4 Kebiasaan Ibu Hamil yang Bisa Membahayakan Janin

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 17 Januari 2020 08:00
4 Kebiasaan Ibu Hamil yang Bisa Membahayakan Janin
Beberapa kebiasaan ini sering dilakukan oleh ibu hamil tanpa tau pengaruhnya bagi janin.

Kehamilan merupakan pengalaman yang diimpikan setiap wanita. Banyak wanita yang bahkan menganggap bahwa kehamilan dapat membuatnya merasa lebih sempurna. Meskipun kehamilan merupakan suatu pengalaman yang membahagiakan, namun kesulitan di dalamnya tentunya tidak bisa dihindari. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa banyak wanita yang mengalami depresi di masa kehamilan.

Dilansir dari Bright Side, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa depresi dan rasa cemas berlebihan yang dialami wanita hamil dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan yang kurang. Selain itu, kebiasaan yang dilakukan ibu hamil juga dapat mempengaruhi hal tersebut. Untuk melakukan pencegahan, berikut beberapa kebiasaan ibu hamil yang sebaiknya tidak dilakukan.

1 dari 4 halaman

Bertengkar dan berteriak

ilustrasi ibu hamil marah © Diadona

Bertengkar bisa menyebabkan kecemasan dan depresi pada ibu hamil. Hal itu tentunya bisa membahayakan janin dalam kandunganmu. Ternyata bertengkar dengan orang lain bisa memberikan pengaruh pada kesehatan bayi, terutama pada sistem kekebalan dan otak bayi. Selain itu berteriak dapat menyebabkan ibu hamil mengalami mual, sakit kepala, dan masalah tidur.

2 dari 4 halaman

Terlalu banyak mengonsumsi gula

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi gula dalam jumlah banyak selama masa kehamilan akan memberikan dampak tersendiri pada anak mereka. Melakukannya dapat membuat anak memiliki masalah dalam mengingat dan belajar. Sebaiknya kamu lebih banyak mengonsumsi buah-buahan segar dan mengurangi konsumsi makanan manis dan minuman bersoda.

3 dari 4 halaman

Mood swing

Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Saat Ibu Hamil Demam © Diadona

Mood swing selama masa kehamilan adalah hal yang biasa dialami oleh setiap ibu hamil. Awalnya kamu akan merasa sangat bersemangat, namun beberapa saat kemudian kamu merasa sangat stres dan kewalahan. Perubahan ini bisa dipengaruhi oleh metabolisme wanita atau hormon-hormon yang memberikan pengaruh pada otak dan suasana hati. Untuk itu sebaiknya kamu mulai menjaga emosimu dengan melakukan kegiatan yang bisa membuat mood menjadi lebih baik. Kamu bisa jalan-jalan, pergi ke bioskop, atau memastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk tidur.

4 dari 4 halaman

Menangis

ilustrasi wanita menangis © Diadona

Menangis pada masa kehamilan adalah hal yang normal karena ibu hamil kebanyakan memiliki perasaan yang lebih sensitif dari biasanya. Namun kamu harus segera konsultasi dengan dokter saat kamu terus menangis selama 2 minggu lebih. Jika kamu menangis dan itu membuatmu kehilangan nafsu makan, merasa bersalah, terlalu banyak tidur, dan kehilangan semangat untuk beratifitas, maka kamu harus segera memeriksakannya.

Beri Komentar