5 Skill Bersosial yang Harus Diajarkan Kepada Anak

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 29 Januari 2020 16:32
5 Skill Bersosial yang Harus Diajarkan Kepada Anak
Apa nggak kasihan kalu anak-anak kesayangmu tidak bisa bergaul?

Mengukur kemampuan anak tidak hanya bisa dilakukan dengan melihat kepintarannya saja. Ada aspek lain yang juga harus diperhatikan, aspek ketrampilan bersosial misalnya. Seperti kemampuan menjadi pendengar yang baik, berbagi ke sesama, menghargai ke sesama dan lainnya. Kemampuan bersosial yang baik akan membuat anak bisa menikmati pertemanan dengan teman-teman sebayanya.

Dilansir dari www.verywellfamily.com, kemampuan bersosial dengan sesama tidak datang begitu saja. kemampuan-kemapuan itu harus diajarkan dan dipraktikkan. Tidak ada kata terlalu awal untuk mengajarkan anak-anak bagaimana cara bergaul yang baik dengan sesama. Juga, tidak ada kata terlambat untuk mengasah kemampuan-kemampuan mereka untuk hidup dengan sesama. Ini dia beberapa skill bersosial yang harus kamu ajarkan ke anak-anak.

1 dari 5 halaman

1. Kemampuan Bekerjasama

Bekerjasama merupakan kemampuan dasar untuk mencapai sebuah tujuan bersama yang sudah ditargetkan. Skill bekerjasama meliputi kemampuan berkontribusi, berpartisipasi, dan juga memberi bantuan. Bagi anak-anak skill kerjasama yang bagus sangat dibutuhkan untuk bisa berbaur dengan gerup sebayanya. Seperti contoh, anak harus diajarkan bekerja sama dengan teman-teman di kelasnya.

Lalu, bagaimana cara mempraktikannya? Cara sederhana yang bisa mengasah kemampuan anak untuk bekerjasama bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari keluarga. Contohnya, ketika memasak, kamu bisa memberikan tugas khusu untuk anak-anak yang mana ketika anak tersebut tidak mengerjakan bagiannya maka masakan tidak bisa dihidangkan.

2 dari 5 halaman

2. Kemampuan Berbagi

Kerelaan untuk berbagi jajan ataupun mainan dengan teman di sekelilingnya akan membantu anak-anak bisa berteman baik dengan sekitarnya. Cara untuk mengajarkan kemampuan ini bisa dilakukan dengan menuruh anak untuk berbagi snack ke saudara atau adiknya. Kamu bisa berbicara ke anak-anak bahwa karena mau berbagi dengan sesama, orang-orang di sekitarnya pasti senang.

3 dari 5 halaman

3. Kemampuan mendengar

Kemampuan mendengar tidak bebrati harus diam dan tidak berbicara. Esensi dari kemampuan ini adalah mampu memahami tentang apa yang dikatan oleh lawan berbicara. Di dalam hal akademik kemampuan mendengrakan ini juga sangat dibutuhkan. Adalah hal yang sangat penting untuk bisa membuat anak-anak menjadi seorang pendengar yang bagus untuk teman-temannya, gurunya, dan semua orang di dekatnya.

Untuk mempraktikkan hal ini cukup mudah, secara berkala berikan pertanyaan kepada anak-anak ketika mereka sedang membaca buku. Tanyakan pada mereka apa yang mereka dapat dari buku tersebut. Bantulan mereka jika ada beberapa poin yang terlewatkan, dan juga biasakan anak untuk tidak menginterupsi orang yang sedang berbicara.

Ilustrasi Skill Bersosial © Diadona

4 dari 5 halaman

4. Menghargai Pendapat

Beberapa anak ada yang suka berbicara dan mencela teman-temanya tanpa melihat kondisi dari teman-temannya tersebut. Menjadi hal yang penting untuk mengajari anak untuk selalu menghargai orang lain sejak dini. Cara sederhana yang bisa kamu praktikkan adalah dengan membuat peraturan dalam rumah seperti harus mengetuk pintu ketika pintu masih tertutup.

5 dari 5 halaman

5. Bertata Krama

Sangat penting untuk mengajarkan anak sopan santun dan bersikap menghargaiketika mereka ada di sekolah ataupun di rumah orang lain. Tentu saja mengajarkan sopan santun terhadap anak bukan sebuah pekerjaan sepele, tapi hal ini harus diajarkan kepada anak sejak masih usia belia. Cara sederhana bisa dilakukan dengan membiasan mereka berterima kasih setelah meminta tolong kepada teman-temannya.

Kemampuan bersosial bukanlah hal yang dimiliki atau tidak dimiliki oleh anak. Melainkan sebuah serangkaian ketrampilan yang harus diajarakan seiring mereka tumbuh dewasa.

Jika ada ketrampilan bersosial lain yang bisa diajarkan, kamu bisa tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar