Sinopsis Film Yuni, Angkat Kisah Tentang Pendidikan Sekaligus Perjodohan Gadis Kampung

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 3 Januari 2024 09:39
Sinopsis Film Yuni, Angkat Kisah Tentang Pendidikan Sekaligus Perjodohan Gadis Kampung
Perempuan melawan hal tabu, bagaimana caranya?

Film Yuni sudah tayang sejak 21 April 2022 di saluran Disney+ Hotstar. Film yang digarap oleh Kamila Andini ini, dibuat karena terinspirasi dari puisi milik Sapardi Djoko Damono yang berjudul Hujan Bulan Juni.

Film Yuni masuk ke dalam nominasi Oscar, pernah juga memenangkan penghargaan di Toronto International Film Festival (TIFF) 2021, serta diputar pertama kalinya di gelaran Busan International Film Festival.

1 dari 5 halaman

Sinopsis Film Yuni

Potret dan Daftar Pemain Film YuniPotret dan Daftar Pemain Film Yuni © Diadona

Film Yuni mengangkat kisah seorang gadis di kampung yang bernama Yuni. Ia adalah gadis yang termasuk cerdas di sekolahnya.

Yuni punya cita-cita untuk bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Yuni ingin kuliah, namun keinginan yang tampak sederhana ini justru dianggap hal tabu bagi sebagian orang di kampungnya

2 dari 5 halaman

Sinopsis Film Yuni © Diadona

Masalah mulai datang saat Yuni dilamar oleh pria yang tidak ia kenal. Di kampungnya, ada mitos jika seseorang menolak lamaran sebanyak 3 kali berturut-turut, maka ia akan sulit mendapat jodoh.

Yuni terpaksa menolak dua lamaran yang datang kepadanya, karena ia ingin mengejar cita-cita. Hal itu justru menjadi bomerang dan membuat Yuni jadi bahan perbincangan orang-orang di sekitarnya.

Hati Yuni makin bimbang saat lamaran ketiga datang padanya. Apalagi, pada saat itu ia sudah menaruh hati pada lelaki lain.

Dalam cuplikan teaser, ada suatu momen di mana Yuni akhirnya merasa bebas atas dirinya sendiri, namun malah terperangkap dalam pergaulan yang berbahaya. Terdapat adegan seks yang mengubah sikap dan cara berpikir Yuni, membuat gadis tersebut terbebas dari pengaruh dan kata-kata orang lain.

3 dari 5 halaman

Adegan Dewasa dalam Film Yuni

Sinopsis Film Yuni © Diadona

Arawinda Kirana, pemeran Yuni, mengaku jika adegan dewasa tersebut memang diperlukan. Sehingga ia pun setuju untuk melakukannya.

" Karena itu bukan adegan asal-asalan mesum, enggak, itu adegan yang sangat penting yang merupakan simbol kebebasan Yuni, yang dia ingin membebaskan dirinya dari perjodohan," ujar Arawinda.

4 dari 5 halaman

Isu Perempuan dalam Film Yuni

Sinopsis Film Yuni © Diadona

Dalam jumpa media, Kamila Andini menyebut kalau cerita dalam film Yuni ini berawal dari obrolan sederhananya dengan asisten rumah tangganya beberapa waktu yang lalu.

" Intinya [film Yuni] adalah cerita yang berawal dari obrolan sangat sederhana dengan seorang ibu, asisten rumah tangga saya, di suatu sore pada 2017, tentang anaknya menikah di usia yang sangat muda," kata Kamila Andini dalam jumpa media, Senin (6/12).

Film Yuni mengangkat tema tentang remaja perempuan dan beragam isu yang melingkarinya, mulai dari pernikahan diri, paham patriarki, pendidikan perempuan, seksualitas dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

Nonton Film Yuni

Dirilis di tengah kondisi pandemi, film Yuni hanya mengumpulkan 117 ribu jumlah penonton di bioskop. Walau demikian, film ini menempati peringkat ke-09 dari 15 film dengan penonton terbanyak di tahun 2021.

Saat ini kamu bisa menonton film Yuni di layanan streaming resmi Disney Plus Hotstar.

Beri Komentar