Kesal karena Air Sungai Kotor, Pria Ini Tunggui Pembuang Sampah di Jembatan Seharian Penuh

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 11 November 2020 08:26
Kesal karena Air Sungai Kotor, Pria Ini Tunggui Pembuang Sampah di Jembatan Seharian Penuh
Pahlawan sih kalau gini ceritanya.

Polemik membuang sampah sembarangan sepertinya ada di daerah manapun. Meskipun sudah banyak imbauan serta larangan keras untuk buang sampah sembarangan ternyata masih ada saja yang melanggarnya.

Salah satu tempat untuk buang sampah sembarangan adalah di sungai. Selain menjadi salah satu penyebab banjir, buang sampah sembarangan di sunagi pasti akan membuat air sungai menjadi kotor.

1 dari 4 halaman

Ternyata hal seperti ini tidak hanya terjadi di Indonesia, melain kan di negara lain seperti India. Baru-baru ini ramai diperbincangkan warganet ada seorang pria di India yang berdiri di jembatan seharian penuh untuk mencegah warga membuang sampah ke sungai.

Aksinya tersebut sukses mencuri perhatian warganet. Dilansir dari Hindustan Times, nama pria tersebut adalah Chandra Kishore Patil, ia menjadi pusat perhatian warganet setelah aksinya diunggah ke Twitter oleh petugas IFS Swetha Boddu.

Kesal karena Air Sungai Kotor, Pria Ini Tunggui Pembuang Sampah di Jembatan Seharian Penuh © Diadona

2 dari 4 halaman

“ Saya melihat pria ini berdiri di jalan ini sepanjang hari dengan peluit di tangan untuk menghentikan orang-orang membuang 'sampah' Dussehra dalam bentuk kantong plastik ke Godavari, Nashik,” tulis akun Twitter @swethaboddu pada Minggu (1/11/2020).

Apa yang dilakukan oleh pria ini adalah semata-mata agar air sungai kembali bersih. Pasalnya Patil ini tinggal di kawasan dekat sungai, Ia merasa jika air di sungai tersebut kian hari kian kotor. Ia pun memutuskan untuk melarang siapapun untuk membuang sampah di sungai dengan cara menungguinya di jembatan.

3 dari 4 halaman

Nggak sebentar, ia sudah mendedikasikan dirinya untuk kebersihan sungai tersebut selama lima tahun. Tiap hari ia berdiri dan menjaga agar orang-orang tidak membuang sampah di sungai mulai pagi hingga malam.

Tentunya banyak warga yang bersikap kasar terhadap pria ini. Namun ia punya cara ampuh untuk meredam sikap warga yang demikian. Ia akan mengisi botol dengan air sungai dan meminta orang untuk menciumnya. Ketika mereka menolak, Patil berharap membuat orang tersebut sadar akan polusi parah di sungai.

Kesal karena Air Sungai Kotor, Pria Ini Tunggui Pembuang Sampah di Jembatan Seharian Penuh © Diadona

4 dari 4 halaman

Selama seharian penuh berdiri di jembatan untuk mencegah orang buang sampah sembarangan, banyak sampah-sampah dalam kantong berjejer di pinggir jalan. Sampah itu merupakan sampah yang biasanya akan dibuang ke jembatan. Sampah yang terkumpul kemudian dikumpulkan oleh pemerintah kota dan dibawa ke tempat pembuangan sampah terpisah.

Wah kalau ini sih sudah pantes di sebut pahlawan. Jarang-jarang loh ada orang yang mau mendedikasikan dirinya untuk hal-hal seperti ini. Kalau menurut kalian giman guys?

 

Beri Komentar