Pilu Lebaran Pertama Tanpa Eril, Ridwan Kamil: Al Fatihah Untukmu Anakku Sayang

Reporter : Hevy Zil Umami
Minggu, 23 April 2023 18:22
Pilu Lebaran Pertama Tanpa Eril, Ridwan Kamil: Al Fatihah Untukmu Anakku Sayang
Idul Fitri 2023 tentu akan terasa sangat berbeda bagi Ridwan Kamil dan keluarganya.

Idul Fitri 2023 tentu akan terasa sangat berbeda bagi Ridwan Kamil dan keluarganya. Bagaimana tidak, ini adalah sumpah pertamanya tanpa kehadiran putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Saat Lebaran, Ridwan Kamil dan keluarga menyempatkan diri untuk berziarah ke tempat peristirahatan terakhir Eril. Ia kembali menghiasi kuburan dengan bunga dan tentu saja memanjatkan doa. 

1 dari 4 halaman

"Dear Eril, Ini lebaran pertama tanpa dirimu. Lebaran kali terasa tidak sama," tulis Ridwan Kamil sebagai keterangan video di akun Instagram-nya, Minggu (23/4/2023). Meski jasadnya telah tiada, keluarganya tidak akan pernah melupakan kenangannya. "Namun kami percaya, dirimu selalu ada dalam perjalanan bahagia keluarga kita," ujarnya.

      View this post on Instagram

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

2 dari 4 halaman

Pembangunan Masjid Al-Mumtadz

Pilu Lebaran Pertama Tanpa Eril, Ridwan Kamil: Al Fatihah Untukmu Anakku Sayang © Diadona

Ridwan Kamil pun menata kelopak bunga yang mirip bentuk hati untuk makam Eril. Kamera juga fokus pada kerangka Masjid Al-Mumtadz yang masih dalam tahap pembangunan.

" Lapor juga Ril, Masjid Al Mumtadz sudah naik struktur atap. Semoga ada rejekinya untuk menyelesaikan secepatnya. Aamiin," kata Ridwan Kamil lagi.

3 dari 4 halaman

Kucing di Kuburan Eril

Hal lain yang menarik perhatian adalah keberadaan seekor kucing di makam Eril. Hewan itu sepertinya selalu terlibat dalam mengikuti tubuhnya yang terkubur di bawah tanah.

" Btw Ril, di atas pusaramu selalu ada kucing entah darimana yang setia siang malam menemanimu. Alfatihah selalu untukmu anakku sayang," tutup sang Gubernur Jawa Barat itu.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Pilu Lebaran Pertama Tanpa Eril, Ridwan Kamil: Al Fatihah Untukmu Anakku Sayang © Diadona

Unggahan Ridwan Kamil itu pun dihujani komentar penuh rasa takjub dari warganet.

" Masyaa Allah, hewan termasuk kucing Allah berikan kemampuan untuk mendengarkan penghuni kubur, jika kucingnya nyaman di pusara semoga kang eril juga nyaman, tenang dan damai disana. Aamiin," kata salah satu warganet.

" Subhanallah di dunia a Eril di jaga,di bimbing serta di didik dg baik oleh bapak Ridwan Kamil,dan insya Allah di surga dia di jaga oleh malaikat Ridwan,,🤲❤️ alfatihah untukmu a Eril," tambah yang lainnya.

Beri Komentar