Kerap Diburu Untuk Menu Berbuka Puasa, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Cincau Hitam

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 27 April 2020 11:00
Kerap Diburu Untuk Menu Berbuka Puasa, Ini Beberapa Fakta Menarik dari Cincau Hitam
Es cincau enak nih

Berbuka puasa memang sangat mantap apabila dengan santapan yang manis-manis. Lebih afdol lagi kalau hidangan manis tersebut disajikan dalam keadaan segar, jadi nggak sabar nunggu adzan maghrib nih.

Salah satu hidangan yang sering menemani kita bersantap buka puasa adalah es campur. Minuman yang satu ini adalah primadona bagi masyarakat. Jika beli harganya murah, jika ingin membuat sendiri caranya pun gampang. Tentunya, isian yang tidak boleh dilewatkan adalah cincau hitam.

Ngomong-ngomong tentang cincau hitam nih, ada fakta yang menariknya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Dibuat Secara Tradisional

Ya, cincau hitam ini cara pembuatannya masih menggunakan cara tradisional loh. Jelly hitam nan kenyal ini bahannya juga menggunakan bahan alami yaitu daun Mesona Palustris yang biasa dikenal oleh orang Jawa dengan sebutan janggelan.

Daun janggelan ini harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum diolah menjadi cincau hitam. Untuk pengolahannya, daun tersebut direbus hingga mengeluarkan gel dan air rebusan menjadi hitam. Setelah itu airnya disaring dan tempatkan dalam wadah yang sekaligus menjadi cetakannya.

Ilustrasi Cincau Hitam © Diadona

2 dari 3 halaman

Sajian Bergizi

Selain enak dan menyegarkan, siapa sangka cincau hitam ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sabgat baik loh. Terutama serat larut air dan juga mineral.

Jelly hitam ini juga kaya zat antioksidan yang baik untuk menjaga sistem imunitas tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit. Sangat cocok dikonsumsi untuk musim seperti ini.

Ilustrasi Cincau Hitam © Diadona

3 dari 3 halaman

Manfaat Untuk Menjaga Kesehatan

Nah, berbagai kandungan yang ada di dalam cincau hitam tersebut mempunyai manfaat buat kesehatan tubuh kita loh. Pertama mengkonsumsi cincau hitam ternyata mampu memperbaiki sistem pencernaan kita loh.

Tak hanya itu, kandungan-kandungan yang ada di dalam cincau hitam juga mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan juga mencegah kolesterol loh. dan juga, siapa yang menyangkabhawa cincau hitam ini efektif menurunkan berat badan loh soalnya memiliki kadar kalori dan gula cukup rendah.

Ilustrasi Es Cincau © Diadona

Hmmm, yasudah lah kalau begitu. mending nanti buka puasa bikin es cincau aja ya hehe

Beri Komentar