32 Cara Memperbanyak ASI yang sudah Kering secara Alami setelah Melahirkan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 15 Januari 2020 17:33
32 Cara Memperbanyak ASI yang sudah Kering secara Alami setelah Melahirkan
Kalau kamu termasuk ibu-ibu yang khawatir pada produksi ASI untuk sang bayi, tenang saja, kamu nggak sendirian kok.

Fase menyusui bagi ibu baru bisa jadi fase paling bikin stress. Adaptasi dengan peran baru, ditambah dengan rasa khawatir karena supply ASI yang tidak melimpah untuk tumbuh kembang sang bayi. Berbeda dengan susu formula yang mana bisa diatur jumlahnya dan mencukupinya sesuai dengan kebutuhan bayi. Pada ASI,

Yang unik, jumlah ASi di dalam payudara ibu berdasarkan pada hukum tawar menawar. Semakin banyak jumlah yang dikonsumsi bayi, semakin banyak ibu menyusui maka tubuh akan memberikan perintah untuk terus memproduksi ASI.

 

1 dari 4 halaman

Cara Memperbanyak ASI yang Sudah Kering

ilustrasi bayi © Diadona

Proses menyusui kembali bisa saja terjadi pada kasus tertentu. Misalnya, saat kamu memutuskan untuk tidak lagi menyapih buah hati, atau kembali menyusui setelah sebelumnya menyerah akibat persediaan ASI yang kurang memadai. Hal ini terjadi dengan melibatkan dua hal, yakni membuat persedian ASI kembali, atau membuat bayi mau menyusu lagi.

Memompa Payudara

Selama proses menyusui, ada dua hormone yang berperan penting yakni oksitosin dan prolactin yang berasal dari kelenjar hipofisis. Memompa payudara kosong secara teratur bisa mengembalikan persediaan susu dengan merangsang produksi prolaktin. Akan lebih efektif lagi kalau bayi menempel pada payudara untuk menyusu. Stimulasi puting dan kontak kulit-ke-kulit dengan bayi Anda juga menghasilkan oksitosin.

Konsultasi ke Ahli

Nggak ada salahnya mencari bantuan dari tenaga ahli untuk mengidentifikasi masalah laktasi kamu. Setelah menemukan penbyebab masalahnya, segera cari solusi agar produksi ASI bisa melimpah.

2 dari 4 halaman

Cara Memperbanyak ASI secara Alami

Ilustrasi Sayuran © Diadona

Selama masa menyusui, kamu harus memperhatikan kecukupan nutrisi yang kamu konsumsi asupan nutrisi. Ini nggak cuman berpengaruh pada jumlah dan kualitas ASI, tapi juga gimana proses pemulihan kamu dari fase melahirkan. Beberapa makanan yang nggak boleh absen dari menu harian kamu sebagai cara memperbanyak ASI, diantaranya:

Sayuran Hijau

Bayam, kangkong, dan sawi adalah sumber mineral yang bagus seperti zat besi, kalsium, dan folat. Sayuran ini memiliki banyak vitamin dan dianggap membantu meningkatkan produksi ASI

Biji Jintan

Rasanya emmang pahit dan kerap dijadikan bahan dalam pembuatan jamu. Dengan kandunga nvitamin dan kalsiumnya, jintan juga dikenal membantu pencernaan, meringankan sembelit, perut kembung dan membantu produksi ASI. Untuk memnggunakan jintan sebagia cara memperbanyak ASI, biji ini dalam sebagai campuran salad atau rendam dalam air semalaman, dan minum airnya.

Wijen

Kalau berbicara masalah cara memperbanyak ASI, maka kamu nggak boleh melupakan peran biji wijen. Wijen adalah sumber kalsium non-susu yang hebat yang nggak cuman bisa meningkatkan produksi ASI tapi juga yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi.

Oatmeal

Oatmeal punya kandungan  beragam nutrisi seperti fotokimia, beta-glukan, dan protein. Serat, hingga karbohidrat kompleks pada oatmeal akan membuat perut kenyang lebih lama. Para ahli juga menyarankan konsumsi oatmal pada ibu menyusui untuk meningkatakn produksi ASI,

Pepaya Mentah

Buah papaya mentah dikenal sebagai galactagog di berbagai negara di Asia. Apa sih galactagog itu? Yakni makann yang dipercaya bisa sebagai cara memperbanyak ASi pada ibu. Selain untuk ASI booster, papaya muda juga bisa punya efek rileks dan menenangkan bagi yang mengkonsumsinya.

Wortel

Selain bisa memberikan dorongan untuk menyusui, kandungan vitamin A pada wortel baik untuk kualitas produksi susu.

Nasi Merah

Nggak cuman buat diet, nasi merah disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui karena diyakini dapat merangsang hormone yang bertanggung jawab pada produksi ASI

Salmon

Salmon kaya dengan kandungan asam lemak omega-3 yang disebut dapat menjadi cara memperbanyak ASi, sekaligus meningkatkan nutrisinya.

Pare

Meskipun rasanya pahit, pare bisa menjadi cara memperbanyak ASI. Rasanya memang pahit, tapi punya kadar air yang tinggi sehingga membuat ibu tetap terhidrasi

Daun kelor

Nggak cuman sekedar mitos, daun kelor telah melalui berbagai penelitian ilmiah untuk membuktikan keefektifannya sebagai cara memperbanyak ASI secara alami. Selain untuk pasokan ASI, mereka yang mengkonsumsi daun kelor juga mengaku punya lebih banyak energi dan system kekebalan tubuh yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Cara Memperbanyak ASI sebelum Melahirkan

Benarkah Ibu Menyusui di Larang Minum Kopi? © Diadona

Persediaan susu jadi hal yang paling sering dipusingkan oleh calon ibu. Sayangnya, hal ini nggak bisa diketahui sebelum benar-benar saaatnya melahirkan. Terlepas dari itu, penting untuk kamu mengetahui cara memperbanyak ASI.

Ketahui Posisi Menyusui yang Benar

Perlekatan putting bayi pada puting ternyata tidak dilakukan dengan sembarangan. Sedangkan posisi yang salah justru bisa bikin puting terasa sakit, bayi dan ibu yang tidak nyaman serta ASI tidak bisa keluar dnegan optimal. Kamu bisa mencari informasi mengenai posisi menyusui dari blog parenting atau kelas-kelas kehamilan.

Mengenali Nyeri Saat Menyusui

Nggak menyangka kan kalau ternyata proses menyusui sangat menyakitkan? Nyeri menyusui biasanya terjadi di sepuluh detik pertama mulut bayi melekat pada putting, atau terjadi karena salah posisi menyusui. Beberapa ahli mengibaratkan rasa nyeri ini setara dengan rasa sakit ketika kaki terjepit.

Dengan mengetahui nyeri ini dan mempersipaknnya, maka mental kamu tidak akan mudah patah, lebih bisa mengorganisir stress dan tidak akan menggangu pasokan ASI.

 Siapkan Mental untuk Menyusui

Menyusui bukanlah fase yang mudah. Untuk itu, kamu harus mencari banyak supporter yang akan terus menyemangatimu kalau saja produksi ASI kamu tidak banyak, seklaigus membantu dalam cara memperbanyak ASI.

Ikuti Kelas Menyusui

Pengetahuan tentang ASI dan menyusui harusnya kamu dapatkan saat masih hamil, bukan saat bayi sudah menangis kelaparan. Untuk itu, jangan ragu untuk mencari tahu semua informasi tentang menyusui, salhs atunya dari mengikuti kelas.

 

4 dari 4 halaman

Cara Memperbanyak ASI setelah Melahirkan

ilustrasi menyusui © Diadona

ASI yang seret nggak jarang bikin ibu muda merasa patah arang. Dengan banyak manfaat di ASI, kurangnya konsumsi ASI pada bayi merujuk pada kurangnya nutrisi yang akan bayi dapatkan. Nggak perlu risau dulu, yuk simak ulasan tentang bagaimana sih cara memperbanyak ASI.

Terus Menyusui

Di beberapa minggu pertama setelah bayi lahir, kamu harus menyusui setiap dua sampai tiga jamn. Kalau bayi tidur lebih dari 3.5 jam dari waktu menyusui terakhir, maka mau nggak mau kamu harus membangunkannya untuk menyusui.

Bahkan kalau kamu punya anak yang lebih besar dan masih dalam fase menyusui, bukan berarti kamu harus menghentikan kegiatan menyusui untuk si sulung. Justru dengan menyusui maka pasokan ASI akan meningkat dan bisa kamu gunakan sebagai cara memperbanyak ASI secara alami.

Perhatikan Pelekatan Bayi dengan Puting

Tanpa perlekatan yang baik, bayi kamu nggak bakalan bisa menyusui dengan benar. Akibatnya, bayi nggak bisa mendapatkan ASI dari payudara, lalu produksi ASI akan menurun. Tapi saat perlekatan antara bayi dengan bayudara terjadi dengan baik maka akan merangsang tubuh kamu untuk mengeluarkan ASI lebih banyak.

Pemijatan Payudara

Pemijatan payudara sudah dikenal sejak dulu sebagai cara memperbanyak ASI karena merangsang kelenjar-kelenjar air susu. Ditambah, pemijatan bisa mengurangi resiko penyumbatan dan rasa sakit akibat pembengkakan payudara.

Makan yang Bergizi

Kegiatan menyusui membutuhkan banyak energi. Dan untuk memproduksi serta menjaga pasokan ASI tetap cukup, maka seimbangkan dengan makanan yang sehat dan gizi seimbang. Bila perlu, sertakan juga camilan sehat sebagai cara memperbanyak ASI.

Pompa ASI

Menggunakan pompa payudara bisa menjadi cara memperbanyak ASI karena bisa sebagai bentuk rangsangan. Stimulasi ini akan memberi tahu tubuh kamu kalau kamu membutuhkan lebih banyak ASI, sehingga produksi ASI akan meningkat.

Menyusui Setiap 2-3 Jam

Menyusui dengan teratur bisa untuk merangsang produksi ASI, terutama bagi bayi baru lahir. Bayi biasanya akan menyusui setiap 3 jam. Jadi, bila bayi masih tidur dalam waktu tersebut, usahakan untuk membuat bayi bangun dan menyusui.

Biarkan Bayi Menyusu Selama Mungkin

Bayi yang baru lahir biasanya akan menyusu paling singkat selama 10 menit di setiap sisi payudara. Kalau dia tertidur, maka bangunkan dengan lembut. Usahakan dia menyusu selama mungkin.

Hindarkan Penggunaan Dot

Kalau kamu menggunakan dot di awal masa menyusui, akan ada kemungkinan bayi akan bingung untuk mengenali puting ibu. Bukan nggak mungkin bayi akan lebih memilih menyusu dari dot karena aliran yang lebih deras dibanding dengan menyusui dari ibu. Akibatnya, pasokan ASI ibu aklan berkurang karena proses menyusui juga berkurang.

Menyusui dari Kedua Payudara

Cara memperbanyak ASI bisa kamu lakukan dengan menyusui dari kedua payudara untuk  membangun persediaan ASI yang lebih kuat. Kalau kamu cenderung menyusui dari satu sisi saja, maka hanya satu payudara tyersebut yang akan menghasilkan lebih banyak susu dan jadi lebih besar daripada yang lainnya.

Usahakan Bayi Tetap Terjaga Selagi Menyusui

Selama minggu pertama bayi lahir, dia akan lebih banyak mengantuk dan lebih banyak tidur. Taqpi jaga dia tetap terbangun nggak cuman tiap tiga jam untuk menyusui, namun juga selama proses menyusui tersebut.  Dengan tetap terbangun, maka bayi akan secar aktif mengisap ASI.

Skin to Skin

Metode ini awalnya digunakan sebagai perawatan bagi bayi premature, namun ternyata punya manfaat juga bagi bayi yang lahir cukup umur. Dengan skin to skin, bayi digendong hanya dengan menggunakan topi dan popok dan diletakkan pada dada ibu yang terbuka dan ditutupi dengan selimut. Hasil penelitian menunjukkan, kontak langsung dari kulit ke kulit dapat menurunkan stres bayi, meningkatkan pernapasan sekaligus mengatur suhu tubuhnya.

Skin-to-skin juga mendorong ikatan antara ibu dan bayi, dan itu bagus untuk menyusui. Studi menunjukkan kalua perawatan ini dapat mendorong bayi untuk menyusui lebih lama, dan akhirnya bisa menjadi cara memperbanyak ASI bagi ibu.

Banyak Istirahat

Ictirahat yang cukup sepertinya jadi hal yang nggak mungkin untuk ibu baru. Tapi, kamu bisa menyiasatinya dengan ikut tidur saat bayi tertidur, dan mengurangi kegiatan yang bisa kamu delegasikan kepada orang lain.

Jaga Asupan Cairan Tubuh

Karena ASI terdiri dari 90 persen cairan, jadi jangan lupa minum cukup cairan setiap hari. Minum sekitar 6 hingga 8 gelas air atau cairan sehat lainnya seperti susu, jus, atau teh

Konsumsi ASI Booster

Untuk kamu yang memang memiliki sedikit supply ASI, mungkin konsumsi ASI booster bisa menjaid cara memperbanyak ASI kamu. Namun untuk melakukannya, kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter.

Percaya Diri

Selama kamu bisa memproduksi ASI dengan jumlah yang cuku, sering menyusui dan bayi kamu baik-baik saja, maka nggak ada yang perlu kamu khawatirkan. Jangan biarkan rasa takut menghantui kamu dan justru bikin kamu stress, yang bisa berakibat pada kurangnya produksi ASI.

Jaga Emosi

Proses menyusui memang melelahkan secara fisik dan emosional. Tapi, kamu harus ingat bahwa saat kamu stress, maka produksi ASI akan menurun karean guncangan hormon. Saat kamu mulai ada tanda-tanda stress, segera cari pertolongan dan bantuan.

Beri Komentar