Resmi jadi Wakil Presiden Amerika Serikat, Ini Perjalanan Karier Kamala Harris

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 22 Januari 2021 11:47
Resmi jadi Wakil Presiden Amerika Serikat, Ini Perjalanan Karier Kamala Harris
Kamala Harris menjadi Wakil Presiden wanita pertama di Amerika Serikat. Ia juga menjadi wakil presiden keturunan Asia Selatan pertama di AS.

Kamala Harris resmi menjadi wakil presiden Amerika Serikat pada Rabu (20/1/2021) pada 11.40 waktu setempat.

Dengan dilantiknya Harris menjadi wakil presiden, menjadikannya perempuan pertama, orang kulit berwarna pertama, dan orang Asia Selatan pertama yang menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat.

Lalu, siapa sebenarnya Kamala Harris? Bagaimana perjalanan kariernya hingga bisa menjabat sebagai wakil presiden Amerika Serikat?

1 dari 3 halaman

Perjalanan Karier Kamala Haris

Kamala Harris © Diadona

Kamala Harris lahir pada 20 Oktober 1964. Mengutip dari CNN, Harris merupakan keturunan Jamaika dari ayah dan India dari sang Ibu.

Harris melakukan studi di Howard University dan memperoleh gelar sarjana di sana. Ia pun melanjutkan sekolah hukum di Sekolah Tinggi Hukum Hastings, University of California.

Setelah menyelesaikan studinya, Harris memulai karier di Kantor Kejaksaan Distrik Alameda Country.

2 dari 3 halaman

Kamala Harris © Diadona

Melansir dari Canbera Times, Harris memenangkan pemilihan pertamanya di tahun 2003 dan menjadi jaksa wilayah San Fransisco.

Ia pun sukses membuat program re-entry bagi para pelanggar narkoba pemula untuk mendapatkan ijazah SMA dan mendapatkan pekerjaan. Ia pun juga punya program untuk menindak mahasiswa yang kedapatan membolos.

Lalu pada 2010, ia terpilih menjadi jaksa agung California. Hal ini menjadikannya wanita dan orang kulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut.

Di tahun 2016, Harris terpilih menjadi Senat. Di Senat AS, ia memperkenalkan dan mensponsori undang-undang untuk menaikkan gaji para pekerja, dan mereformasi sistem peradilan pidana yang rusak.

Pada 2017, ia dilantik sebagai Senator AS untuk California. Hal ini menjadikannya sebagai wanita Afrika-Amerika kedua dan senator Asia-Amerika pertama dalam sejarah.

3 dari 3 halaman

Kamala Harris © Diadona

Setelah menjadi senat, ia sempat mencalonkan diri sebagai presiden Amerika untuk menggantikan posisi Trump periode 2016-2020. Dia secara otomatis menjadi salah satu lawan Joe Biden sebagai kandidat presiden.

Pada Desember 2019, Harris mundur sebagai kandidat calon presiden di pemilu Amerika 2020 karena kurangnya dana kampanye. Lalu, Agustus 2020, Joe Biden menggaet Kamala Harris sebagai wakilnya di pemilu AS 2020.

Kamala Harris kini menjadi perempuan pertama dan orang Asia-Amerika pertama yang menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat.

Beri Komentar