Tak Ada Pelayat, Pilunya Pemakaman Jenazah yang Meninggal karena Virus Corona Ini

Reporter : Riza Umami
Senin, 23 Maret 2020 19:48
Tak Ada Pelayat, Pilunya Pemakaman Jenazah yang Meninggal karena Virus Corona Ini
Mama tersayang izinkan kami melepas kepergianmu.

Kepergian seorang ibu untuk selama-lamanya tentu menjadi kesedihan yang teramat oleh keluarganya. Apalagi dalam pemakaman sang ibu ini tak bisa dihadiri oleh kerabat dan pelayat lainnya karena sang ibu meninggal akibat virus Corona yang makin merebak kini.

Eva Rahmi menceritakan pemakaman sang mama yang tak bisa dilakukan seperti pada umumnya, melalui akun Instagram miliknya yang bernama @evarahmisalama. Tak ada pelayat yang hadir di sana, tanpa teman, saudara, tetangga ataupun rekan kerja. Hanya ada tiga orang yang melepas kepergian mama Eva tersebut.

1 dari 3 halaman

Eva mengatakan, "sedih yang teramat sangat tidak bisa menghadirkan mereka di sini untuk melepas kepergianmu, tapi ini demi kebaikan mereka". Eva pun menambahkan bahwa kini mamanya sudah tenang, tak ada lagi peralatan medis di tubuhnya, mamanya telah berjuang sendirian melawan virus Corona yang mematikan ini.

Mama Eva dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, sesuai dengan lokasi yang tertera dalam foto yang diunggah Eva tersebut. Berikut ini unggahan milik Eva.

      View this post on Instagram

Mama tersayang.. Izinkan kami bertiga melepas kepergianmu. Ya, hanya kami bertiga, tanpa teman, sodara, tetangga ataupun rekan kerja.. Sedih yg teramat sangat tdk bs menghadirkan mereka disini utk melepas kepergianmu.. tapi ini demi kebaikan mereka. Mama sudah tenang sekarang tanpa peralatan medis di tubuh mama.. tak terbayangkan penderitaan mama kemarin berjuang sendirian melawan virus jahanam. Semoga itu menjadi penghapus dosa mama selama mama di dunia...aamiin ya Allah ????. Maafkan kami yang belum bisa membahagiakan mamah.. yang pasti Eva & Frank, Harris, Hanif selalu kangen mamah, senyum tulus mamah, kebaikan hati mamah, nasi goreng buatan mamah, guyonan mamah dll.. kita sebagai anak hanya bisa slalu mendoakan yg terbaik buat mamah.. *alfatihah Ya Allah perkenankan makhluk Mu yang terindah dan terbaik ini ditempatkan di surga Mu.. Ampuni segala dosanya, lapangkanlah kuburnya..terima amal ibadahnya dan semoga mama husnul khotimah, syahidah.. aamiin aamiin yra ???????????? “Kematian karena wabah adalah surga bagi setiap muslim (yang meninggal karenanya)”, demikian sabda Rasulullah Muhammad saw (HR Bukhari). #covid19 #coronavirus

A post shared by Eva Rahmi Salama (@evarahmisalama) on

2 dari 3 halaman

Dalam foto tersebut tampak jenazah diantarkan menggunakan ambulans. Proses penggalian, pengantaran dan penguburan pun dilakukan oleh petugas yang telah ditentukan, sesuai dengan tata cara penguburan jenazah pasien Covid-19.

Tidak berhenti sampai di situ, Eva harus kembali menelan kenyataan pahit. Sang papa juga meninggal dua hari kemudian karena terjangkit virus Corona seperti mamanya yang telah berpulang lebih dahulu. Eva menyampaikan hal ini melalui unggahannya berikut ini.

      View this post on Instagram

A post shared by Eva Rahmi Salama (@evarahmisalama) on

3 dari 3 halaman

Banyak warganet yang menyampaikan ucapan belasungkawa atas kehilangan yang dialami oleh Eva dan keluarga. Beberapa di antaranya berikut ini.

@yolaastrawi menulis, " Semoga amal ibadah beliau di terima disisinya yg tabah ya mba... amin."

@destyyfn membalas, " Innalillahi. Semoga diberi ketabahan bagi keluarga , al-fatihah."

Memang penyebaran virus Corona ini sangat mudah sekali terjadi. Oleh sebab itu, kita perlu terus melakukan pencegahan agar terhindar dari virus ini. Turut berduka cita, semoga almarhum orang tua Eva tenang di sana dan diterima amal ibadahnya.

Kamu juga bisa membaca kisah serupa, Dikuburkan Tanpa Keluarga, Berikut Kondisi Pemakaman Jenazah yang Meninggal Akibat COVID

Beri Komentar