Pengertian Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris dan Contoh-Contohnya

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 24 April 2021 10:00
Pengertian Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris dan Contoh-Contohnya
Kata keterangan di dalam Bahasa Inggris atau yang disebut sebagai adverb ini ada bermacam-macam. Mulai kata keterangan waktu, tempat, dan masih banyak lainnya.

Sama seperti bahasa Indonesia, Bahasa Inggris juga memiliki kata keterangan yang berfungsi menjelaskan kalimat agar bermakna utuh. Kata keterangan di dalam bahasa Inggris disebut sebagai Adverb. Ya umumnya adverb atau kata keterangan ini akan digunakan untuk menjelaskan bagaimana, di mana, atau kapan suatu kejadian berlangsung.

Kata keterangan di dalam Bahasa Inggris ini ada bermacam-macam. Mulai kata keterangan waktu, tempat, dan masih banyak lainnya. Lalu, apa pengertian dari banyak keterangan dan bagaimana cara penggunaannya tersebut?

Baiklah, mari kita simak bareng-bareng ulasan tentang kata keterangan di dalam Bahasa Inggris ini. Check this out!

1 dari 5 halaman

1. Adverb of Time

Pengertian Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris © Diadona

Mungkin saat ini bahasa Inggris sudah banyak sekali di kuasai banyak orang. Kita pasti sudah sangat akrab dengan kata-kata seperti today, yesterday, atau tomorrow. Nah, kata-kata tersebut adalah bagian dari kata keterangan waktu atau yang disebut dengan adverb of time.

Adverb of time atau keterangan waktu ini berfungsi untuk memberi tahu kapan sesuatu terjadi, sekaligus berapa lama. Singkatnya kata keterangan ini digunakan untuk menyatakan waktu. Ya contoh-contoh umumnya selain beberapa kata di atas adalah already, now, recently, since, daily, dan masih banyak lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh yang dalam berbentuk kalimat sederhana:

- I'm going to clean up my room tomorrow.
- I saw Sally today.
- I will call you later.

2. Adverb of Place

Selanjutnya ada kata keterangan tepat atau yang disebut dengan adverb of place. Kata keterangan ini berfungsi menjelaskan di mana sesuatu terjadi. Sederhananya, kata ini digunakan untuk menjawab segalan sesuatu yang ditanyakan menggunakan kata tanya " where" .

Untuk letaknya, Adverb of Place bisa ditempatkan setelah direct object atau kata kerja. Selain dikenal dengan Adverb of Place, jenis kata keterangan ini juga biasa disebut sebagai Adverb of Direction.

Ada beberapa contoh kata keterangan dalam Bahasa Inggris yang menunjukkan tempat, antara lain:

- John looked around but he couldn't see the monkey.
- I searched everywhere I could think of.
- I'm going back to school.

2 dari 5 halaman

3. Adverb of Manner

Pengertian Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris © Diadona

Adverb of manner ini adalah kata keterangan yang berfungsi mendeskripsikan sebuah cara. Maksudnya begini, ketika kita hendak menyatakan proses terjadinya sesuatu atau bagaimana keadaan suatu hal, maka kita menggunakan adverb jenis ini. Sederhananya adverb atau kata keterangan ini adalah jawaban dari kata tanya " how" .

Kata keterangan cara ini antara lain adalah fast, happily, fluently, well, beautifully. Berikut adalah beberapa contohnya di dalam sebuah kalimat.

- My car runs fast.
- His father speaks English fluently.
- My brother does his homework well.

4. Adverb of Frequency

Persis seperti namanya, kata keterangan satu ini adalah digunakan untuk menerangkan tingkat keseringan dalam melakukan suatu kegiatan atau peristiwa. Ya kita semua pasti sudah sangat akrab dengan kata-kata seperti always, often, many times, once, twice, dan yang lainnya.

Ya itulah beberapa contoh kata dari adverb of frequency. Dalam kata keterangan frekuensi ini dibagi menjadi dua yakni adverb of quantity dan adverb of number. Adverb of quantity ini digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang tak terhitung seperti always dan often. Sedangkan adverb of number digunakan untuk sesuatu yang masih bisa dihitung seperti once, twice dan three times.

Nah berikut adalah beberapa contoh di dalam kalimatnya:

- He always smile to everyone.
- Aldi frequently visit to his grandmother’s house.
- Hanik has studied mathematics three times a day.
- Mutia has gone to Surabaya twice a week.

3 dari 5 halaman

5. Adverb of Degree

Pengertian Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris © Diadona

Adverb of Degree adalah kata keterangan yang menjelaskan tingkatan bagaimana suatu hal dilakukan. Untuk penempatan kata dari adverb yang satu ini biasanya diletakkan sebelum adjective. Beberapa contoh dari adverb of degree ini adalah very, almost, nearly, extremly dan yang lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh dari adverb of degree di dalam sebuah kalimat:

- My father is very angry with him.
- She almost finish her work.
- The water was extremly cold

6. Adverb of Certainty

Adverb of certainty atau keterangan tingkat kepastian, merupakan jenis kata keterangan dalam Bahasa Inggris yang memiliki fungsi untuk menunjukkan seberapa yakin seseorang terhadap suatu tindakan atau kejadian. Keterangan tingkat kepastian biasa diletakkan sebelum kata kerja utama, kecuali jika kata kerja utamanya adalah to be, maka keterangan tingkat kepastian akan diletakkan setelah to be. Sebagai contoh:

- He definitely left the house this morning.
- He surely won't forget.
- He is probably in the park.

4 dari 5 halaman

7. Interrogative Adverb

Pengertian Kata Keterangan dalam Bahasa Inggris © Diadona

Interrogative adverb atau kata keterangan interogatif seperti why, where, how, dan when, diletakkan pada awal pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan kalimat atau frasa preposisional. Setelah kata keterangan interogatif, harus membalik posisi subjek dan kata kerja, sehingga kata kerja ada di depan subjek. Contohnya seperti:

- Where is my passport? In the drawer.
- When does the train arrive? At 11:15.
- How are you? I'm fine.

Itulah beberapa adverb yang secara umum bisa kita pelajari. Nanti ketika sudah naik leve pembelajaran kita akan ditenukan dengan beberapa adverb atau kata keterangan lainnya seperti relative adverb, conjuction adverb, dan juga viewpoint and commenting adverb.

Semoga sedikit ulasan tentang pengertian kata keteranagn dalam bahasa inggris beserta contohnya ini bisa bermanfaat buat kita semua ya. Ya syukur kalau bisa membantu dalam membantu pemahaman dalam belajar bahasa Inggris hehe.

Beri Komentar