Lawan Stigma Negatif, Mattel Inc Luncurkan Koleksi Boneka Barbie Down Syndrome

Reporter : Mila
Kamis, 27 April 2023 17:18
Lawan Stigma Negatif, Mattel Inc Luncurkan Koleksi Boneka Barbie Down Syndrome
Mattel membuat rangkaian bonekanya lebih inklusif.

Mattel Inc, produsen mainan boneka Barbie, pada Selasa, 25 April 2023, memperkenalkan versi boneka Barbie pertamanya yang mewakili seseorang dengan down syndrome.

Boneka baru ini adalah bagian dari lini Mattel Barbie Fashionistas, yang bertujuan untuk menawarkan anak-anak representasi kecantikan yang lebih beragam, inklusif, dan melawan stigma seputar disabilitas fisik.

1 dari 5 halaman

Untuk Barbie Fashionista terbaru, Mattel mengatakan pihaknya bekerja sama dengan National Down Syndrome Society (NDSS) untuk berdiskusi mengenai bentuk, fitur, pakaian, aksesori, dan kemasan boneka. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa boneka tersebut secara akurat mewakili seseorang dengan down syndrome

2 dari 5 halaman

Melansir Reuters, Barbie itu memiliki postur tubuh lebih pendek dan batang tubuh lebih panjang daripada boneka Barbie lainnya. Wajah boneka baru ini juga lebih bulat, mata cenderung kecil dan bagian sudut mata tertarik ke atas, telinga lebih kecil dan hidung bagian atas yang cenderung lebih datar.

Barbie Down Syndrome © Diadona

3 dari 5 halaman

Barbie itu memakai baju dengan rok berlengan gembung yang berhias kupu-kupu dan bunga-bunga dalam warna kuning dan biru, yaitu simbol dan warna-warna yang diasosiasikan dengan kesadaran mengenai Down Syndrome.

Tidak hanya itu, kalung merah muda dengan liontin tiga mata panah berbentuk seperti huruf V terbalik bertumpuk dapat mewakili 3 salinan kromosom ke-21 serta penyangga pergelangan kaki yang juga berwarna pink.

Barbie Down Syndrome © Diadona

4 dari 5 halaman

Sebelumnya dalam koleksi Barbie Fashionista, Mattel telah mengeluarkan boneka Barbie dengan kaki prostetik, Barbie dengan alat bantu dengar, Barbie dengan kursi roda, dan Barbie dengan kondisi kulit vitiligo yang menyebabkan bercak kulit yang kehilangan pigmennya.

Barbie Fashionista © Diadona

Beri Komentar