Kisah Seorang Nenek yang Tinggal di Rumah Reyot, Tak Pernah Dapat Bantuan dari Pemerintah

Reporter : Riza Umami
Selasa, 21 April 2020 20:17
Kisah Seorang Nenek yang Tinggal di Rumah Reyot, Tak Pernah Dapat Bantuan dari Pemerintah
Tak pernah dapat bantuan pemerintah, meski kondisi Nenek Minah dalam kekurangan.

Beberapa orang harus hidup kekurangan meski usianya sudah senja. Seperti seorang nenek berikut ini yang tinggal di rumah reyot dan bahkan sudah tak layak huni ini. Beliau tinggal di Kampung Randu Kurung Desa Cibiuk Kidul Kecamatan Cibiuk, Jawa Barat.

Nenek ini bernama Nenek Minah. Dilansir dari laman kompas.com (19/04), kini beliau sudah berusia 70 tahun. Beliau tinggal di sebuah rumah yang sudah tua, bahkan bagian atapnya ini sudah roboh sebagian dan tak ada warga yang berani membantu memperbaiki karena takut malah roboh semua.

1 dari 3 halaman

Meski sudah tua, tapi dinding rumahnya masih cukup kokoh. Hanya saja atapnya yang sudah parah dan bukan lagi bocor, tapu atapnya ini sudah bolong dan tak ada gentengnya. Beliau memang telah tinggal sendiri sejak suaminya meninggal dan tak memiliki anak.

Sejak sang suami meninggal, dia pun hidup sebatang kara di rumahnya ini. Dia pun jadi kesulitan untuk memperbaiki rumahnya karena tak ada anggota keluarga lain yang bisa membantunya.

2 dari 3 halaman

Beliau pun tak memiliki pekerjaan yang pasti. Terkadang, beberapa tetangga memberikannya makanan tetapi dia pun mengatakan menolak bila disuruh tinggal di rumah tetangganya meski rumahnya sudah rusak parah seperti ini.

Meski hidup dalam keadaan kekurangan seperti ini, Nenek Minah ternyata tak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Warga yang mengusahakan agar dirinya dapat bantuan perbaikan rumah pun, tak ada perbaikan hingga kini.

3 dari 3 halaman

Beliau pun tak punya bpjs, jadi harus berobat dengan biaya sendiri. Pemerintah desa pun sudah berupaya agar Nenek Minah bisa segera mendapatkan bantuan dari pemerintah, meski belum disetujui karena kuotanya terbatas.

Meski begitu, Nenek Minah tetap ikhlas dan melanjutkan aktivitasnya seperti biasanya. Beliau biasanya mengaji Al-Qur'an dan juga bershalawat di rumahnya ini. Beliau pun rutin mengikuti acara pengajian di masjid dekat rumahnya. Semoga Nenek Minah segera mendapatkan bantuan dan rumahnya bisa segera diperbaiki.

Beri Komentar