Lihat Bagaimana Cara Pria Ini Jalani Hidup dengan Vitiligo di Wajah

Reporter : Mila
Sabtu, 18 Januari 2020 11:26
Lihat Bagaimana Cara Pria Ini Jalani Hidup dengan Vitiligo di Wajah
Mengaku sering dipandang sebelah mata.

Belakangan di Twitter ramai diperbincangan soal munculnya video seorang pria yang memiliki vitiligo sedang mengaplikasikan foundation untuk meratakan warna kulitnya. Seketika banyak reaksi dan tanggapan dari netizen. Kebanyakan dari mereka ternyata juga mengalami hal yang sama dan saling menguatkan. Namun, apa itu sebenarnya vitiligo?

 

1 dari 3 halaman

Melansir alodokter (18/1). vitiligo adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami hilangnya pigmen warna pada kulit. Akibatnya, kulit mengalami kondisi seperti belang. Selain dapat menyerang area kulit manapun di tubuh, warna yang memudar ini juga dapat terjadi pada bagian dalam mulut, mata, dan rambut.

Penyebab vitiligo yang paling umum adalah autoimun dan genetis.

Vitiligo sudah ada sejak ribuan tahun sebelum Masehi. Meski begitu, sampai sekarang masih diperdebatkan apakah vitiligo tergolong sebagai penyakit atau bukan. 

Vitiligo biasanya berlangsung jangka panjang dan diperkirakan menimpa 1 dari 100 orang. Namun, vitiligo tidak mematikan dan tidak menular.

Meskipun orang yang memiliki vitiligo tetap bisa beraktifitas seperti manusia normal pada umumnya, namun kebanyakan dari mereka merasa tidak percaya diri karena tampilan kulitnya yang berbeda.

2 dari 3 halaman

Sama halnya seperti yang dialami pria dalam video yang viral tersebut. Pria bernama asli Itang Setiawan ini, sudah memiliki vitiligo sejak dia di bangku SMK kelas 3, tahun 2012. Gejala awal yang ia alami adalah berupa bintik putih yang semakin lama semakin membesar. Setelah periksa ke dokter, ia didiagnosis mengalami vitiiligo karena autoimun yang menyerang dirinya.

itang setiawan © Diadona

Pada awalnya dia merasa tidak percaya diri dengan kondisinya yang berbeda dengan orang lain. Rasa tidak percaya dirinya ini membuatnya tidak berani keluar rumah dan bertemu orang-orang.

3 dari 3 halaman

Namun, karena tidak ingin berlarut-larut, Itang bangkit. Ia mulai mengenal makeup. Itang mengaku ia memakai makeup bukan semata-mata untuk menutupi kekurangannya, namun untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulitnya.

itang setiawan © Diadona

Sampai sekarang ia menjalani hidupnya dengan penuh percaya diri, meskipun masih banyak orang yang memandangnya sebelah mata. Tak lupa Itang memberi pesan positif kepada orang-orang diluar sana yang memiliki kondisi vitiligo seperti dirinya untuk tetap semangat menjalani hidup.

Beri Komentar