Makam Wotgaleh: Siap Menjatuhkan Apapun yang Melintas Di Atasnya, Termasuk Nyalimu

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 7 Februari 2020 16:00
Makam Wotgaleh: Siap Menjatuhkan Apapun yang Melintas Di Atasnya, Termasuk Nyalimu
Tidak ada hujan tidak ada petir, tapi apapun bisa terjatuh jika melintas di atas makam ini

Setuju atau tidak, Indonesia memang gudangnya hal-hal mistis. Ada banyak mitos yang beredar di sekitar kita tentang hal mistis yang bersinggungan langsung dengan kehidupan manusia biasa seperti kita ini.

Makam kuno atau makam orang-orang sakti mandraguna yang hidup di masa lalu adalah satu tempat tumbuhnya mitos-mitos yang dipercaya oleh masyarakat. Salah satu mitos yang dipercaya adalah barang apapun yang melintas di atas Makam Wot galeh atau Pangeran Purbaya yang berada di Sleman Yogyakarta akan jatuh ke bumi.

1 dari 5 halaman

Melansir dari brilio.net, makam yang sudah berusia tratusan tahun ini adalah tempat disemayamkannya manusia sakti Mandraguna dari kerajaan Mataram. Pangeran Purbaya adalah putra dari raja Mataram Islam pertama. Tapi, masa kecil Pangeran Purbaya ini tidak hidup dalam kemeehan istana, dia tinggal di gunung berama kakeknya.

2 dari 5 halaman

Banyaknya waktu di dalam hidupnya yang Ia lakukan untuk semedi, Pangeran Purbaya pun tumbuh menjadi pria dewasa pilih tanding. Tak heran jika kerajaan menunjuknya menjadi Senopati pelindung kerajaan Mataram pada saat itu. Pangeran Purbaya juga menjadi senopati perang saat pemerintahan Sultan Agung hingga Amangkurat I.

3 dari 5 halaman

Terkait mitos yang beredar bahwa apapun yang melintas di atas makam Pangeran Purbaya ini ternyata benar adanya. Makam yang berlokasi di dekat landasan udara Adi Sucipto itu memang mempunyai kesakralan tersendiri. Selain warga sekitar makam, petugas penerbangan dari landasan udara Adi Sucipto juga meyakini hal tersebut.

Mereka percaya bahwa semacam ada aturan yang tak tertulis yang harus dipatuhi. Jika ada pesawat yang melintas di atas makam ini dan jatuh, bisa jadi selain faktor human error juga kurang mengindahkan keyakinan kearifan lokal warga sekitar tentang makam tersebut.

4 dari 5 halaman

Kasus pesawat yang melintas di atas makam ini dan jatuh sudah terjadi beberapa kali. Pada Desember 2015, pesawat TNI T50i Golden Eagle dilaporkan jatuh pada pukul 09.40 WIB saat tengah melakukan akrobatik udara. Diduga sang pilot tak sengaja melintas di atas makam ini. Tak cuma itu, sebelumnya pada tanggal 29 Desember 2011, pesawat latih jenis Gilder 611 juga jatuh di daerah dekat makam yang tak lepas dari mitos yang diyakini.

5 dari 5 halaman

Selain pesawat udara, sering ditemukan bangkai burung ataupun kelelawar yang jatuh karena melintas di atas makam tersebut.

Nah, itulah ulasan mitos tentang sakralnya makam Wotgaleh. Sebuah makam yang diyakini mampu menjatuhkan apa saja yang melintas di atasnya. Gimana, kamu percaya dengan mitos ini?

Beri Komentar