Mitos Pohon Bunut Bolong di Jembrana-Bali yang Sudah Berusia Ratusan Tahun

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 7 Maret 2020 06:15
Mitos Pohon Bunut Bolong di Jembrana-Bali yang Sudah Berusia Ratusan Tahun
Konon, pasangan yang melewati tenpat ini akan menemui kesengsaraan. Tenang, jomblo aman.

Bali adalah salah satu daerah di Indonesia yang masih memegang erat adat dan budaya yang mereka miliki. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam maupun luar negeri.

Selain itu, wisata alam dibali juga menjadi primadona tersendiri, khususnya pantai-pantai yang menyuguhkan pemandangan luar biasa. Yang terakhir, aura mistis serta mitos-mitos daerah juga menjadi daya taris tersendiri untuk pulau ini.

1 dari 4 halaman

Salah satu wisata alam yang cukup unik adalah Bunut Bolong yang terletak di Kecamatan Pekutatan, Jembrana. Melansir dari laman merdeka.com, bunut Bolong adalah pohon bunut besar berumur ratusan tahun yang bagian akarnya membentuk sebuah lorong.

Lorong yang terbentuk di bawah ini cukup besar, sebuah truk pun bisa lewat. lorong ini juga menjadi penghubung antara kedua sisi jalan raya atau jalan umum. Pohon super besar yang berusia ratusan tahun banyak didatangi oleh wisatawan lho, baik dalam maupun luar negeri.

2 dari 4 halaman

Nah, menurut masyarakat setempat, pohon ini mempunyai kutukan tertentu untuk orang tertentu. nah gimana tuh?

Jadi, pasangan pengantin atau rombongan iringan pengantin dilarang melintas lorong Bunut Bolong ini. Konon jika larangan itu diabaikan, biasanya terjadi kecelakaan pada rombongan pengantin. Atau rumah tangga dari pengantin tidak langgeng. Paling fatal ditinggal mati dalam waktu singkat dari salah satu pasangan pengantin tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Bunut Bolong © Diadona

Tapi jangan khawatir, adanya pantangan itu adalah demi menjaga kesucian dari alam setempat, maka pemerintah bersama pihak adat setempat kemudian membuatkan jalan khusus bagi pasangan pengantin atau iring-iringan pengantin yang melintas di bunut bolong. Sehingga bagi iring-iringan pengantin atau pasangan yang sedang bulan madu tidak lewat di bawah pohon Bunut Bolong tersebut.

4 dari 4 halaman

Uniknya lagi nih, meskipun tempat ini terlarang untuk dilintasi pasangan pengantin atau yang berbulan madu, tapi Bunut Bolong ini sering dijadikan objek momen foto-foto pre wedding.

Antara unik dan menyeramkan sih pohon Bunut Bolong ini. Kalau menurut kalian gimana?

Beri Komentar