Keluarga Alami Kebangkrutan, Begini Perjalanan Hidup Arnold Poernomo Sebelum Jadi Chef Terkenal

Reporter : Firstyo M.D.
Kamis, 3 Desember 2020 16:29
Keluarga Alami Kebangkrutan, Begini Perjalanan Hidup Arnold Poernomo Sebelum Jadi Chef Terkenal
Bagaimana perjuangan Arnold Poernomo sebelum sukses seperti sekarang?

Arnold Poernomo atau yang lebih dikenal sebagai Chef Arnold adalah salah satu nama yang masuk ke dalam jajaran chef papan atas di Indonesia saat ini.

Sejumlah restoran di dalam dan luar negeri serta perannya sebagai juri di ajang memasak 'Masterchef' membuat posisi Chef Arnold seolah berada di puncak kesuksesannya saat ini.

Melihat segala kesuksesan tersebut, tak akan ada yang menyangka bahwa sebenarnya Chef Arnold juga mengalami fase-fase sulit dalam hidup. Keluarganya sempat bangkrut, bahkan Chef Arnold juga harus menemani sang ibu menjajakan kue.

1 dari 3 halaman

Ibu Berjualan Kue

Dalam obrolan di kanal YouTube milik Boy William, Chef Arnold mengisahkan masa lalunya sebelum meraih kesuksesan. Ia menyebut bahwa keluarganya bukanlah orang yang berpunya, biasa-biasa saja.

" Kalau dibilang (keluarga) punya, nggak juga. Nyokap gue dulu jualan rantangan di universitas gitu, jual kue-kue, jual roti," kisah Chef Arnold.

Chef Arnold menyebut bahwa saat itu ia masih berusia 3-4 tahun. Meski demikian, memori tentang ibunya yang berjualan kue ke di sebuah universitas itu melekat hingga kini karena ia ikut terlibat dalam usaha sang ibu.

" Gue inget nemenin nyokap gue dulu naik becak," ujar Chef Arnold.

2 dari 3 halaman

Keluarga Alami Kebangkrutan

Selain berjualan kue, Chef Arnold mengisahkan bahwa keluarganya sempat memiliki bisnis restoran di Surabaya. Namun justru usaha itu lah yang kemudian menjadi awal dari kemunduran ekonomi keluarganya.

" Biasa lah, struggling business, salah partner, dan lain-lain. Terus things happened 98-99," ujar Chef Arnold.

Keluarga Chef Arnold kemudian mengalami kebangkrutan. Langkah penyelamatan yang diambil adalah dengan berpindah tempat tinggal dan memulai kehidupan baru di Australia.

" Kenapa bisa pindah ke Australia? Karena dibeliin tiket sama tante gue," tutur Chef Arnold.

3 dari 3 halaman

Di Australia lah Chef Arnold menghabiskan sebagian besar waktunya. Mulai tumbuh besar sampai bersekolah di sana.

Chef Arnold bahkan mengawali karir pertamanya di dunia kuliner dengan menjadi tukang cuci piring di sebuah restoran di Sydney, sebelum akhirnya ia membuka usaha kulinernya sendiri bernama Koi Dessert Bar & Dining di kota yang sama.

Reputasi dan kesuksesan yang dimiliki oleh Chef Arnold sekarang ternyata nggak dibangun dalam waktu semalam. Ada banyak jatuh bangun dan usaha di belakangnya. Salut, Chef!

Beri Komentar