Nggak Ngehujat Kayak Netizen, 5 Seleb ini Justru Bela Kalista Iskandar yang Tak Hafal Pancasila

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Selasa, 10 Maret 2020 18:35
Nggak Ngehujat Kayak Netizen, 5 Seleb ini Justru Bela Kalista Iskandar yang Tak Hafal Pancasila
Jangan sembarangan ngehujat, ya!

Nama Kalista Iskandar mendadak jadi perbincangan publik belakangan ini. Finalis ajang kecantikan Puteri Indonesai itu sempat salah menjawab pertanyaan soal pancasila dari Ketua MPR RI, Bambang Soesatro saat malam puncak Puteri Indonesia Jumat (06/03).

Saat itu ia salah mengucapkan isi dari kelima Pancasila. Setelah kejadian itu berlangsung, muncul lah pro dan kontra di media sosial tentang kesalahan Kalista. Banyak yang berkomentar sekelas Puteri Indonesia seharusnya hafal dan tak salah sebut Pancasila, bahkan banyak dari netizen juga memaki kesalahan wanita 21 tahun ini. Serem banget ya?

Namun, di balik itu ternyata tak sedikit dari seleb yang memberi dukungan atas kejadian tersebut. Kira-kira siapa aja ya?

1 dari 5 halaman

Sara Sechan

      View this post on Instagram

baca pro & kontra ttg moment di mana salah satu finalis puteri Indonesia gak hafal Pancasila. lebih banyak yg kontra. seberapa penting “hafal Pancasila”? lebih penting mana; penerapan atau hafalan? sekolah jaman sekarang beda dgn sekolah saya dulu. waktu SD yg seumuran dgn saya pasti ingat dan paham betul sekolah lebih banyak menghafal. kalau sekarang saya tanya Rajata ttg Pancasila, bisa jadi dia juga gak hafal. tapi apakah dia paham betul Tuhan hanya satu dan Tuhan mengajarkan semua agama ttg kebaikan? I hope so. diskusi kami di rumah ttg kepercayaan tidak pernah mengenai bhw agama yg kami peluk lbh baik dari yg lain. waktu dia SD, saya pernah diberi tahu gurunya saat ambil raport bhw di jam istirahat rajata sering tidak bermain dgn teman2nya. di rumah saya tanya kenapa, jawabnya “aku lagi pengen main sama adik kelas yg special needs, karena dia cuma ditemani susternya. aku temenin dia karena dia anggap aku kakak dan aku senang ngobrol sama dia. kids with autism are close to genius, ibu.” Rajata tidak pernah lupa bilang terima kasih dan peluk bibi & supir di rumah saat mereka mau pulang setiap sore. waktu kecil setiap Rajata dapat uang lebaran atau angpao, dia akan berbisik ke saya “aku boleh kasih ke bibi? dia lebih perlu, aku kan masih kecil, gak perlu uang karena ada ibu”. I don’t need my son to memorize Pancasila when he understands how to be a kind human and function well in society. sekarang banyak yg hafal Pancasila. tapi penerapannya gimana? and guess what? being questioned and judged in front of millions is never easy. makanya saya gak pernah ikutan beauty pageant. karena bisa jadi pas ditanya nama saat penjurian saya gugup dan jawab Raisa.

A post shared by Sarah Sechan (@sarsehshoku) on

Nggak membicarakan sampai-sampai menghujat Kalista, Sara Sechan justru memaklumi kejadian tesebut. Ia mengatakan hal itu di unggahan instagramnya pada hari Sabtu (07/03). Menurut Sara Sechan pengaplikasian pancasila jauh lebih penting daripada hanya menghafal kata per kata.

2 dari 5 halaman

Najwa Shihab

      View this post on Instagram

Ramai soal Puteri Sumatera Barat Kalista Iskandar yang sempat salah menyebutkan Pancasila saat menjawab pertanyaan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Saya jadi teringat pengalaman siaran langsung pertama kali. Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain. Teringat juga pengalaman meliput bencana tsunami di Aceh. Karena kekalutan situasi saya salah menyebut Kota Calang menjadi Calung. Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis, karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi. Jadi saya bisa memahami kegugupan yang pasti berkali-kali lipat dihadapi Kalista tadi malam. Hanya diberi waktu menjawab 30 detik di tengah riuh rendahnya sorakan penonton. Ketua MPR Bambang Soesatyo yang tadi malam mengajukan pertanyaan hafalan itu, juga pernah berada di situasi yang hampir mirip. Saat momen pelantikannya menjadi Ketua DPR. Walau bukan hapalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai 3 kali. We are all humans after all. #CatatanNajwa

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on

Tak hanya sebagai Jurnalis, Najwa Shihab kini juga sering turun sebagai public figure di masyarakat. Menyoroti kejadian Kalista Iskandar yang tak hafal pancasila, Najwa memkalumi kejadian itu lewat postingan di Instagramnya.

"Saya jadi teringat pengalaman siaran langsung pertama kali. Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain," tulis Najwa. Ia juga sedikit bercerita tentang kesalahan lain yang sempat dilakukan kala itu.

3 dari 5 halaman

Ibnu Jamil

      View this post on Instagram

Salam 2 jari untuk kota Manchester..Masa menang lagi sih...hmmm tanda-tanda apa ini Jon??? . Teriak tipis dulu ah GLORY GLORY MAN UNITED #jamilosjourney #coconutree

A post shared by Ibnu Jamilo (@ibnujamilo) on

Walaupun nggak ikutan posting tentang Kalista, namun bintang sinetron sekaligus presenter, Ibnu Jamil turut berkomentar di instagram Najwa Shihab.

"Saya pun saat siaran bola liga Inggris pernah menyebut Christian Bale yg seharusnya Gareth Bale..we are humans," tulisnya.

4 dari 5 halaman

Luna Maya

      View this post on Instagram

#internationalwomensday ????

A post shared by Luna Maya (@lunamaya) on

Luna Maya juga turut meramaikan kolom komentar di instagram Najwa Shihab. Ia mengaku pernah menyebut boyband korea yang seharusnya NCT menjadi NTC bahkan sampai 2 kali.

"Tahun lalu siaran langsung, salah sebut kpop band NCT ke NTC bahkan sampe 2x , we are only human..."

5 dari 5 halaman

Frederika Alexis Cull

      View this post on Instagram

Saying goodbye to all of you as I took my last walk as Puteri Indonesia was very emotional for me, I have shared so many special memories and moments with you and this title. In just one year I was able to accomplish more than I could have believed in and made history for my country for placing top 10 at Miss Universe. However it wasn’t easy, I had to push my self mentally, step away from my comfort zone and have the confidence to be who I knew I could be in my heart. Those close to me know how passionate I was to make my fellow Indonesians proud and to share inspiration to the youth and millennials to achieve greatness and to use their voice for positive change in our country. My year as Puteri Indonesia has taught me several important lessons. A walk isn’t just a walk, strength comes in many forms, fear is temporary and I am not the only person fighting for a better world. It has been the honor of my life to represent Indonesia and its people. I won’t stop; in fact, I will be continue using my voice to spread positive changes in my country as Frederika Alexis Cull for all my days that remain. . . Photo by @h2photography Kebaya by @anneavantieheart

A post shared by Frederika Alexis Cull (@frederikacull) on

Masih berkutat di instagram Najwa Shihab, Puteri Indonesai 2019 ini juga ikut membela Kalista dalam unggahan instagram storynya. Ia menuliskan "Pendapat bagus dari @najwashihab. Silakan tempatkan diri Anda pada posisi Kalista. Saya merasa sangat sedih ketika saya melihat semua komentar dan berita mengenai gadis malang ini.. kita semua melakukan kesalahan bahkan yang terbaik dari kita,"

Yash, nggak ada salahnya sih kalau mengkritik, tapi kalau sampai memaki? nggak banget deh. Apalagi kita nggak tau bagaimana kondisi dan posisi orang pada saat itu. We are all human... Tetap semangat Kalista!

Beri Komentar