Terbongkar, Ini Sosok Ayah di Kaleng Khong Guan yang Sebenarnya

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 4 Juni 2021 15:20
Terbongkar, Ini Sosok Ayah di Kaleng Khong Guan yang Sebenarnya
Ada dua anak, ibunya... Ayahnya di mana?

Apa yang kalian pikirkan ketika pertama kali mendengar Khong Guang? Selain biskuitnya, pasti terlintas sebuah gambar seorang ibu bersama dua anaknya sedang makan di ruang makan, bukan? Karena gambar ini, banyak nih netizen yang bertanya-tanya di mana kah sosok sang ayah sebenarnya.

Kira-kira di mana ya gaes?

 

1 dari 5 halaman

Asal Muasal Ilustrasi Khong Guan

Sebelum mencari di mana sosok ayah tersebut sebenarnya, mungkin alangkah lebih baiknya kita ketahui dulu dari mana gambar ini berasal. Melansir dari halaman blog @ladybirdflyawayhome.com yang ditulis oleh Helen dengan judul " The Strange Tale of the Missing Father of Khong Guan" , gambar tersebut sebenarnya merupakan salah satu ilustrasi buku anak-anak yang berjudul Ladybird, yang dibuat oleh Harry Wingfield pada tahun 1959.

Berdasarkan cuitan dari akun Twitter @JukiHoki, diperlihatkan sebuah penggalan tulisan yang mengatakan bahwa orang yang menggambar ilustrasi di kaleng Khong Guan tersebut bernama Bernardus, yang dilakukannya pada tahun 70-an. Dia mendapatkan tawaran melukis di kaleng tersebut bukan dari pihak perusahaan Khong Guan langsung, namun melalui perantara perusahaan separasi warna.

 

2 dari 5 halaman

Klarifikasi Bernardus © Diadona

Jadi bisa disimpulkan bahwa kenapa kaleng Khong Guan ilustrasinya hanya ibu dan dua anaknya adalah karena contoh gambar yang diberikan kepada Bernardus pada saat itu ya seperti itu (ibu dan dua anaknya sedang di meja makan), sehingga ayahnya pun tak pernah dilukis karena Bernadus pun sendiri tak tahu menahu soal itu.

3 dari 5 halaman

Jadi, Di Mana Ayahnya?

Seiring berjalannya waktu, karena penasaran netizen yang sangat besar, banyak nih meme bertebaran mengenai ilustrasi kaleng Khong Guan ini. Dari yang mengerikan sampai bikin ngakak banget pun ada.

Meski demikian, Helen penulis blog ladybirdflyawayhome.com, memberikan kebenaran dan pencerahan mengenai sosok misterius ayah dari ibu dan dua anaknya yang jadi ilustrasi kaleng Khong Guan. Udah siap belom?

 

4 dari 5 halaman

Jadi di dalam buku Ladybird karya Harry Wingfield pada tahun 1959 itu, terdapat salah satu scene yang memperlihatkan terdapat seorang ibu dan dua anaknya sedang sedang ngeteh bareng pukul jam 4. Kemudian selanjutnya dikisahkan bahwa pukul jam 6, akhirnya sang Ayah pulang, sementara ibu dan dua anaknya berdiri dari meja makan tersebut dan keluar menyambut ayahnya.

Salah Satu Scene Buku Ladybird © Diadona

Salah Satu Scene Buku Ladybird © Diadona

 

5 dari 5 halaman

Jadi, di mana sang ayah pada saat ibu dan dua anaknya di meja makan? Ya, dia sedang kerja, gaes~ Sementara itu, bisa dilihat ya perbedaannya, ilustrasi aslinya ibu dan dua anaknya itu ngeteh dan ada roti buat cemilannya, sedangkan di kaleng Khong Guan diganti jadi biskuit gitu~

Beri Komentar