Masuk Babak 6 Besar, Kalista Iskandar Wakil dari Sumbar Gak Lancar Sebutkan Pancasila

Reporter : Sofi
Sabtu, 7 Maret 2020 09:18
Masuk Babak 6 Besar, Kalista Iskandar Wakil dari Sumbar Gak Lancar Sebutkan Pancasila
Begini Kalista Iskandar saat ucapkan Pancasila.

Menjadi finalis di ajang bergengsi Puteri Indonesia, adalah sebuah pencapaian yang tinggi bagi sebagian orang. Pada hari Jumat (6/3) malam, adalah diselenggarakannya acara puncak dari Puteri Indonesia 2020. Ayu Maulida wakil dari Jawa Timur, berhasil membawa gelar Puteri Indonesia 2020 dan banjir pujian, dan ucapan selamat atas kemenangannya.

Tidak hanya Ayu Maulida yang menjadi pusat perhatian. Salah satu finalis, yaitu Kalista Iskandar wakil dari Sumatera Barat. Sempat menjadi trending, gadis cantik berusia 21 tahun ini gelagapan ketika menjawab sebuah pertanyaan dari salah satu juri.

1 dari 3 halaman

Seperti yang kita ketahui, untuk lolos menjadi pemenang, kita harus menjawab pertanyaan dari para juri. Kebetulan Kalista mendapat pertanyaan dari Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo. Di luar dugaan, Bambang justru meminta Kalista untuk menyebutkan Pancasila secara lengkap.

" Kalista, sebagaimana kita pahami bersama, Indonesia adalah bangsa yang besar, yang memiliki 17.500 pulau, 733 bahasa. Kita beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Pertanyaan saya adalah, apakah Kalista hafal lima sila yang terkandung dalam Pancasila?" tanya Bambang Soesatyo yang dikutip dari Kapanlagi.com (7/3).

2 dari 3 halaman

Terdiam sejenak, Kalista kemudian mengucap terima kasih pada Bambang. Dia harus menjawab pertanyaan itu selama 30 detik dan menyebutkan sila pertama, hingga ketiga dengan lancar. Sayangnya, Kalista terlihat gelagapan saat menyebut sila keempat.

" Nomor empat, kemanusiaan yang... Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan, dalam permusyawaratan per... masyarakat, perwakilan." Ucap Kalista dengan tetap menyematkan senyumnya, walau terlihat tegang.

3 dari 3 halaman

Kalista Iskandar © Diadona

Menyadari akan kesalahan itu, para penonton pun bersorak yang membuat Kalista semakin tegang. Kemudian dia menyebutkan sila kelima dengan jawaban yang kurang tepat, " Kemanusiaan sosial yang adil dan beradab."

Dengan sempat membenarkan sila kelima " Kemanusiaan yang adil dan beradab," kata Bambang. Dia juga tetap mengapresiasi Kalista. " Terima kasih Kalista, Anda layak menang."

Penonton yang menyaksikan di studio saat itu pun memberikan tepuk tangan yang meriah untuk Kalista. Sayang karena kesalahan itu, Kalista tidak berhasil lolos ke babak tiga besar. Dalam babak tiga besar itu berhasil ditempati oleh Rr Ayu Maulida sebagai juara 1 dan wakil dari Jawa Timur, Putu Ayu Saraswati Runner Up keduawakil dari Bali, dan Jihane Almira Chedid wakil Jawa Tengan yang meraih Runner Up ketiga.

Gimana nih menurut kalian tentang hal ini? Tulis komentar kalian di bawah ya!

Beri Komentar