalian bukan tipe orang teliti, pasti melakukan hal ini akan sangat sulit.

Tapi kalian harus berani untuk mengumpulkan niat, guna melacak pengeluaran keseharian kalian. Percaya atau nggak, dengan melacak pengeluaran keseharian, kamu menjadi bisa lebih selektif untuk mengeluarkan uang dalam jangka panjang.

4 dari 7 halaman

4. Usahakan Menggunakan Uang Tunai

Ilustrasi menabung © Diadona


Well, kalau ada yang bilang bahwa uang tunai lebih cepat habis, maka kalian harus menjauhi mindset tersebut. Karena dengan menggunakan uang tunai kamu justru lebih bisa fokus untuk tidak melakukan pengeluaran diluar rencananmu.

Kalian pasti tahu, kalau belakangan ini banyak banget fasilitas e-money yang memudahkan konsumen untuk membelanjakan uang mereka tanpa menggunakan uang tunai. Dengan kemudahan tersebut kamu mungkin akan kesulitan untuk mengendalikan hasratmu untuk membelanjakan uangmu.

5 dari 7 halaman

5. Cari Rekan yang Memiliki Resolusi Sama

Ilustrasi berteman © Diadona


Katanya lingkup pertemanan kita akan berpengaruh langsung pada kualitas personal kita. Nah mungkin ungkapan tersebut harus kamu lakukan juga untuk mewujudkan resolusi keuanganmu. Nggak mungkin dong rencanamu bisa terwujud kalau kamu tetep bergaul sama mereka yang suka hedon.

Makanya kamu harus pertimbangkan untuk memiliki rekan yang punya visi misi sama untuk resolusi keuangan yang lebih baik. Well sebaiknya kamu harus memulainya secepat mungkin nih, karena kebiasaan buruk keuangan akan sulit diubah jika lingkunganmu tidak mendukung.

6 dari 7 halaman

6. Bangun Konstruksi Pikiran, Bahwa Uang Sangat Berharga

Ilustrasi transaksi © Diadona


Pernah nggak sih pas lagi ada barang yang kamu senangi kemudian ada yang bilang " Sudah beli aja, uang bisa dicari" . Well, kamu harus segera buang jauh-jauh sudut pandang tersebut. Karena untuk mewujudkan resolusi keuangan yang baik, kamu harus menerapkan sudut pandang bahwa uang sangat bergarga.

Kamu harus ingat bagaimana jerih payah kamu untuk mendapatkan uang tersebut. Sehingga kamu bisa semakin berhati-hati, atau bisa dengan bijak dalam mengalokasikan uang yang telah kamu dapatkan.

7 dari 7 halaman

7. Jangan Ragu Untuk Meminta Tolong Kepada Orang Lain

Ilustrasi Uang © Diadona


Poin yang terakhir dan krusial adalah jangan ragu untuk meminta tolong orang lain dalam membantu resolusi keuanganmu. Kalau kamu memang merasa benar-benar mengalami kesulitan untuk melakukan untuk mengontrol keuanganmu, maka kamu harus banget untuk meminta tolong pada orang terdekatmu.

Bisa orang tua, sahabat, atau pacar. Minta mereka untuk secara ketat mengingatkanmu untuk bisa mengendalikan keuangan dengan baik. Tapi kamu harus ingat, bahwa kamu nggak bisa terus bergantung pada mereka dalam jangka panjang. Jadi kamu harus bisa membuat dirimu siap untuk rencana keuangan jangka panjang.

Nah itu dia cara menabung yang tepat untuk wujudkan resolusi keuanganmu. Perhatikan satu per satu caranya ya, sesuaikan dengan gaya hidupmu sekarang. Jangan sampai dikemudian hari kamu menyesal hanya karena tidak terbiasa mengatur keuangan dengan baik.

Beri Komentar