Kappa: Makhluk Mitologis Jepang, Konon Adalah Pencipta Salep!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 12 Februari 2020 20:13
Kappa: Makhluk Mitologis Jepang, Konon Adalah Pencipta Salep!
ini bukan Kappa yang produk sportwear dari Italia itu lho ya.

Dikenal sebagai negara yang sangat maju, ternyata masyarakat Jepang masih mempercayai mitos tentang makhluk mitologis. Sosok makhluk-makhluk ghaib atau mitologis Jepang juga menakutkan lho, udah sama kayak di Indonesia. Salah satunya adalah Kappa, sebuah makhluk mitologi yang sudah sangat populer ini.

1 dari 5 halaman

Dilansir dari mythology.net, diyakini Kappa adalah sebuah makhluk mitologis Suijin atau dewa air yang menguasai wilayah perairan tawar di Jepang. Masyarakat Jepang percaya bahwa Kappa memiliki kekuatan magis yang bisa digunakan untuk menolong atau mencelakai manusia. Sayangnya, kekuatan magis tersebut sering digunakan untuk mencelakai manusia.

Kappa © Diadona

2 dari 5 halaman

Bentuk tubuh dari Kappa ini mempunyai banyak versi, setiap daerah mempunyai deskripsi sendiri tentang mahkluk penguasa sungai ini. Tapi yang paling populer adalah, tinggi dari makhluk ini tidal lebih dari 6 kaki. jari-jari pada tangan dan kakinya memiliki selaput.

3 dari 5 halaman

Kappa juga memiliki kulit yang bersisik seperti kulit binatang reptil. Menurut legenda, warna kulit dari makhluk ini juga variatif ada yang mengatakan hijau, kuning, bahkan biru. Pada bagian punggung Kappa terdapat cangkang seperti yang ada pada kura-kura.

Ciri terakhir yang dimiliki oleh Kappa adalah, di bagian kepala terdapat cekungan yang berisi air seperti mangkuk, orang jepang menyebutnya 'sara'. Banyak yang mempercayai bahwa air yang ada di dalam cekungan tersebut adalah sumber kekuatan magis dari Kappa.

4 dari 5 halaman

Tanpa adanya air yang dicekungan tersebut keita Kappa naik ke daratan akan kehilangan kekuatannya atau bahkan mati. Orang Jepang percaya bahwa siapapun yang bersedia mengisi air sara, Kappa akan membantunya seumur hidup.

Pada zaman dahulu, ketika masyarakat masih mandi dan buang air di sungai, dan saat itu Kappa mengintai di salam sungai. Menurut legenda, Kappa sangat terobsesi dengan Shirikodama, sebuah perhiasan misterius yang berada di dalam anus manusia. Selain itu Kappa juga suka dengan wanita-wanita muda.

Ilustrasi Kappa © Diadona

5 dari 5 halaman

Terlepas dari semua sifat buruk Kappa, banyak masyarakat Jepang yang mengganggap Kappa adalah makhluk yang baik dan juga cerdas. Konon, ada sebuah suku dari jepang yang telah memperoleh pengetahuan dari Kappa tentang tata tulang manusia dan membuat obat medis berupa salep.

Ilustrasi Kappa © Diadona

Cukup, membingungkan juga rupanya kepribadian Kappa ini. Kalau menurutmu bagaimana?

Beri Komentar