4 Tips Merapikan Kamarmu ala Marie Kondo

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 28 Desember 2019 11:12
4 Tips Merapikan Kamarmu ala Marie Kondo
Trik membereskan rumah ala Marie Kondo sempat viral beberapa saat yang lalu. Memang seperti apa, sih?

Kamar yang berantakan memang sering bikin mood ikut berantakan ya. Belum lagi tumpukan barang-barang tak terpakai yang bikin kamar kamu terasa penuh dan sesak. Kamu sedang terburu-buru mencari sesuatu, tapi barang tersebut malah terselip entah di mana. Aduh, bikin makin emosi jiwa.

Kalau sudah begitu, nggak ada salahnya kamu mencoba tips beberes kamar sendiri ala Marie Kondo. Tips beberes ala wanita Jepang ini terkenal banget bahkan bukunya nongkrong di #1 New York Times best seller. Nggak repot kok kalau mau coba merapikan kamar dengan metode  ini, yang penting konsisten!

1 dari 4 halaman

Selalu Merapikan Tempat Tidur Setiap Pagi

Rutinitas ini wajib dilakuin, nggak boleh skip! Kenapa? Menurut penelitian dari National Sleep Foundation menyebut ada hubungan serius antara kondisi kamar dan kualitas tidur. Mereka yang merapikan tempat tidurnya setiap pagi, merasa tidur malamnya lebih nyenyak sebesar 19 persen. Lagipula nih, seluruh ruang kamu bakalan terlihat kurang rapi kalau tempat tidur kamu masih berantakan, begitu juga sebaliknya.

2 dari 4 halaman

Susun Barang Berdasarkan Warna

Untuk barang-barang yang punya warna, Marie Kondo menyarankan untuk menatanya berdasarkan warna. Selain lebih enak dilihat, kamu juga akan lebih gampang mencari barang yang kamu butuhkan. Tinggal inget aja deh barang yang kamu cari warna apa. Siapa tahu warna-warna tersebut malah bisa menginpirasi kamu buat menata kamar dalam satu tone warna biar keliatan makin cantik.

3 dari 4 halaman

Singkirkan Barang yang Sudah Nggak Terpakai

Kayaknya tips ini sudah jadi tips dasar dalam merapikan rumah yah, sekaligus jadi yang paling berat karena kadang kita merasa sayang buat buang barang-barang tersebut. Bisa karena dulu belinya dengan harga yang mahal, punya banyak kenangan, atau merasa barang tersebut akan suatu saat terpakai.

Triknya adalah, tanya sama diri kamu sendiri : Apa dengan kamu punya barang-barang tersebut, bikin hidup kamu lebih bahagia? Kalau bahkan kamu udah lupa pernah punya benda itu, lebih baik kamu singkirkan deh. Bisa kamu buang atau donasikan kalau masih dalama kondisi layak pakai.
Trik itu juga berlaku tiap kamu pengen membeli barang yang baru. Hanya sekedar ingin atau memang benar-benar butuh?

4 dari 4 halaman

Melipat Baju ala Marie Kondo

Alih-alih melipat baju dengan cara konvensional, kamu bisa mencoba melipatnya secara vertikal ala Marie Kondo. Usahakan juga untuk meletakkannya di dalam laci, bukan di rak susun. Lipatan tersebut bikin baju-baju kamu lebih gampang terlihat di lemari laci, plus nggak bikin berantakan karena kamu nggak perlu menariknya dari tumpukan.

Nggak susah kan? Nah, apakah kamu juga punya tips membereskan kamar tidur ala kamu sendiri?

Beri Komentar