Selain Situs Peradaban Islam Kuno, Arab Juga Punya Situs Angker! Beneran Nggak Sih?

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 12 Februari 2020 17:42
Selain Situs Peradaban Islam Kuno, Arab Juga Punya Situs Angker! Beneran Nggak Sih?
Arab Saudi punya situs angker? masa iya sih?

Arab Saudi adalah sebuah negara kaya di timur tengah yang terkenal dengan banyaknya peradaban Islam kuno yang dimiliki. Walaupun begitu, negara ini tetap memiliki situs yang terkenal angker. Situs angker tersebut adalah sebuah kota hantu yang berada di sudut utara Arab Saudi.

Mengutip keterangan dari voaindonesia.com, Al Ula ini adalah bekas ibu kota Dedanites yang sudah berusia lebih dari 2000 tahun. Di konmpleks Al Ula ini banyak sekali situs arkeologi pra-Islam yang juga berusia ribuan tahun.

1 dari 5 halaman

Meskipun julukan kota hantu sudah melekat pada Al Ula, tempat ini sebenarnya memeiliki pemandangan yang indah. Seperti halnya perbukitan batuan vulkanik, hamparan pasir putih, dan juga dilengkapi beberapa pohon palem disekitarnya.

Ilustrasi Al Ula © Diadona

Terutama, yang dicari para pelancong adalah reruntuhan bangunan karya dari peradaban Nabatean. Dulunya, Al Ula ini dihuni oleh kamu Tsamud yang merupakan umat dari Nabi Shaleh. Kaum tersebut terbilang memiliki peradaban yang maju karena memiliki huruf sendiri dan pandai baca tulis.

2 dari 5 halaman

Kaum tersebut juga memiliki keahlian memahat bukit-bukit batu menjadi rumah dan juga istana. Pada zaman dahulu, tempat ini merupakan tempat dengan sistem pertahanan yang sangat kuat. Selain membangun tempat tinggal, mereka juga membangin kuburan dengan memahat bukit-bukit berbatu.

Ilustrasi Al Ula © Diadona

3 dari 5 halaman

Namun, peradaban Nabatean yang maju ini ingkar terhadap Nabi Shaleh. Konon. selain itu mereka juga memilih untuk menyembah dewa dari pada menyembah Allah. Oleh sebab itu, penduduk Nabatean serta peradabannya hancur karena diazab oleh Allah SWT dengan didatangkannya petir yang menghancurkan kota itu.

Ilustrasi Al Ula © Diadona

4 dari 5 halaman

Masyarakat Arab Saudi mempunyai kepercayaan bahwa Al Ula adalah tempat para jin yang terkutuk. Oleh karena itu tidak ada orang yang berani mendatangi tempat ini. Tapi, pada tahun 2018 situs kota hantuy ini sudah direvitalisasi oleh pemerintah Arab Saudi dan rencananya proyek itu akan selesai pada tahun 2020. 

5 dari 5 halaman

Wah, meskipun situs ini dipercaya sebagai kota hantu, tapi Al Ula telah digarap untuk dijadikan tempat pariwisata, lho. Bagaiamana, Minat berkunjung ke kota hantu yang sedang dibangun ini?

Beri Komentar