12 Cara Menebalkan Rambut Bayi yang Tipis secara Alami dengan Minyak Kemiri

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 9 Januari 2020 19:00
12 Cara Menebalkan Rambut Bayi yang Tipis secara Alami dengan Minyak Kemiri
Rambut tipis memang tidak selalu berujung pada kbotakan, tapi siapa sih yang nggak pengen rambut sehat dan terlihat tebal?

Kondisi rambut tipis sering dialami oleh banyak orang. Yang paling umum disebabkan karena kerontokan. Hal ini sering menimpa pada pria dan berujung pada kebotakan, tapi baik wanita juga sangat mungkin mengalami rambut tipis.

Penipisan rambut bisa dikarenakan penuaan alami, genetika, gizi buruk, salah penggunaan shampoo, sakit atau reaksi terhadap alergi. Cara menebalkan rambut yang akan Diadona ulas di bawah ini nggak boleh ajdi perawatan utama dna bikin kamu abai dengan kondisi yang menyebabkan rambut kamu tipis, seperti misalnya kekurangan nutrisi atau lainnya. Untuk kamu simak, berikut 12 ulasan cara menebalkan rambut yang bisa kamu coba di rumah. 

1 dari 4 halaman

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Ilustrasi Kuning Telur © Diadona

Telur

Dilansir dari medicalnewstoday, telur mengandung protein tinggi yang bagun untuk mmebaut rambut jadi kuat dan tebal. Cara menebalkan rambut dengan telur akan mendapatkan hasiol maksimal dengan perawatan yang rutin.

Untuk penggunananya, langkah yang harus kamu lakukan:

  • Kocok dua telur bersamaan
  • Oleskan ke kulit kepala dan rambut
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas hingga bersih

Percaya ngga kpercaya, santan mengandung lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, zat besi, dan tembaga. Bahan tersebut efektif sebagai cara menebalkan rambut sehingga rambut jadi tebal alami.

Minyak Zaitun

Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun diperoleh dari kandungan asam omega 3 dan nutrisi lain yang terkandung di dalamnya. Sejumlah penelitian menyebut minyak zaitun mendukukng popularitas minyak zaitun ini sebagai bahan kecantikan untuk rambut.

Minyak zaitun dapat melembutkan rambut, menguatkan rambut dengan menembus batang rambut dan menjaga kelembabannya. Efek yang terakhir ini kemungkinan disebabkan karena kandungan berupa asam oleat, asam palmitat dan squalene yang memang memiliki kualitas untuk melembutkan rambut. Kilau alami pasca perawatan didapat dari minyak yang menghaluskan kutikula rambut.

Jeruk

Pektin, vitamin C dan asam punya manfaat untuk rambut kamu dan termasuk dalam cara menebalkan rambut. Misalnya, vitamin dan nutrisi akan meningkatkan kilau alami rambut dan membuat rambut tampak lebih tebal.

Asam dalam jeruk membantu memecah residu yang tersisa dari produk rambut, dan mengganggu pertumbuhan rambut. Sebagai cara menebalkan rambut, ambil perasan jeruk lalu pijat lembut ke kulit kepala dan rambut kamu. Biarkan selama satu jam sebelum kemudian membilasnya sampai bersih.

Lidah Buaya

Mulai dari perawatan tubuh, kecantikan hingga kesehatan, gel lidah buaya seolah memberikan manfaat yang tidak terhitung. Bahkan keajaiban gel lidah buaya kini sudah hadir dalam bentuk komersial untuk sisi kepraktisan. Manfaatnya dalam cara menebalkan rambut bisa kamu rasakan dengan mengoleskannya langsung ke kulit kepala dan rambut.

2 dari 4 halaman

Cara Menebalkan Rambut Bayi yang Tipis

Ilustrasi Minyak Kemiri © Diadona

Kemiri bisa kamu dapat dengan mudah karena kegunaannya yang umum sebagai bahan dapur. Tapi nggak cuman sebagai bahan dalam masakan, minyak yang dihasilkan dari kemiri sudah dikenal luas manfaatnya untuk perawatan rambut, terutama sebagai cara menebalkan rambut dan membuatnya hitam alami.

Kemiri punya kandungan berupa saponin, flavonoid, polifenol, beberapa protein dan karbohidart. Dalam kemiri terkandung fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Yang tak kalah penting, kemiri juga mengandung vitamin A, vitamin B1, folat dan pitosterol yang umum sebagai penghambat kolesterol.

Sebagai cara menebalkan rambut, kamu bisa melakukan hal berikut:

  • Ambil sedikit minyak
  • Letakkan di rambut dan kulit kepala
  • Usapkan secara merata dan biarkan satu malam
  • Cuci dengan shampoo dan maskimalkan perawatan dengan conditioner

Rambut yang tipis bisa karena kerontokan rambut yang distimulasi oleh lemahnya folikel pada akar. Tapi nggak perlu khawatir, minyak kemiri bisa mengatasinya kok. Karena protein dan mineral pada bahan ini dapat menguatkan rambut hingga ke akar-akarnya.

Dikutip dari laman nenonatural (9/1), minyak kemiri bisa membentengi rambut rambut dari dalam karena bisa menembus kutikula rambut. Minyak ini melakukannya jauh lebih baik daripada minyak lain karena punya jumlah lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi.

3 dari 4 halaman

Cara Menebalkan Rambut Bayi yang Tipis

Ilustrasi Rambut Bayi © Diadona

Sudah nggak diragukan lagi kalau anak adalah anugrah dari Tuhan, bagaimanapun penampilan mereka. Cuman, sebagian orang dewasa pasti khawatir saat  menyadari anak mereka lahir dengan rambut yang tipis dan mulai mencari cara menebalkan rambut untuk memperbaiki penampilan mereka sebelum mereka beranjak dewasa.

Banyak cara menebalkan rambut bayi yang sebenarnya bisa kamu lakukan, namun dengan catatan bahwa hanya bisa diaplikasikn pada bayi berusia lebih dari enam bulan.

Menggunakan Handuk yang Lembut

Setelah keramas, usahakan buat menggosok rambut bayi dengan handuk yang lembut. Kenapa? Handuk yang kasar bisa merusak folikel rambut sehingga menyebabkan penipisan dan rambut rontokpada bayi.

Almond

Almond merupakan sumber protein dan asam amino essensial. Coba deh beri buah hati 2 – 3 butir almod sehari untuk meningkatkan pertumbuhan rambutnya. Kalau terlalu repot, kamu juga bisa menggantinya dengan cara menebalkan rambut melalui pemijatan dengan minyak almond.

Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Zat besi dan nutisi lainnya bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kerusakan helai rambut, sehingga bisa sebagai cara menebalkan rambut. Zat besi terkandung dalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, labu, dan masih banyak lagi.

Nutrisi yang Cukup

Pastikan bayi memiliki nustisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembangnya. Dalam cara menebalkan rambut bayi, vitamin B biotin penting untuk kulit kepala dan pertumbuhan rambut yang sehat. Menburut ahli gizi Joy Bauer, dalam masa tersebut penambahan suplemen makanan belum diperlukan. Yang terpenting, nutrisi bayi bisa kamu cukupi lewat makanan misalnya telur, roti, gandum, dan alpukat sebagai sumber biotin.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menebalkan Rambut Alis

Ilustrasi Alis © Diadona

Semua pasti setuju kalau alis yang tebal selalu jadi idaman. Sampai-sampai produk pensil alis dan salon kecantikan sulam alis selalu laris di pasaran. Memang, alis bisa mendefinisikan bentuk wajah kamu. Coba deh kamu lihat perbedaan yang terjadi pada wajah seseorang sebelum dan sesudah dia menebalkan alisnya. Untuk cara menebalkan rambut alis, kamu bisa melakukan hal berikut:

Minyak Jarak

Mengandung asam risinoleat untuk pertumbuhan rambut dan membuat setiapo helainya jadi lebih lebat. Untuk hasil terbaik, usahakan gunakan 100 persen minyak jarak alami. Untuk menggunakannnya sebagai cara menebalkan rambut, kamu bisa melakukan langkah berikut:

  • ambil beberapoa tetes minyak jarak di ujung jari, lalu pijatkan ke alis kamu
  • tunggu selama 30 menit dan bersihkan dengan sabun dan air
  • ulangi cara menembalkan alis ini selama kurun waktu dua bulan

Jus Bawang Merah

Bawang merah kaya akan kandungan sulfur yang bisa meningkatkan produksi kolagen dan membantu pertumbuhan alis kamu. Mengoleskan jus bawang secara teratur bisa sebagai cara menebalkan rambut alis dengan cepat. Memang sih kamu harus bergelut dengan aromanya yang kuat. Tapi, bisa kamu cairkan dnegan minyak zaitun atau minyak kelapa sebelum dioleskan ke alis kamu.

Membuat jus bawang merah dalam cara menebalkan rambut alis bisa kamu lakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • ambil bawang dan masukkan ke dalam blender, atau bakar bawang untuk mendapatkan minyaknya
  • saring untuk mengambil sari-sarinya
  • campurkan 2 sendok makan jus bawang merah, 1 sdm jus lemon dan 2-3 sdm air
  • celupkan kapas ke dalam larutan ini lalu oleskan secara hati-hatri pada alis kamu- biarkan selam satu jam, lalu cuci dengan air.

Jangan Mencabut Alis

Hal pertama yang seharusnya kamu lakukan dalam cara menebalkan rambut alis yakni jangan mencabutnya secara berlebihan. Pencabutan yang berlebihan bisa mecegah alis kamu tumbuh kembali. Dalam siklusnya, alis akan tumbuh dalam waktu 2 - 3 bulan, jadi tidak mencabut selama kurusn waktu tersebut bakalan menunjukkan banyak perbedaan untuk alis kamu.

Melembabkan Alis

Area alis kamu perlu tetap terhidrasi dan mendapat asupan gizi yang cukup. Gunakan petroleum jelly untuk mengunci kelembaban alis yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Rumornya, Marilyn Monroe juga menggunakan petroleum jelly untuk kulitnya dan berhasil membuat rambut alis jadi lebih panjang. Caranya, cukup bersihkan dan keringkan alis kamu lalu ooles dengan petroleum jelly tiga hingga empat kali sehari.

 

Beri Komentar