Nama Nama Hari Akhir yang Ada di Dalam al-Quran, Sudah Pada Tahu Belum?

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 4 Februari 2022 10:00
Nama Nama Hari Akhir yang Ada di Dalam al-Quran, Sudah Pada Tahu Belum?
Nama nama hari akhir ini semuanya tertuang dalam al-Quran loh.

Dalam Islam, hari akhir adalah sebuah hal pasti yang akan datang. Hari tersebut pasti akan terjadi dan tidak ada yang tahu kapan hari tersebut akan datang, hanya Allah SWT yang tahu akan hal tersebut.

Secara umum, hari akhir akan disebut sebagai hari kiamat. Namun, di dalam al-Quran ada beberapa nama nama lain hari akhir. Dan sebagai seorang muslim sudah seyogianya kita tahu hal tersebut.

Berikut adalah nama nama hari akhir yang ada di dalam al-Quran yang telah dirangkum Diadona.id dari berbagai sumber. Yuk simak uraian informasinya di bawah ini.

1 dari 9 halaman

Nama Nama Hari Akhir yang Ada di Dalam al-Quran

Nama Nama Hari Akhir © Diadona

1. Yaumut Tanad

Nama nama Hari Akhir yang pertama adalah Yaumut Tanad yang artinya adalah hari saling memanggil. Nama ini disebutkan al-Quran dalam surat Ghafir ayat 3 yang artinya adalah sebagai berikut:

“ Wahai kaumku, ‘Sesungguhnya aku takut kepada kalian pada hari saling memanggil." (QS. Ghafir: 32).

Dalam hari ini disebutkan akan banyak orang yang saling memanggil orang lain saat amalannya ditimbang. Kemudian mereka saling menuntut satu sama lain.

2. Yaumul Wa'id

Nama nama Hari Akhir yang adalah Yaumul Waid yang artinya adalah hari yang sudah dijanjikan. Hal ini tertuang dalam al-Quran surat Qaf yang artinya adalah berikut:

“ Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang dijanjikan.” (QS. Qaf: 20).

Jadi, Hari Akhir atau Kiamat adalah hari yang pasti akan terjadi dan akan dihadapi oleh tiap-tiap manusia.

2 dari 9 halaman

3. Yaumul Khuruj

Yaumul Khuruj juga merupakan satu dari nama nama hari akhir yang artinya adalah Hari Dikeluarkan dari Kubur. al-Quran menyebutkannya dalam surat Qaf ayat 42 yang artinya adalah:

“ Pada hari ketika mereka mendengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur).” (QS. Qaf: 42)

Dalam hari akhir, semua manusia akan dimatikan dan kemudian dibangkitkan kembali dari kuburannya.

4. Yaumul Khulud

Nama nama hari akhir yang lain adalah Yaumul Khulud yang artinya adalah Hari yang Kekal. hal ini tertuang dalam al-Quran surat Qaf ayat 34 yang artinya adalah sebai berikut:

“ Masukilah ke (dalam surga) dengan keselamatan. Itulah hari yang kekal.” (QS. Qaf: 34).

Jadi, maksud dari Yaumul Khulud ini adalah dunia hanya sesuatu yang fana dan sementara. Sementara kiamat merupakan hari akhir yang kekal.

3 dari 9 halaman

5. Yaumul Jama'

Nama nama hari akhir yang selanjutnya adalah Yaumul Jama' yang artinya adalah Hari Berkumpul. Hari ini adalah hari saat manusia akan dibangkitkan dari kubur dan Allah SWT akan mengumpulkan semua hambanya menjadi satu.

Hal ini tertuang dalam al-Quran surat Asy-Syura ayat 7 yang artinya adalah sebagai berikut:

“ Dan memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul yang tidak ada keraguan padanya." (QS. Asy-Syura: 7).

6. Yaumul Hisab

Nama nama hari akhir yang selanjutnya adalah Yaumul Hisab. Jadi manusia akan dibangkitkan dari kubur kemudian dikumpulkan dan akan dilakukan penghisaban. Hal ini tertuang dalam al-Quran dalam surat Shad ayat 53 yang artinya adalah sebagai berikut:

“ Inilah apa yang dijanjikan kepadamu pada hari perhitungan,” (QS. Shad: 53).

4 dari 9 halaman

Nama Nama Hari Akhir yang Ada di Dalam al-Quran

Nama Nama Hari Akhir © Diadona

7. Yaumul Hasrah

Kemudian untuk nama nama hari akhir yang selanjutnya adalah Yaumul Hasrah yang artinya adalah Hari Penyesalan. Hal ini tertuang dalam al-Quran surat Maryam ayat 39 yang artinya adalah:

“ Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputuskan, sedang mereka dalam keadaan lalai dan tidak beriman.” (QS. Maryam: 39).

Jadi, di hari akhir nanti seluruh amalan manusia dibuka satu per satu, dan mereka akan banyak menyesali perbuatannya selama di dunia.

8. Yaumul Fash

Yaumul Fash adalah nama nama hari akhir yang artinya Hari Pemisahan. Hal ini desbitkan dalam al-Quran surat Ash Shaffat ayat 21 yang artinya adalah sebagai berikut:

“ Inilah hari pemisahan yang dahulu kamu dustakan.” (QS. Ash Shaffat: 21).

5 dari 9 halaman

9. Yaumul Din

Nama nama hari akhir yang selanjutnya adalah Yaumul Din yang artinya adalah hari pembalasan. Hal ini tertuang dalam al-Quran dalam surat al-Fatihah ayat 4 yang artinya adalah:

“ Yang menguasai di Hari Pembalasan,” (QS. Al-Fatihah: 4).

Di hari akhir nanti, manusia akan mendapatkan balasan atas apa yang diperbuatnya selama hidupnya. Apabila lebih banyak amalan baiknya maka ia mendapat balasan surga dan sebaliknya.

10. Yaumul Ba'ats

Yaumul Ba'ats adalah nama hari akhir yang artinya Hari Kebangkitan. Hari Kebangkitan ini tertuang dalam al-Quran dalam Ar-Rum ayat 56 yang artinya adalah:

“ Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit. Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi kamu tidak mengetahuinya,” (QS. Ar-Rum: 56).

Jadi, di hari akhir nanti, semua manusia akan dibangkitkan dari kuburnya.

6 dari 9 halaman

11. Yaumul 'Asir

Yaumul 'Asir adalah nama nama hari akhir yang artinya Hari Sulit. Hari kiamat akan menjadi hari yang sulit bagi mereka yang mempunyai banyak catatan amal keburukan. Hal ini tertuang dalam al-Quran dalam surat Al-Mudassir ayat 9

12. Darul Qarar

Dalam al-Quran surat Ghafir ayat 39 Allah SWT berfirman yang artinya: “ Wahai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini adalah kesenangan sementara. Dan sesungguhnya akhirat itu adalah negeri tempat kembali,”

Darul Qarar yang mempunyai arti Tempat Kembali adalah nama nama hari akhir yang mana nanti manusia akan mendapatkan tempat kembali yakni akhirat.

7 dari 9 halaman

Nama Nama Hari Akhir yang Ada di Dalam al-Quran

Nama Nama Hari Akhir © Diadona

13. At-Thammatul Kubra

At-Thammatul Kubra adalah nama nama dari akhir yang artinya adalah bencana besar. Hal ini tertuang dalam al-Quran surat An-Nazi'at ayat 34 yang artinya:

“ Maka apabila bencana yang sangat besar (hari kiamat) telah datang.” (QS. An-Nazi’at: 34)

14. As-Sa'ah

As-Sa'ah adalah nama nama hari akhir yang artinya Hari yang Menentukan. Jadi, dalam hari tersebut manusia akan ditentukan akan masuk ke surga atau neraka.

Hal ini tertuang dalam surat Ghafir ayat 59 yang artinya:

“ Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman," (QS. Ghafir: 59).

8 dari 9 halaman

15. Ash-Shakhkhah

Ash-Shakhkhah atau teriakan juga termasuk nama nama hari akhir. Hari akhir akan menjadi sangat menakutkan bagi mereka yang selama hidupnya dipenuhi dengan amal buruk. Mereka akan berteriak melihat datangnya hari tersebut.

Hal ini tertuang dalam al-Quran surat Abasa ayat 33 yang artinya adalah sebagai berikut:

“ Maka apabila datang suara yang memekakkan (telinga),” (QS. Abasa: 33).

16. Al-Waqiah

Al-Waqiah juga menjadi nama nama hari akhir. Hal ini tertuang dalam al-Quran dalam surat Al-Waqiah.

17. Al-Qari'ah

Ya, Al-Qari'ah juga merupakan nama nama hari akhir yang artinya adalah ketukan Keras. Yang mana hari akhir adalah ketukan kerasa bagi seluruh umat manusia. Hal ini tertuang dalam Surat Al-Qari'ah.

9 dari 9 halaman

18. Al-Haqqah

Al-Haqqah adalah nama nama hari akhir yang artinya adalah Suatu yang Pasti. Hal ini tertuang dalam al-Quran Al-Haqqah ayat 3.

19. Al-Azifah

Al-Azifah artinya adalah Suatu yang Dekat. Jadi, sesungguhnya hari kiamat itu dekat. Meski demikian sebagian manusia tak menyadarinya.

Hal ini tertuang dalam al-Quran dalam surat An-Najm ayat 57 yang berbunyi: " Telah dekat terjadinya hari kiamat."

20. Ad-Darul Akhirah

Ad-Darul Akhirah adalah nama nama hari akhir yang artinya adalah negeri akhirat. Hal ini tersebut di dalam al-Quran dalam surat Al-Ankabut ayat 64 yang artinya adalah:

“ Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui,” (QS. Al-Ankabut: 64).

Jadi itulah nama nama hari akhir yang ada di dalam al-Quran. Semoga uraian informasi ini bisa berguna buat kita semua ya. 

Beri Komentar