5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua untuk Membantu Anak Mengatasi Depresi

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 26 Desember 2019 12:55
5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua untuk Membantu Anak Mengatasi Depresi
Depresi enggak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga bisa terjadi pada anak-anak. Sebagai orang tua, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu buah hati mengatasi depresi.

Depresi mungkin menjadi salah satu mental illness yang kerap terjadi di sekitar kita. Ternyata, enggak hanya terjadi pada orang dewasa, depresi juga bisa terjadi pada anak-anak. Sebagai orang tua, mengenali dan membantu anak melewati masa sulit ini sangatlah penting.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu anak dalam mengatasi depresi? Seperti yang dilansir dari lifehack.org (11/12), ini dia 5 cara yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua jika si kecil mengalami depresi.

1 dari 5 halaman

Ajak Anak untuk Membicarakan tentang Masalahnya

Berbicara bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi beban. Nah, kamu juga bisa menerapkan hal ini pada anak. Sebelum memulainya, pastikan anak dalam keadaan relax dan tidak tertekan. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan yakni dengan menciptakan suasana yang mendukung agar anak merasa relax untuk bercerita.

Saat anak merasa relax dan terbuka, akan lebih mudah baginya untuk bercerita. Saat itulah kamu bisa menanyakan tentang masalah yang sedang ia hadapi. Pastikan juga kamu tidak menghakimi apapun yang dikatakannya ya.

2 dari 5 halaman

Bantu Anak Mengurangi Stress

Seperti halnya orang dewasa, anak yang mengalami depresi cenderung akan sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Sebagai orang tua, kamu bisa membantunya dengan mengurangi aktivitas yang sekiranya dapat memberikan beban mental pada anak. Selain itu, mencari tahu cara mengatasinya merupakan hal yang terpenting.

3 dari 5 halaman

Jadilah Sosok Pendukung dan Penyemangat Bagi Anak

Ilustrasi orang tua yang memberikan dukungan pada anak © Diadona

Dukungan orang tua sangatlah berarti bagi anak terutama dalam masa-masa yang sulit seperti depresi. Tunjukkan betapa kamu mencintai dan mendukungnya. Selain itu, juga selalu tunjukkan perilaku yang positif di depan anak sehingga anak akan melihat sisi yang positif. Hal ini juga dapat mengurangi beban emosinya.

4 dari 5 halaman

Ciptakan Suasana Rumah yang Positif

Rumah adalah tempat yang diharapkan bisa membuat rasa aman dan nyaman bagi anak yang sedang mengalami depresi, baik secara mental maupun fisik. Karena itu, menciptakan suasana rumah sepositif mungkin sangatlah penting. Buatlah rumah sebagai tempat yang enggak menimbulkan beban emosi maupun fisik bagi anak. Hindari menciptakan suasana yang tidak menyenangkan seperti mengeluarkan kata-kata yang kasar atau membuat keributan.

5 dari 5 halaman

Bantu Anak untuk Melihat Sisi Positif dari Suatu Keadaan

Terakhir, kamu bisa menunjukkan sisi positif dari berbagai keadaan yang terjadi pada anak. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengatakan hal-hal positif pada anak. Selain itu, tahan dirimu untuk mengatakan hal-hal yang negatif karena itu juga dapat mempengaruhi emosi buah hati.

Jadi, begitulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua untuk mengatasi depresi pada anak. Semoga membantu, ya.

Beri Komentar