Tak Kuasa Menahan Air Mata, Tangis Haru Jendral Andika Perkasa Pecah Saat Jenguk Sertu Rizka

Reporter : Firstyo M.D.
Selasa, 18 Februari 2020 16:00
Tak Kuasa Menahan Air Mata, Tangis Haru Jendral Andika Perkasa Pecah Saat Jenguk Sertu Rizka
Situasi haru terjadi saat Jendral Andika Perkasa menjenguk anggotanya yang sakit.

Selama ini kita selalu membayangkan tentara sebagai sosok yang selalu tegas dan tegar di segala keadaan. Kadang kita lupa kalau di balik seragam tentara itu masih ada tubuh dan jiwa seorang manusia yang kadang juga masih bisa sedih dan tersentuh.

Inilah yang terjadi saat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral Andika Perkasa menjenguk anggotanya yang sedang terbaring sakit di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Momen mengharukan itu diabadikan dalam sebuah video yang diunggah oleh channel Youtube resmi TNI AD pada Jumat (14/2) lalu.

1 dari 5 halaman

Kunjungi anggota yang sakit

Dalam kunjungan tersebut Jendral Andika Perkasa mengajak istrinya, Diah Erwiany, dan beberapa staf Angkatan Darat (AD) lainnya untuk melihat kondisi beberapa anggota AD yang sedang sakit.

Kunjungan tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Bhakti TNI AD.

Salah satu anggota yang mendapat kunjungan adalah Sertu Rizka Nurjanah. Sertu Rizka merupakan prajurit TNI AD yang bertugas di Dinas Penerangan TNI AD. Saat ini dia harus terbaring di rumah sakit karena serangan tumor otak. Tumor yang dideritanya juga menyebabkan dia mengalami kebutaan.

Jendral Andika Perwira menjenguk anggota yang sakit © Diadona

 

2 dari 5 halaman

Kebahagiaan Sertu Rizka

Senyum lebar terpampang di wajah Sertu Rizka saat diberi tahu bahwa Jendral Andika dan Ibu Diah memasuki ruangan tempat dia dirawat.

" Siap mohon izin Bapak Kasad," ujar Sertu Rizka sembari melakukan gerakan hormat. Serangan penyakit ternyata nggak sedikit pun menghilangkan jiwa militernya.

Jendral Andika Perwira menjenguk anggota yang sakit © Diadona

Ibu Diah saat itu langsung memeluk dan mencium Sertu Rizka dengan hangat. Sertu Rizka terlihat nggak kuasa menutupi kebahagiaannya.

" Ya Allah saya senang bisa bertemu ibunda tersayang (Ibu Diah Erwiany). Alhamdulillah terima kasih ya bu sudah menengok saya," ujarnya.

Jendral Andika Perwira menjenguk anggota yang sakit © Diadona

3 dari 5 halaman

Sertu Rizka alami tumor otak

Sertu Rizka mengalami musibah tersebut saat hendak dikirim bertugas ke Lebanon. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa dia mengalami tumor otak. Setelah vonis tersebut, dia kemudian menjalani tiga kali operasi pada tahun 2017.

Semangat Sertu Rizka nggak surut begitu saja. Dia masih menyimpan semangat tersebut dalam dirinya. Terlihat dari bagaimana dia berbicara.

4 dari 5 halaman

Pesan Jendral Andika

Jendral Andika, yang sebelumnya lebih banyak diam karena menahan kesedihan, berpesan pada Sertu Rizka agar selalu disiplin mengikuti anjuran dokter.

Jendral Andika Perwira menjenguk anggota yang sakit © Diadona

" Mbak Rizka harus disiplin. Kapan jadwal balik, pokoknya kalau dokter sudah kasih tau harus disiplin ya," ujar Jenderal Andika.

" Izin, siap bapak," jawab Sertu Rizka.

5 dari 5 halaman

Kunjungi anggota lain yang terkena diabetes

Masih dalam rekaman video yang sama, Jendral Andika dan istri juga mengunjungi anggota lain, yakni Peltu Lili Suhaeli, anggota Kodim 0503/Jakarta Barat. Peltu Lili terbaring di rumah sakit karena serangan penyakit diabetes.

Jendral Andika Perwira menjenguk anggota yang sakit © Diadona

Jendral Andika memanfaatkan momen itu untuk berterima kasih atas dedikasi anggotanya selama ini.

" Saya mengucapkan terima kasih atas bantuannya kepada Angkatan Darat," ujar Jenderal Andika.

" Terima kasih pak, siap-siap," ujar Peltu Lili sambil menangis.

Tetap semangat Sertu Rizka dan Peltu Lili. Terima kasih atas segala dedikasinya. Juga untuk semua prajurit yang sedang dalam kondisi sakit. Semoga selalu diringankan penyakitnya dan semakin baik kondisinya!

Beri Komentar