Tengah Jadi Kontroversi, Ini Perjalanan Karir Farida Nurhan Mulai Jadi TKW Sampai Food Vlogger

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 27 September 2023 12:07
Tengah Jadi Kontroversi, Ini Perjalanan Karir Farida Nurhan Mulai Jadi TKW Sampai Food Vlogger
Farida membangun bisnis dan aktif menjadi selebriti food vlogger usai memulai karirnya menjadi TKW

Siapa sih yang tidak kenal dengan Youtuber bernama Farida Nurhan? Ya, Food Vlogger satu ini sedang ramai diperbincangkan netizen lantaran telah menuai konflik dengan sesama food vlogger. Wanita yang akrab dipanggil “Omay” ini aktif di dunia maya menjadi seorang Youtuber dan food vlogger di akun Instagram maupun Tik Tok pribadinya. Farida Nurhan terus menghibur subscribernya melalui konten kuliner makanan viral pada laman Youtube miliknya. 

Namun dibalik menjadi Youtuber food vlogger ternama, ternyata ada kisah perjalanan karier yang cukup menyita perhatian dari wanita asal Lumajang, Jawa Timur ini. Perjuangan yang telah ia lalui sebelum menikmati hidup saat ini tidaklah sia-sia. Farida berhasil memutar roda kehidupannya menjadi lebih baik.

Kalian penasaran bagaimana kisah perjalanan hidup seorang Farida Nurhan hingga bisa dikenal menjadi food vlogger ternama sampai saat ini? Yuk kita kepoin bersama, check it out!

 

1 dari 5 halaman

Menjalani Profesi TKW di Hongkong

Perjalanan Karier Farida Nurhan © Diadona

Bukan berasal dari keluarga berada, membuat Farida Nurhan harus melepas masa mudanya untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) demi menopang perekonomian keluarganya. Berdasarkan ceritanya, Rida mengungkapkan jika sejak berusia 17 tahun ia merantau ke negeri tetangga yakni Singapura dan Hongkong untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita. 

Hal itu telah disampaikan olehnya pada unggahan video Youtube milik Ussy Andhika Official. “ Aku dulu waktu umur 17 tahun ke luar negeri untuk menjadi TKW. Aku bekerja 11 bulan di Singapura, kemudian dikirim ke Hongkong selama 5 setengah tahun,” Ucap Farida dikutip dari Youtube Ussy Andhika Official, pada Senin (22/3/2021). Ketika menjelang hari libur, ia memanfaatkan waktunya untuk berjualan rokok di Taman Victoria Park dari pagi menjelang sore. Demi menabung dan menghemat biaya pengeluaran, ia rela memakan makanan sisa dan memakai baju-baju bekas yang ada. 

Perjalanan hidup Farida Nurhan semasa muda benar-benar diuji. Pasalnya, ia dikabarkan bercerai dengan suaminya ketika masih menjadi TKW. Sehingga dengan terpaksa sang buah hati yang masih usia belia dititipkan kepada kedua orang tuanya di kampung. 

 

2 dari 5 halaman

Bekerja di Bisnis Properti

Perjalanan Karier Farida Nurhan © Diadona

Tidak memupuskan semangatnya, Farida Nurhan memutuskan untuk kembali ke tanah air setelah 6 tahun bekerja sebagai TKW. Ia sudah bertekad tidak ingin kembali ke luar negeri, karena ingin membesarkan sang anak dan mulai fokus terjun ke dunia bisnis properti.

Kariernya dalam bidang properti mengalami peningkatan, sehingga ia berhasil mengumpulkan pundi-pundi rupiah dan mulai menghidupi sang anak seorang diri. Rida menggeluti broker properti di Jakarta kurang lebih selama 10 tahun.

3 dari 5 halaman

Beralih Menjadi Seorang Youtuber

Perjalanan Karier Farida Nurhan © Diadona

Pada tahun 2016, Farida Nurhan mulai banting setir beralih profesi menjadi seorang Youtuber. Farida memutuskan untuk berkarir menjadi Youtuber karena merasa jika waktunya akan lebih mudah dan fleksibel. Berbekal kamera DSLR milik sang anak, ia mulai menghasilkan berbagai macam konten kuliner di laman Youtube pribadinya. Tak jarang juga Rida membagikan review makanan dengan kritikan jujur apa adanya. 

Namanya mulai dikenal di kalangan food vlogger melalui konten “ Samyang Challenge” pada 2019 silam. Konten tersebut berhasil ditonton oleh 2,7 juta viewers dengan mendapat 28.000 likes.

Dari unggahan video tersebut, karier Youtube Farida Nurhan semakin cemerlang dan namanya mulai eksis disebut sebagai food vlogger terkenal. Terbukti dengan jumlah subscribers yang kian meningkat hingga mencapai 4.86 juta subscribers pada September 2023. Dikutip pada laman Nox Influencer, Youtuber satu ini dalam sebulan berhasil mencapai penghasilan hingga 616 juta loh! Wah, ternyata usaha memang tidak mengkhianati hasil ya Diazen!

 

4 dari 5 halaman

Membangun Bisnis Kuliner “Ngemplok By Omay”

Perjalanan Karier Farida Nurhan © Diadona

Berkat kecintaannya terhadap kuliner, ternyata tidak memupuskan semangatnya untuk terus mencari pundi-pundi rupiah. Disambi dengan menjadi Youtuber, Farida Nurhan mulai merintis bisnis kulinernya  “ Ngemplok By Omay”. Bisnis kuliner ini berfokus untuk menjual makanan rumahan khas Nusantara yang bercita rasa khas pedas dan gurih. 

Bisnis kuliner tersebut dijual secara online dan dipasarkan secara frozen food. Dengan harga yang terjangkau dan cita rasa yang konsisten membuat orang-orang tertarik untuk mencoba Ngemplok By Omay ini. Terbukti kuliner ini telah berhasil membuka cabang reseller di berbagai kota dan mendirikan outlet di Rumah Makan Sulhan serta Pancoran Mas. 

 

5 dari 5 halaman

Meskipun mengawali perjalanan karier yang tak mudah menjadi seorang TKW, hal ini tidak menyurutkan semangat Farida Nurhan untuk mencari sumber penghasilan. Kini ia berhasil membuktikan jika dirinya telah sukses menjadi food vlogger terkenal di kalangan Youtuber lainnya. Bahkan karya-karya dari video Youtube-nya sempat meraih nominasi Content Creator Kuliner Terfavorit pada ajang Video Content Creator Awards 2021.

Bagaimana Diazen? Sangat menginspirasi sekali ya perjalanan karier wanita kelahiran Lumajang ini. Kalian jangan patah semangat ya dalam berkarier, karena hasil tidak akan mengkhianati usaha kok! 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar