Leak, Ajaran Mistis yang Berasal dari Pulau Bali

Reporter : Yoyok
Rabu, 25 Maret 2020 16:00
Leak, Ajaran Mistis yang Berasal dari Pulau Bali
Leak bukanlah sebuah jalan untuk mencari pesugihan.

Makhluk mistis Leak kerap kali diidentikkan dengan makhluk berwajah seram serta taring yang yang mencuat. Tubuh makhluk ini selalu dibalut dengan kain kotak-kotak berwarna hitam putih.

Namun, ternyata Leak merupakan ajaran sastra suci di Bali yang bila diucapkan dengan daya cipta, akan mengubah seseorang menjadi apapun yang ada dalam pikirannya tersebut.

"Leak itu real. Tapi bukan hanya berbentuk seram yang selama ini dipersepsikan orang banyak, Leak itu ajaran spiritual yang bisa berubah bentuk menjadi apa saja. Jadi jangan heran kalau lihat motor jalan sendiri di Bali," kata Budayawan Bali, I Gede Ngurah Harta.

1 dari 6 halaman

Ngurah juga menambahkan, tidak ada batasan usia maupun jenis kelamin untuk mempelajari aliran mistis tersebut, semua orang bisa.

" Tidak ada persyaratan yang diharuskan untuk menjadi Leak, asal tekun dan serius mempelajari sastra suci Bali dan diucapkan dengan daya cipta yang kuat akan terwujud," ucap Ngurah.

2 dari 6 halaman

Menurut Ngurah, Leak tidak hanya ditemukan di daerah Sanur saja. Namun, karena derasnya arus budaya luar, membuat ajaran mistis Leak perlahan-lahan masuk ke pedalama n di Bali, contohnya seperti Sanur.

Tidak seperti cerita pada umumnya, Leak bukanlah jalan seseorang untuk mencari pesugihan. Melainkan Leak merupakan pilihan bagi orang-orang yang sangat menggeluti sastra kuno Bali yang suci.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Leak © Diadona

Dalam aksara Bali tidak ada yang disebut Leak, tapi 'liya, ak' yang mmemiliki makna lima aksara. Lima aksara tersebut yaitu Si adalah mencerminkan Tuhan, Wa adalah anugerah, Ya adalah jiwa, Na adalah kekuatan yang menutupi kecerdasan dan Ma adalah egoisme yang membelenggu jiwa. Kekuatan aksara ini disebut lima api.

4 dari 6 halaman

Ada tujuh tingkatan rohani dalam Leak:

- Leak barak (brahma). Leak ini baru bisa mengeluarkan cahaya merah api.

- Leak bulan,

- Leak pemamoran,

- Leak bunga,

- Leak sari,

- Leak cemeng rangdu,

- Leak siwa klakah, adalah Leak tertinggi karena ketujuh cakranya mengeluarkan cahaya yang sesuai dengan kehendak batinnya.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Leak © Diadona

Tingkatan Leak tertinggi menjadi bade (menara pengusung jenazah), di bawahnya menjadi garuda, dan lebih bawah lagi binatang-binatang lain, seperti monyet, anjing, ayam putih, kambing, babi betina dan lain sebagainya.

Selain itu juga dikenal nama I Pudak Setegal (yang terkenal cantik dan bau harumnya), I Garuda Bulu Emas, I Jaka Punggul dan I Pitik Bengil (anak ayam yang dalam keadaan basah kuyup).

6 dari 6 halaman

Jadi, kalau kalian masih berpikiran Leak memiliki penampilan yang seram, sebenarnya hal tersebut adalah sebuah ajaran mistis. Bahkan dapat dipelajari oleh siapapun.

Beri Komentar