Kisah Inspiratif Perenang Down Syndrome, Karen Gaffney

Reporter : Riza Umami
Kamis, 2 Januari 2020 23:04
Kisah Inspiratif Perenang Down Syndrome, Karen Gaffney
Karen Gaffney adalah seorang atlet renang sekaligus penyandang Down Syndrome, berikut kisahnya.

Karen Gaffney adalah seorang atlet renang, tetapi dia berbeda dengan atlet lainnya karena Karen adalah seorang penyandang Down Syndrome. Kecintaannya pada air dan bakat berenangnya ini pertama kali disadari ayahnya sejak Karen masih bayi. Ayahnya bahkan menyebut Karen sebagai bayi air.

Dilansir dari laman karengaffneyfoundation.com (03/12), saat Karen masih berusia sembilan bulan, ayahnya meniup wajahnya sampai dia menahan napas kemudian menenggelamkannya dengan lembut. Sedari kecil sang ayah yang bernama Jim Gaffney ini sudah mengajarinya cara untuk mengontrol napas di dalam air.

Awalnya sang ayah mengajari Karen berenang di rumah mereka di Sunnyvale, California sejak bayi. Kemudian mereka pindah ke daerah Portland dan di sana ayahnya menemukan kolam renang yang lebih besar untuk Karen yang berada di klub atletik hotel Mariott, Klub Kebugaran West Hills dan Klub Atletik Multnomah.

Karen belajar berenang mulai dari hal dasar seperti menahan napas, mendorong kaki, dan lain sebagainya, sampai teknik-teknik berenang. Ayah Karenlah yang sangat berperan dalam pelajaran renangnya sampai dirinya tumbuh menjadi perenang hingga dewasa. Meskipun Karen lahir dengan Down Syndrome, tetapi hal itu tak menjadikan sang ayah menyerah pada anaknya, bahkan dia berjuang dan berusaha menjadikan Karen sebagai seorang perenang yang handal.

Karen sempat diejek oleh teman-temannya bahwa dia lambat dalam berpikir. Namun, ejekan yang dia dapatkan itu tak membuatnya rendah diri. Dia malah makin semangat untuk menunjukkan kehebatannya di dalam air dengan berenang. Karen rajin latihan berenang dan terus meningkatkan kemampuannya.

Mimpi Karen pun akhirnya terwujud untuk menjadi seorang perenang. Dia berhasil memenangkan dua medali emas di cabang olahraga renang pada Olimpiade Khusus. Dia pun menjadi orang dengan Down Syndrome pertama yang berhasil menyelesaikan perlombaan estafet di Inggris. Setelah itu dia Karen berhasil memenangkan banyak kejuaraan renang seperti di Pelabuhan Boston, teluk San Francisco, Danau Champlain, Pelabuhan Dun Laoghaire, dan Escape from Alcatraz triathlon.

Bagaimana pendapatmu tentang Karen Gaffney? Sosok yang menginspirasi, bukan?

Beri Komentar