Viral Guru Honorer Curhat Masalah Gaji: Lebih Kecil dari Nilai Nobita

Reporter : Riza Umami
Senin, 15 Juni 2020 10:17
Viral Guru Honorer Curhat Masalah Gaji: Lebih Kecil dari Nilai Nobita
Bahkan untuk memenuhi kebutuhan bulanan gajinya ini sampai minus, tak cukup.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gaji guru honorer ini sangatlah sedikit. Untuk mencukupi kebutuhan bulanan, gaji ini begitu pas-pasan bahkan terkadang kurang. Padahal para guru honorer ini dengan sabar dan ikhlas mengajar murid-muridnya tiap harinya.

Sebuah video baru-baru ini beredar di media sosial di mana seorang guru honorer asal Banten ini mencurahkan isi hatinya perihal gaji guru honorer. Dia menyampaikan hal ini dengan gaya pembawaan yang lucu tetapi di lain sisi juga sedih dengan kenyataan yang terjadi ini.

1 dari 3 halaman

Dia membagikan video tersebut melalui akun Twitter miliknya yaitu @MamduhJamaludin. Dia juga berpesan pada anak-anak yang bercita-cita menjadi guru bahwa apa yang harus dijalani dan dilalui oleh para guru honorer itu tidaklah mudah.

" Video ini teruntuk adik-adik yang kalau misalkan ditanya cita-cita terus jawabnya pengen jadi guru. Jadi guru itu bukan cita-cita, jadi guru itu nasib, tragis." , kata Mamduh. Lebih lanjut dirinya menjelaskan mengapa sampai berkata seperti itu, dalam videonya berikut ini.

2 dari 3 halaman

Mamduh sampai menunjukkan gaji 100 ribu rupiah yang dia dapatkan dari pekerjaannya menjadi guru honorer. Uang segitu apa cukup kira-kira untuk kebutuhan selama satu bulan? Tentu saja minus. Padahal dia harus mengajar murid-murid sehari-harinya mulai dari yang rajin sampai yang super bandel. 

3 dari 3 halaman

Warganet pun memberikan berbagai komentar dalam cuitan tersebut, berikut ini beberapa di antaranya.

Semoga nasib para guru honorer ini lebih diperhatikan lagi terutama oleh pemerintah. Mereka telah begitu berjasa memberikan ilmu pengetahuan dan membantu mencerdaskan anak. Tentu jerih payah mereka ini harus dihargai dengan sepantasnya. Gimana nih keresahan para guru honorer selama ini?

Beri Komentar