Mengenal Sosok Inspiratif HM Fitno, dari Pedagang Bumbu di Pasar Kini Jadi Pengusaha Tajir

Reporter : Firstyo M.D.
Rabu, 12 Agustus 2020 19:08
Mengenal Sosok Inspiratif HM Fitno, dari Pedagang Bumbu di Pasar Kini Jadi Pengusaha Tajir
Kisah perjuangan HM Fitno mengubah nasib.

Kisah inspiratif perjuangan mengubah nasib dari kalangan bawah menjadi seseorang yang berada memang selalu dapat menggerakkan jiwa.

Kali ini dalam salah satu kunjungannya, Boy William menemui seorang pengusaha bernama Muhammad Fitno atau yang lebih dikenal sebagai HM Fitno.

Lewat akun Instagram-nya, @fitno_fabulous, HM Fitno terlihat seperti sosok yang sangat berada dengan rumah mewah berornamen emas yang menambah megah bangunan. Namun apa yang didapat tidak hadir dalam semalam. Sebelum meraih itu semua, HM Fitno juga merasakan beratnya merangkak dari bawah.

1 dari 4 halaman

HM Fitno dan Boy William © Diadona

Sekarang telah menjadi seorang pengusaha yang kaya raya, HM Fitno mengaku bahwa itu semua adalah buah kerja kerasnya. Ia lahir dari latar belakang keluarga besar yang cenderung sederhana.

" Alhamdulillah dari keluarga yang sederhana saja. Orang tua punya anak 11 dan saya anak paling bungsu," ungkapnya.

HM Fitno yang berasal dari Palembang memutuskan hijrah ke Jakarta untuk megubah nasib. Ia bahkan mengaku bahwa saat itu hidupnya sangat susah di awal kepindahan.

" Bener-bener dari orang susah, merantau sendiri tanpa (kenal) siapapun. Saya ngekos bersama temen, satu kamar bertiga, ukuran kamar 2x3 (meter)," kisah HM Fitno.

2 dari 4 halaman

HM Fitno dan Boy William © Diadona

Keberaniannya untuk merantau bukan tanpa alasan. HM Fitno memang memiliki mental yang kuat untuk dapat menjadi orang sukses. Hal ini tercermin dari keputusannya untuk berdagang di pasar sejak kelas 2 SMP hingga 3 SMA. Ia melakukan hal tersebut untuk memenuhi kebutuhannya sekaligus membantu orangtua.

" Menjelang 10 hari terakhir Ramadan, jelang Lebaran, saya jualan bumbu di pasar biar bisa beli baju baru untuk Lebaran. Bisa beli kue, bantu ibu," tutur HM Fitno.

Dari pengalaman berdagang itulah mental HM Fitno untuk menjadi seorang pengusaha tumbuh.

" Bagaimana saya mesti punya omset jualan lebih besar dari temen-temen saya."

3 dari 4 halaman

HM Fitno dan Boy William © Diadona

Akhirnya, HM Fitno pun terjun ke dunia usaha. Ia membangun sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembangunan Base Transceiver Station (BTS) untuk keperluan di dalam gedung sejak 2003. Perusahaan itulah yang mengantarkannya menuju gerbang kesuksesan.

" Perusahaan yang pertama saya punya dan sukses itu fokus di pembangunan infrastruktur BTS di dalam gedung. Hampir seluruh gedung di Indonesia saya yang pasang BTS-nya," tutur HM Fitno.

" Hotel, rumah sakit, airport, seluruh apartemen, perkantoran, universitas, semua saya yang pasang BTS-nya."

Sejak tahun 2017 hingga kini, HM Fitno juga aktif menjadi investor di sejumlah perusahaan dan startup.

4 dari 4 halaman

Tak ingin menyimpan sendiri resep keberhasilannya, HM Fitno pun membagikan tiga kunci sukses menurutnya.

" Kalau mau sukses ada tiga (kunci) menurut saya. Pertama spiritual intelegence, kedekatan pada Tuhan. Kedua akhlak; personality dan mentality, bagaimana menjadi orang yang nice, rendah hati, tidak sombong, dan rajin. Ketiga IQ, mesti update terus dari buku dan orang-orang yang sudah sukses."

Inspiratif banget nih kisah Muhammad Fitno atau HM Fitno. Nggak cuma dibagi kisah perjuangannya, kita juga diberi tahu bagaimana kunci menuju kesuksesan yang telah ia capai.

Siap sukses seperti HM Fitno?

Beri Komentar