Mitosnya Tempat-Tempat ini Bisa Merusak Hubungan Pasangan Kekasih, Berani ke Sini?

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 17 Februari 2020 11:04
Mitosnya Tempat-Tempat ini Bisa Merusak Hubungan Pasangan Kekasih, Berani ke Sini?
Kalau kamu sudah bosen dengan pasanganmu coba main-main ke sini, siapa tahu bisa putus hubungan.

Sebagai warga negara Indonesia asli, kita pasti sudah tidak asing dengan mitos-mitos yang sering diceritakan oleh orang-orang di sekitar kita. Entah mengapa, segala hal yang berkaitan mitos selalu menjadi sebuah topik yang menarik untuk dibicarakan.

Ada banyak sekali mitos yang dipercaya oleh masyarakat, salah satunya adalah tentang tempat-tempat yang konon bisa menjadi penyebab putusnya hubungan sebuah pasangan. Dilansir dari berbagai sumber, tempat seperti Candi Prambanan, Tanah Lot, hingga air terjun Coban Rondo konon bisa menjadi sebab putusnya sebuah hubungan seseorang. Kok bisa ya?

1 dari 6 halaman

Tanah Lot

Tanah Lot © Diadona


Salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi di pulau Dewata ini ternyata bisa bikin hubungan berantakan, lho. Tempat wisata berupa sebuah pulau yang sangat kecil dengan sebuah pura di atasnya ini konon dijaga oleh sebuah ular suci.

Masyarakat sekitar percaya jika ada sepasang kekasih yang masuk ke dalam pura ini maka hubungan mereka dipastikan akan segera kandas. Oleh sebab itu, masyarakat sekitar tidak mengajurkan sepasang kekasih untuk tidak masuk ke dalam pura.

2 dari 6 halaman

Pantai Parang Tritis

Parang Tritis © Diadona


Pantai Parang Tritis menjadi pantai dengan pengunjung yang cukup ramai di Yogyakarta. Karena dipercaya sebagai wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul, tempat ini menyimpan banyak seklai mitos seperti tidak boleh memakai baju berwarna hijau.

Selain itu, konon, pasangan kekasih yang main dan mengunjungi tempat ini dipercaya akan segera putus. Entah hal apa yang melatarbekalangi mitos ini, menurut masyarakat setempat hal tersebut tidak hanya belaku di Parang Tritis melainkan di semua pantai di laut selatan.

3 dari 6 halaman

Candi Prambanan

Candi Prambanan © Diadona


Candi yang konon hanya dibangun hanya dalam waktu satu malam ini dipercaya bisa menjadi rusaknya sebuah hubungan. Menurut legenda, hal itu disebabkan oleh kutukan yang diutarakan oleh bandung Bondowoso karena telah dibohongi oleh Roro Jonggrang.

Bandung Bondowoso yang marah mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap candi ke seribu. Legenda itu kemudian berkembang menjadi mitos yang menyatakan bahwa setiap pasangan kekasih yang datang ke Candi Prambanan akan putus.

4 dari 6 halaman

Gunung Pegat


Mitos yang paling ditakuti dan masih banyak dipercaya sampai sekarang adalah berani ke gunung ini berarti kamu siap menerima kesengsaraan hidup. Mitos ini berlaku khususnya untuk mereka yang merupakan pasangan pengantin baru.

Kabarnya, kenapa gunung ini sangat ditakuti pengantin baru. Adalah karena ulah usil penunggu Gunung Pegat yang bernama Mbah Glondor. Konon, Mbah Glondor ini mati dalam kondisi sakit hati. Dia akhirnya mengucap ikrar bahwa dirinya akan menghancurkan setiap kebahagiaan pada mereka yang hadir di Gunung Pegat.

5 dari 6 halaman

Coban Rondo

Coban Rondo © Diadona


Keasrian alam di Coban Rondo ini kerap mengundang pasangan muda-mudi untuk berkunjung ke tempat ini. Namun, dipercaya bahwa pasangan kekasih akan putus jika mengunjungi Coban Rondo. Karena lokasi ini dipercaya sebagai tempat Dewi Anjarwati yang menunggu suaminya Raden Baron Kusuma.

Mitosnya, di usia pernikahan yang belum genap 40 hari, mereka nekat pergi ke Gunung Anjasmoro. Lalu, mereka dicegat oleh Joko Lelono yang jatuh cinta pada Dewi Anjarwati. Raden Baron Kusuma meminta Dewi Anjarwati untuk menunggu di dekat coban. Suaminya tak pernah kembali karena gugur dalam pertempuran. Konon, Dewi Anjarwati cemburu jika melihat ada pasangan kekasih di sini.

6 dari 6 halaman

Nah, itulah beberapa tempat yang mitosnya bisa menjadi sebab dari putusnya sebuah hubungan. Kalau kalian sudah merasa bosan dengan pasangan, mungkin tempat-tempat ini bisa coba. 

Beri Komentar