13 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dan Menghilangkan Komedo dengan Cepat secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 7 Januari 2020 17:39
13 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dan Menghilangkan Komedo dengan Cepat secara Alami
Pori-pori wajah yang terlihat besar tidak bisa hilang sepenuhnya. Namun kabar baiknya, pori-pori bisa sedikit mengecil dan tersamarkan.

Jadi, apa sih yang disebut dengan pori-pori wajah? Pori-pori adalah sekumpulan titik kecil di permukaan wajah sebenarnya merupakan bukaan dari folikel rambut. Dalam masing-masing pori-pori ini terdapat kelenjar sebacus yang menghasilkan minyak di kulit.

Sayangnya, ukuran pori-pori bisa tergantung pada gen kamu. Debra Jalima, seorang dokter kulit di Ney York mengemukakan biasanya orang dengan gen kulit putih cenderubngf ounya pori-pori yang lebih kecil disbanding mereka yang punya gen kulit coklat atau zaitun.

Jenis kulit juga mengambil peran dalam ukuran pori-pori. Pori-pori wajah cenderung terlihat di kamu yang punya wajah berminyak, dibanding dengan pemilik kulit kering.

1 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Ilustrasi Wanita Cuci Muka © Diadona

Ukuran pori-pori di wajah tergantung beberapa faktor diantaranya genetika, jenis kulit, paparan matahari hingga usia. Terlepas dari ukurannya, pori-pori merupakan jalan nafas bagi kulit serta sebagai jalan penghubung antara bagian luar dan bagian dalam tubuh.

Meski punya peran penting, pori-pori yang membesar bikin wajahmu jadi terlihat aneh. Kamu pasti mengindamkan pori-pori yang hampir nggak terlihat layaknya kulit boneka. Meskipun mengecilkannya secara sempurna sepertinya nggak mungkin, mengurangi pori-pori yang besar masih bisa kamu lakukan dengan 12 cara berikut :

Membersihkan Wajah Setiap Hari

Menurut seorang dokter kulit, Paul Jarrod Frank, MD, membersihkan wajah secara teratur dan pengelupasan kulit secara berkala merupakan cara terbaik untuk menjaga pori-pori kulit agar tetap bersih. Sebuah cara mengecilkan pori-pori yang masuk akal, mengingat pori-pori yang bersih dari kotoran akan tidak akan mudah terlihat.

Namun menurut Frank seperti yang dilansir teenvogue (7/1),  hal ypertama yang harus diingat yakni kamu perlu membuka pori-pori tersebut terlebih dahulu untuk mengeluarkan semua yang terperangkap di dalamnbya. Caranya? “ Panas atau uap air adalah cara yang paling ampuh untuk ini. Jadi, oleskan washlap hangat ke wajah kamu sebelum membersihkan wajah,” ujarnya.

Kamu bisa membersihkan wajah di pagi maupunmalam hari. Namun diantara keduanya, pembersihan di malam hari jauh lebih penting. Tidur dengan wajah penuh kotoran sisa make up dan aktivitas bisa membuat wajah kamu berjerawat karena penumpukan kotoran.

Scrubing Wajah

Scrubbing wajah akan membantu pengelupasan kulit mati yang ada di permukaan dan menggantinya dengan sel-sel kulit baru yang sehat. Meskipun begitu, pilih produk dengan butiran scrub lembut untuk menghindar dari pengelupasan kasar dan berlebihan.

“ Alih-alih mengecilkan pori-pori, iritasi karena scrub bisa menyebabkan pembengkakan dan mebuat pori-pori jadi makin besar,” imbuh Frank.

Gunakan Primer dengan SPF

Sinar ultraviolet dan polusi akan menyebabkan radikal bebas memecah kolagen dan elastin di kulit kamu. Akibatnya, kulit akan jadi kurang kenccang dan pori-poori terlihat lebih besar. Makanya, jangan pernah absen menggunakan krim SPF dalam perawatan wajah rutin kamu.

Yang harus kamu ingat dalam cara mengecilkan pori-pori, jangan sampai menggunakan formula tabir surya yang mengkilap karena itu justru bikin pori-pori jadi terlihat lebih menonjol. Triknya, gunakan primer yang sudah mengandung SPF karena akan menghaluskan pori-pori sekaligus memberi perlindungan terhadap sinar matahari,

 Peeling Kimia

Karena peeling fisik kadang dianggap tentan terhadap itritasi kulit, maka kamu bisa menjatuhkan pilihan pada peeling kimia. Tinggal search aja dalam kolom pencarian, kamu bakalan menemukan produk yang sesuai untuk jenis dan kemampuan kantong kamu. Mengapa sih peeling itu penting dalam cara mengecilkan pori-pori?

Saat meregenerasi kulit, peeling juga akan mengencangkan pori-pori sekaligus mempercantik penampakannya seiring waktu. 

 

 

2 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Cepat

ilustrasi masker wajah © Diadona

Adanya kotoran yang terperangkap dalam pori-pori akan membuatnya terlihat besar dan terlihat. Sel kulit mati dan sebum yang ada di dalam pori-pori bisa merenggangkan ukurannya. Makanya, dalam cara mengecilkan pori-pori nantinya akn berfokus pada gimana sih memaksimalkan pembersihan pori-pori

Krim Retinoid

Retinoid merupakan salah satu jenis vitamin A yang sudah umum digunakan sebagai perawatan kulit sejak tahun 1970-an. Meskipun zat ini tidak selalu jadi jawaban untuk semua permasalahan kulit, namun penggunaannya sudah mendapat bukti untuk mengurangi penyebab jerawat, dan secara tidak langsung juga berkontribusi pada cara mengecilkan pori-pori.

Jadi, saat krim ini menyebar di kulit, maka retinoid akan membuka sumbatan yang ada di pori-pori dan memberikan jalan bagi produk perawatan lain untuk mengurangi jerawat.

Masker Tanah Liat

Masker tanah liat sudah jadi rahasia umum selama bertahun-tahun dala,m cara mengecilkan pori-pori. Bahan ini bekerja dengan cepat membuka pori-pori dengan menghilangkan semua minyak yang menumpul di dalamnya. Dikatakan oleh dr. Schultz, penumpukan minyak ini bisa membuat pori-pori kamu terlihat lima kali lebih besar. Sehingga, membersihkan kulit jadi ritual penting dalam cara mengecilkan pori-pori.

Kandungan serupa dari masker tanah liatini bis akamu temukan dalam berbagai produk yang telah mewabah di pasaran kok, jadi nggak usah repot-repot ke halaman belakang untuk bikin masker tanah liat, ya!

Gunakan Produk yang Mengandung Asam Glikolat

Asam glikolat disebut sebagai bahan terbaik dalam cara mengecilkan pori-pori di wajah karena dapat melarutkan sel mati, menyerap minyak, mengelupas kulit dan membuat pori-pori tetap bersih. Bahan tersebut sering dikombinasikan dengan asam laktat dan asam azelaic untuk membantu mengendalikan jerawat dan menjaga biar pori-pori kamu tidak tersumbat. Bahan tersebut diformulasikan dalam beberapa bentuk perawatan, missal sebagai krim wajah maupun toner.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dan Menghilangkan Komedo

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Seperti halnya jerawat, komedo muncul karena kombinasi minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang menumpuk di tersumbat di pori-pori. Lalu mengapa warnanya hitam dan putih? Warna putih karena komedo ini tertutup oleh lapisan sel kulit, sedangkan warna hitam muncul ketika kotoran ini teroksidasi oleh udara luar.

Plester Anti Komedo

Enath sekali atau beberapa kali mungkin kamu pernah mencoba cara mengecilkan pori-pori dengan produk yang satu ini. Nggak cuman praktis, plester anti komedo bisa jadi cara yang efektif menghalau komedo di hidung dengan cepat dan biaya terjangkau.

Ekstraksi Komedo

Kamu mungkin pernah mengalami ekstraksi koemdo saat facial di salon, yakni dengan memencet komed menggunakan alat tertentu dan dibantu dengan jari tangan. Kamu juga bsia kok melakukannya sendiri di rumah dengan alat berupa batang besi kecil dan lubang di ujungnya. Untuk hasil lebih maksimal, kamu harus membuka pori-pori wajah kamu dulu dengan mendekatkkanya pada uap panas.

Masker Putih Telur

Kalau kamu terlalu mager untuk ke took kosmetik membeli peralatanm ekstraski komedo, kamu bisa lho menggunakan putih telur dan lembaran tipis kertas tissue. Disampiakan oleh dermatologis Sejal Shah, MD, putih telur memiliki sifat astrigen dan pengelupasan yang baik untuk kulit. Selain iut, juga kaya akan protein, vitamin dan mineral. Cara mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo dengan putih telur bisa kamu lakukan dengan langakh berikut :

  • Bersihkan wajah
  • Usapkan putih telur ke hidung
  • Tempelkan satu lembar tissue ke area tersebut, lalu tutup lagi dengan cairan putih telur
  • Diamkan sampai mongering dan terasa keras
  • Secara perlahan, buka lapisan tissue. Kamu akan melihat komedo yang terikut menempel di sana.

4 dari 4 halaman

Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori

Ilustrasi Masker Wajah © Diadona

Masker Madu, Putih Telur dan Yougurt

Kombinas ketiga bahan tersebut bermanfaat untuk mengencangkan pori-pori. Terlebih ditambah dengan sifat madu sebagi antibakteri yang bisa sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat di kulit.

Sebelum menggunakan masker ini, dekatkan wjah kamu ke uap panas untuk kulit lebih lembut dan terhidrasi. Aplikasikan masker, selama menit, lalu bisllas hingga bersih.

Hindari Penggunaan Produk berbasis Minyak

Cara mengecilkan pori-pori yakni dengan menghindari penggunan krim berbasis minyak, termasuk minyak organic seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Komponen minyak menjadi pelaku utama untuk penyumbatan pori-pori, bahkan untuk kamu yang punya kulit wajah kering.

Minyak ini akan  bercampur dengan sel kulit mati yang ada di wajha kamu dan emmbuat pori-pori justru terlihat lebih besar. Untuk itu, pilih jenis produk yang berabahan dasar air.

Mengindari Make Up Shimmer

Make up shimmer atau kilap tidak bisa menjadi cara mengecilkan pori-pori, namun dapat menyamarkan keberadaannya. Dokter kulit Noelle Sherber, MD, mengatakan, riasan mengkilat justru akan menyorot langsung ke pori-pori wajah yang besar. Triknya, gunakan riasan ini terbatas hanya di area wajah yang punya pori-pori kecil seperti di atas tulang pipi, jembatan atas hidung, dahi, dan kelopak mata.

Beri Komentar