Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Ahli, Struktur, Ciri-Ciri serta Contohnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 8 Mei 2021 11:33
Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Ahli, Struktur, Ciri-Ciri serta Contohnya
Pengertian teks eksplasi adalah teks yang menjelaskan suatu fenomena.

Seperti namanya, pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan kepada pembaca tentang gimana dan mengapa sesuatu terjadi. Teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan fenomena yang terjadi sekaligus menerangkan sebab-akibat dari suatu peristiwa.

Eksplanasi diserap dari kata bahasa Inggris, Explanation' yang berarti pernyataan untuk menerangkan sesuatu. Menurut KBBI, eksplanasi berarti 'penjelasan' atau 'paparan'

1 dari 3 halaman

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Teks Eksplanasi © Diadona

Pengertian teks eksplanasi juga disebutkan oleh berbagai ahli sebagai berikut ini:

Kosasih (2014:178)

Bila dikaitkan dengan genre teks, pengertian teks eksplanasi adalah suatu teks yang menjelaskan tentang suatu proses atau peristiwa mengenai asal-usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena, mungkin berupa peristiwa alam,
sosial, ataupun budaya

Barwick (2007,50)

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses dan alasan sesuatu di dunia bisa terjadi.

Anderson & Anderson (2000, hlm.80)

Teks eksplanasi adalah teks yang berujuan untuk menjelaskan fenomena yang
terjadi di dunia kita

Dari pengertian teks eksplanasi di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa teks ini adalah jenis teks yang menjelaskan proses atau alasan sesuatu dapat terjadi, bisa berupa peristiwa alam, sosial, ataupun budaya.

2 dari 3 halaman

Ciri-ciri dan Struktur Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi © Diadona

Nah, agar suatu teks bisa disebut sebagai teks eksplanasi maka harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:

1. Memiliki struktur yang terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, serta interpretasi.

2. Memuat informasi yang berdasarkan pada fakta atau faktual.

3. Faktual berarti mengandung informasi yang sifatnya keilmuan atau ilmiah.

4. Teks ekspalanasi adalah teks yang informatif namun nggak ada tendensi untuk mempengaruhi pembaca terhadap apa yang sedang dibahas.

5. Memiliki/menggunakan sequence markers dalam teks. Apa itu? Contohnya pertama, kedua, ketiga, dan sebagainya. Bisa juga dengan menggunakan: pertama, berikutnya, terakhir.

Ngomongin struktur, Wood & Stubbs (2000, hlm. 77) menyebut bahwa struktur teks ekplanasi adalah sebagai berikut:

1. Pernyataan umum, menjelaskan topik yang akan dibicarakan atau dijelaskan
2. urutan penjelas, memaparkan cara atau alasan sesuatu dapat terjadi. Penjelasan megenai proses terjadinya ini ditulis secara urut dan bertahap.
3. Kesimpulan, di mana penulis atau pembicara meringkas penjelasannya.

Teks eksplanasi memiliki kaidah kebahasaan yang menjadi ciri khasnya sendiri. Dijelaskan oleh Kosasih (2016, hlm. 183), kaidah kebahasaan tersebut diantaranya penunjuk keterangan waktu, penunjuk keterangan cara, konjungsi kronologis, dan kata tunjuk.

Suherli (2017, hlm. 64) juga sepakat dengan kaidah kebahasaan yang diterangkan oleh Kosasih tersebut bahwa pengertian teks eksplanasi adalah teks yang mengandung banyak konjungsi kausalitas maupun kronologis.

Apa itu?

Konjungsi kausalitas : sebab, karena, oleh sebab itu, sehingga.
Konjungsi kronologis : setelah itu, lalu, kemudian, pada akhirnya, selanjutnya. Di dalam teks eksplanais juga menggunakan banyak keterangan waktu di dalam kalimat-kalimatnya.

3 dari 3 halaman

Contoh Teks Ekplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi © Diadona

Biar lebih jelas memahami pengertian teks eksplanasi, ciri, struktur dan lainnya, kamu bisa mengintip contoh teksnya berikut:

Teks Eksplanasi tentang Pelangi

Hampir smeua orang suka dengan pelangi. Penampakannya yang indah dengan susunan warna yang membuat mata adem melihatnya. Kombinasi warna-warna pada pelangi ini juga menjadi inspirasi berbagai karya seni, mulai dari produk fashion hingga kue. Tapi, tahu nggak sih kamu bagaimana pelangi bsia muncul?

Pelangi terjadi karena pembiasan cahaya. Sinar matahari yang bersinar di sela-sela tetesan hujan dibiaskan oleh tetesan hujan. Proses ini memisahkan cahaya putih dari sinar matahari menjadi spektrum warna yang berbeda.

Spektrum warnanya adalah merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Atau yang sering kita ingat dengan singkatan " ROY G BIV / mejikuhibiniu ”. Kemudian warna-warna tersebut terpantul di balik tetesan air hujan, menghasilkan cahaya yang tampak melengkung dan menjadi pelangi.

pengertian teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu fenomena dengan alasan yang ilmiah, berurutan, dan memiliki ciir serta struktur seperti yang sudah Diadona sebutkan. Semoga kamu paham ya!

Beri Komentar