Meraih Keutamaan dan Pahala Puasa Ayyamul Bidh 13 Rajab 2024

Reporter : Aditia
Rabu, 24 Januari 2024 21:38
Meraih Keutamaan dan Pahala Puasa Ayyamul Bidh 13 Rajab 2024
Mari rebut kesempatan mulia untuk meraih keutamaan dan pahala puasa Ayyamul Bidh 13 Rajab

Bulan Rajab, salah satu dari bulan haram, kembali menaungi kita. Di bulan penuh berkah ini, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan kebaikan, salah satunya puasa Ayyamul Bidh. Puasa sunnah ini dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriyah, termasuk pada tanggal 13 Rajab 2024 yang jatuh pada hari Kamis (25/1/2024). 

Ada beberapa keistimewaan yang bisa didapatkan dari puasa Ayyamul Bidh, salah satunya adalah pahala yang dilipatgandakan. Namun, ada beberapa pahala lain yang umat islam bisa dapatkan kala menunaikan ibadah puasa sunah satu ini, di antaranya:

1 dari 4 halaman

1. Pahala Dilipatgandakan

Niat Puasa Ayyamul Bidh © Diadona

Keutamaan puasa Ayyamul Bidh tersebut disebutkan dalam sebuah hadits. Dari Abdullah bin 'Amr, Rasulullah SAW bersabda: 

" Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa."

Hadits tersebut menunjukkan bahwa pahala puasa Ayyamul Bidh dilipatgandakan menjadi pahala puasa sepanjang tahun. Betapa luar biasa keberkahan yang bisa diraih hanya dengan tiga hari berpuasa!

 

2 dari 4 halaman

2. Wasiat Rasulullah SAW

Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan para sahabat untuk berpuasa Ayyamul Bidh. Ini menunjukkan betapa pentingnya amalan ini di mata beliau. Dengan mengikuti sunnah tersebut, kita semakin dekat dengan Rasulullah dan meraih ridha Allah SWT.

3 dari 4 halaman

3. Menghapus Dosa-Dosa Kecil

Menurut sebagian ulama, puasa Ayyamul Bidh dapat menghapus dosa-dosa kecil yang kita lakukan. Ini menjadi kesempatan emas untuk membersihkan diri dan kembali fitrah kepada Allah SWT.

4 dari 4 halaman

4. Melatih Diri untuk Puasa Ramadhan

Niat Puasa Ayyamul Bidh © Diadona

Ayyamul Bidh bisa menjadi latihan yang baik untuk menghadapi puasa Ramadhan yang akan datang. Dengan membiasakan diri menahan nafsu dan lapar, kita akan lebih siap menyambut bulan suci tersebut.

Niat Puasa Ayyamul Bidh 13 Rajab:

Latin:

Nawaitu shauma ghadin ‘ana ayyami al-bidhi lillahi ta’ala.

Artinya:

Aku niat puasa sunnah besok hari karena Allah Ta’ala.

Jadi, mari rebut kesempatan emas untuk meraih keutamaan dan pahala puasa Ayyamul Bidh 13 Rajab. Dengan niat yang tulus dan semangat beribadah, semoga kita bisa meraih limpahan berkah dan ampunan dari Allah SWT.

Selain berpuasa, jangan lupa untuk memperbanyak amalan kebaikan lainnya di bulan Rajab, seperti membaca Al-Quran, berdzikir, bersedekah, dan mempererat silaturahmi. Selamat menjalankan ibadah!

 

Beri Komentar